Jangan Abaikan Kebersihan Rumah Selama WFH, Ini yang Harus Dilakukan!

Posted By smartcomputerindo | 16 November 20 | Merchant Highlight

Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar orang bekerja dari rumah. Meski tampak aman, kebersihan rumah tak boleh diabaikan selama WFH. Ini hal-hal yang perlu Anda lakukan!

Membersihkan Permukaan

Anton/Unsplash

 

Menurut keterangan Service1st Restoration operations manager Sean Humphrey, yang dilansir dari PennLive, menggunakan disinfektan seperti Clorox dapat membantu mengantisipasi kuman yang menempel pada permukaan.

Hal ini pun telah disarankan oleh UNICEF. Membersihkan permukaan secara rutin sangat disarankan untuk mengurangi resiko infeksi. Anda perlu mengikuti instruksi cleaning product yang Anda pakai agar proses pembersihan lebih efektif dan aman, termasuk hal-hal seperti pemakaian sarung tangan dan menyiapkan ventilasi yang baik.

Setiap rumah tentu memiliki perabot berbeda, namun beberapa tempat yang perlu dibersihkan adalah pegangan pintu, meja, kursi, pegangan tangga, permukaan dapur dan kamar mandi, keran air, toilet, tombol lampu, ponsel, komputer, tablet, keyboard, remote elektronik, hingga kontroler game dan mainan favorit anak Anda.

Saat permukaan benda-benda tersebut tampak kotor, pertama Anda perlu membersihkannya dengan campuran sabun/detergen dan air. Kemudian, barulah Anda menyemprotkan produk disinfektan yang mengandung 70% alkohol atau pemutih. Cuka dan produk alami lainnya tak disarankan oleh UNICEF.

Aturan dalam Mencuci dan Membersihkan Pakaian

Dan Gold/Unsplash

 

Belum ada penelitian tentang seberapa lama virus COVID-19 mampu bertahan pada kain, namun beberapa pakaian dengan elemen plastik dan besi memungkinkan virus tersebut bertahan beberapa jam hingga hitungan hari.

 

Untuk itu, setelah bepergian, segera ganti pakaian Anda dengan baju yang bersih dan segera cuci tangan Anda dengan sabun. Dalam mencuci pakaian, seprei, dan handuk, sebaiknya jangan terlalu sering menggoyangkannya untuk menghindari penyebaran virus lewat udara. 

 

Gunakan air hangat dan keringkan pakaian semaksimal mungkin. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air atau cairan pencuci tangan berbasis alkohol setelah proses mencuci. Laundry bag dan keranjang juga sebaiknya rutin dicuci.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyiapkan Makanan

Christine Sandu/Unsplash

Belum ada bukti bahwa COVID-19 bisa menyebar lewat packaging atau makanan, namun bisa jadi ada potensi penularan melalui sentuhan di permukaan objek yang dilanjutkan dengan sentuhan ke muka.

Bila Anda menerima paket makanan, segera buang bungkusnya dan letakkan makanan tersebut pada piring bersih. Packaging seperti kaleng dapat dibersihkan lebih dahulu dengan disinfektan sebelum dibuka atau disimpan. Siapkan papan pemotong yang berbeda untuk daging dan ikan mentah.

 

Konsistensi Adalah Kunci

CDC/Unsplash

 

Menurut Sean Humphrey, Service1st Restoration Operations Manager, seperti dilansir PennLive, sebetulnya tak butuh cleaning specialist untuk menjaga lingkungan rumah tetap aman.

Kunci kebersihan rumah selama pandemi daan work from home adalah melakukan pembersihan secara teratur. Jadikan kebersihan rumah sebagai bagian dari hidup dan rutinitas Anda, dan pakai disinfektan secara teratur.

MaxxiClean adalah salah satu UMKM yang menjual peralatan rumah tangga seperti sapu, kain pel. Pandemi COVID-19 tak hanya menyebabkan perubahan pola kerja semata, banyak juga usaha kecil yang harus gulung tikar. 

Smartcomputerindo berkomitmen membantu usaha kecil di Indonesia bertahan dengan meningkatkan penjualan online mereka melalui laman Karya Noesantara. Dengan membeli produk kebersihan rumah tangga MaxxiClean, Anda dapat merawat rumah Anda sekaligus membantu roda ekonomi nasional tetap berjalan.

Anda bisa membeli produk peralatan rumah tangga MaxxiClean untuk menjaga kebersihan rumah Anda di sini sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM Indonesia.

Sumber

https://www.pennlive.com/coronavirus/2020/03/tips-from-a-pro-how-to-stay-clean-during-the-coronavirus-pandemic.html

 

https://www.unicef.org/mena/stories/cleaning-and-hygiene-tips-help-keep-covid-19-virus-out-your-home