Jangan Sembarangan Menentukan Tipe Wifi untuk Perusahaan, Ini Triknya!

Posted By smartcomputerindo | 17 November 20 | Productivity

Keberadaan internet bagi perusahaan tak bisa lagi ditolak. Bahkan, koneksi seperti wifi kini sebaiknya mulai dimasukkan dalam business plan. Seberapa penting wifi bagi perusahaan kita dan pertimbangan apa yang harus diambil sebelum memilih wifi yang tepat?

Mengapa WiFi Begitu Penting?

Manfaat Wifi untuk Pelanggan

Paul Hanaoka/Unsplash

 

Sebagian besar pelanggan kita pasti memiliki perangkat pintar. Penelitian Time Warner Cable menunjukkan bahwa 2 dari 3 konsumen mengharapkan restoran memiliki akses WiFi, begitu pula dengan pembeli di sektor retail.

 

WiFi dapat berperan sebagai funnel bagi calon pelanggan yang masih bingung menentukan pilihan tempat belanja atau tempat makan. Logo WiFi yang terpampang pada usaha Anda berfungsi sebagai peluang marketing yang menarik.

 

Keberadaan WiFi akan memudahkan konsumen melakukan pekerjaan mereka sambil menikmati produk atau layanan Anda. Misalnya, ketika mereka masih mengantri di wilayah usaha salon Anda, WiFi yang terpasang membuat mereka bisa melakukan hal lain seperti mengecek dokumen kerja.

 

Penelitian menunjukkan bahwa 96% pelanggan akan memilih WiFi yang gratis dan akan kembali lagi ke usaha atau bisnis yang menyediakan akses tersebut. Sebaliknya, koneksi yang buruk berpeluang membuat pelanggan tak ingin tinggal.

 

Untuk Perusahaan

Sora Shimazaki/Pexel

 

WiFi berkualitas tinggi dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Wilayah kerja mereka tak terbatas di meja kerja yang ditentukan, namun kini juga mendukung mobilitas. Mereka bebas pergi ke space yang lebih privat atau lokasi bisnis lainnya selama masih berada di gedung yang sama.

 

Dengan membuat layanan WiFi yang terpisah antara tamu dan karyawan, Anda akan menjamin keamanan data untuk semua pihak. Hal ini perlu didukung oleh firewall dan sistem content filtering.

 

Perusahaan pun dapat menggunakan WiFi untuk mengirimkan pesan personal pada masing-masing konsumen yang menyambangi wilayah usaha mereka. Misalnya, melalui WiFi yang terkoneksi dengan pelanggan, sebuah hotel bisa menyediakan peta tentang atraksi lokal di sekitar mereka sambil menawarkan promo dan diskon khusus.

 

Solusi WiFi yang terintegrasi juga dapat memberikan analisis tentang perilaku konsumen, serta perangkat dan aplikasi yang mereka akses. Hal ini tentu bermanfaat untuk mengatur kembali strategi bisnis dan marketing yang lebih tepat sasaran. 

Memilih WiFi yang Tepat untuk Perusahaan

Mischa Feschak/Unsplash

Survei

Seperti proses bisnis lainnya, pemasangan wifi sebagai bagian dari business plan lebih baik mengacu pada data. Buatlah wireless site survey untuk menentukan kapasitas wifi, penempatan, dan pengaturan akses poin yang lebih akurat. Hal ini sangat penting dan sudah umum dilakukan, kecuali untuk kantor kecil yang hanya butuh kurang dari 2 akses poin atau luasnya kurang dari 2.000 square feet

 

Survei ini tak dilakukan saat kantor sedang kosong, melainkan saat rutinitas kerja berjalan dan seluruh struktur telah diatur sesuai keadaan objektif seperti biasa. Tujuannya untuk melihat kondisi lingkungan secara lebih objektif dan perbaikan yang perlu dilakukan.

Memilih Peralatan yang Tepat

WiFi membutuhkan peralatan pendukung seperti access point. Pastikan access point yang dipilih mampu memfasilitasi kebutuhan konektivitas kantor. Kesalahan banyak perusahaan adalah memilih access point yang sebetulnya diperuntukkan bagi kebutuhan rumahan. Walaupun murah, namun access point ini tak mampu menangani perangkat yang terkoneksi dengan jangkauan sinyal yang disediakan.

 

Pilih switches, firewalls, dan gateaway yang punya biaya maintenance rendah. Pilih peralatan dari manufaktur terpercaya yang menyediakan beragam dukungan material.

Pakai beberapa SSID

Perlu menjadi catatan, jika seluruh server perangkat perusahaan terkoneksi pada jaringan yang sama, artinya seluruh pengguna dapat mengakses data satu sama lain. Inilah pentingnya menggunakan multiple SSID, untuk menjaga keamanan dan data breaches akibat keluar masuknya data dari perangkat internal. SSID yang berbeda akan membedakan tamu, karyawan, dan pengguna WiFi lainnya untuk mengelola keamanan, QoS, dan bandwith

 

Aditya Singh//Pexel

Perhatikan Estetika dalam Perakitan WiFi

Percaya atau tidak, pemasangan jaringan WiFi, terutama pada bisnis kecil sangat bergantung pada pengaturan kabel yang solid. Pasalnya, setiap access point paling tidak akan membutuhkan sebuah kabel, baik untuk data atau daya. Anda mungkin ingin menyembunyikan kabel-kabel ini di balik tembok ketimbang mempertontonkannya.

 

Setelah memahami tipe WiFi yang tepat untuk perusahaan Anda, kini saatnya menentukan preferensi WiFi dan perangkat pendukung lainnya.

 

Smartcomputerindo sebagai penyedia perkakas dan solusi IT perkantoran dapat menyediakannya untuk Anda. Melalu laman Networking, Anda dapat memilih access point, router, switcher, dan adapter dari beragam merk terkemuka seperti ATEN, Linksys, Prolink, dan Sangfor. Seluruhnya telah dilengkapi garansi original sesuai masing-masing brand.

 

Klik di sini untuk mendapatkan WiFi usaha Anda sekarang!

 

Sumber

https://www.madebywifi.com/blog/8-tips-setting-business-grade-wi-fi-network/

https://www.researchgate.net/publication/228554825_Small_business_use_of_the_Internet_Findings_from_Australian_case_studies

https://business.timewarnercable.com/content/dam/business/pdfs/resource-center/white-papers/twcbc-wifi-small-business.pdf

 

http://media.business.shaw.ca/uploadedfiles/shawbusiness/pdf/shaw_business_-_whitepaper_-_smartwifi_-_7_ways_wifi_can_boost_your_business_-_12.3.15.pdf