Fakta Soal IMEI Ponsel yang Perlu Anda Tahu!

Posted By smartcomputerindo | 16 October 20 | Business Insight

Pemerintah mengeluarkan langkah tegas untuk mengurangi peredaran ponsel ilegal melalui pemblokiran nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang tidak terdaftar pada produk handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT). Agar tak terblokir, periksa informasi soal IMEI perangkat Anda melalui beberapa fakta di bawah ini ya!

Definisi IMEI

Kompas.com

 

IMEI sebetulnya mirip dengan identitas ponsel yang dikeluarkan Global System for Mobile Association (GSMA). Bentuk IMEI adalah 15 digit nomor desimal yang sifatnya unik. Nomor ini dipakai untuk identifikasi perangkat telekomunikasi yang tersambung ke jaringan telekomunikasi bergerak seluler.

 

Mengapa pemerintah kini menetapkan aturan IMEI secara ketat? Rupanya peredaran ponsel BM yang tak memiliki IMEI semakin merugikan negara karena penjualannya tak dikenai pajak.

 

Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia mengungkapkan potensi hilangnya nilai pajak akibat penjualan ponsel pintar BM ini mencapai Rp 2,8 triliun per tahunnya.

 

Dampak IMEI terhadap Performa Ponsel

Jonathan Kemper/Unsplash

 

Smartphone BM, komputer genggam, atau tablet yang diperoleh dari black market hanya bisa digunakan secara offline. Misalnya, mengakses fitur kamera. Namun, Anda tak akan bisa menggunakan jaringan telekomunikasi.

 

Lebih rincinya, Anda tak bisa melakukan panggilan keluar dan masuk. Anda juga tak akan mendapat sinyal dari operator. Otomatis, SMS dan internet atau paket data tak bisa digunakan. 

 

Anda masih bisa memakai internet jika tersambung dengan WiFi. Jika smartphone BM yang Anda gunakan telah aktif sebelum tanggal 18 April 2020, perangkat itu tak bisa dipastikan aman.

 

Cara Cek IMEI HP

Kompas.com

 

Anda ingin memastikan ponsel Anda aman dari sensor aturan IMEI? Cara paling mudah adalah melihat nomor IMEI yang diletakkan pada label bagian belakang atau bawah kardus perangkat.

 

Cara kedua adalah menemukan IMEI pada menu About di ponsel. Menu tersebut akan memberikan informasi lengkap mengenai seri perangkat ponsel termasuk informasi soal IMEI.

 

Anda juga bisa melakukan panggilan ke *#06# yang akan memunculkan kotak informasi IMEI. Selanjutnya, masukkan alamat situs Kemenperin lewat ponsel pintar maupun laptop atau komputer.

 

Ketik imei.kemenperin.go.id di browser, masukkan angka IMEI smartphone yang tadi sudah dicatat di kolom Cek IMEI kemudian pilih ikon kaca pembesar di bawahnya.

 

Anda tinggal menunggu teks di bagian tersebut yang menginformasikan bahwa IMEI tadi terdaftar atau tidak.

 

Jika Anda membeli ponsel dari luar negeri, Anda bisa mendaftarkan IMEI sendiri lewat situs bea cukai. Akses saja https://www.beacukai.go.id/register-imei.html, atau melalui aplikasi Mobile Bea Cukai. Aktivasi perangkat akan memakan waktu maksimal 2 x 24 jam. 

 

Kendala Penerapan Aturan IMEI

Freepik

 

Kendala yang masih dihadapi aturan IMEI adalah keterbatasan kapasitas server yang mempersulit pendaftaran IMEI dari produk-produk baru yang masuk ke Indonesia.

 

Beberapa produk non-HKT ternyata juga terdampak pemblokiran. Beberapa service center yang menggunakan suku cadang impor yang IMEI-nya tak terdaftar juga bisa mempengaruhi IMEI ponsel legal sekalipun. Ponsel yang tadinya legal tersebut setelah ditukar di service center bisa turut mengalami pemblokiran.

 

Pemerintah juga perlu mengantisipasi IMEI zombie yakni siasat mengelabui aturan IMEI dengan memasukkan IMEI handphone rusak atau tak digunakan kembali.  Tantangan lainnya yang dihadapi adalah pengawasan aturan IME terhadap pembelian ponsel lewat e-commerce.

 

Sumber

 

https://selular.id/2020/09/kebijakan-blokir-imei-terbentur-sejumlah-kendala/

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20201013111858-37-193888/cara-cek-imei-iphone-agar-tak-tertipu-smartphone-bm

https://www.medcom.id/teknologi/tips-trik/zNA3MR6k-cara-cepat-dan-mudah-cek-imei-di-hp

https://www.idntimes.com/tech/gadget/izza-namira-1/dampak-pemblokiran-imei-hp-black-market-ke-pengguna

 

https://inet.detik.com/law-and-policy/d-5179933/semua-pertanyaan-soal-aturan-imei-suntik-mati-ponsel-bm-check