Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Kiosk?

Posted By smartcomputerindo | 30 March 21 | Productivity

Kiosk adalah sebuah terminal komputer yang berfungsi untuk menyediakan informasi atau layanan. Kiosk umumnya diletakkan di tempat-tempat umum seperti stasiun kereta api, bank dan bandara, namun terdapat pula beberapa restoran dan supermarket yang memasang terminal komputer ini. Apa sebenarnya fungsi kiosk untuk usaha Anda?

Memberikan Update Komunikasi Secara Real-Time

Digital signage Kiosk memberi Anda kesempatan untuk memperbarui informasi secara real-time. Artinya, akan terjadi peningkatan channel communication antara usaha Anda dan konsumen. Bila Anda harus memperbarui status tertentu, misalnya perubahan lokasi usaha, atau flash sale yang ingin Anda umumkan, Anda bisa dengan mudah menjangkau target audiens melalui Kiosk yang terpasang di kantor Anda.

 

Flickr

Mempermudah Transaksi

Sebagian besar Kiosk tak hanya bisa menampilkan informasi, namun melakukan aktivitas lainnya yang mempermudah konsumen melakukan transaksi. Sebut saja melakukan pengiriman uang selain di ATM, memudahkan top up dana virtual ke aplikasi melalui Kiosk, membeli pulsa paket data hingga tiket kereta.

Memberikan Kepuasan bagi Konsumen

Entah berfungsi sebagai penunjuk arah usaha Anda atau memakainya untuk melakukan pembelian, konsumen cenderung menemukan kepuasan instan dalam memakai Kiosk. Pembeli saat ini memiliki pola yang cenderung mandiri, termasuk dalam melakukan transaksi. Dengan meletakkan Kiosk pada usaha Anda, Anda memberikan konsumen untuk meraih kepuasan yang mereka inginkan sekaligus menghindari kerumunan antrian dan waktu tunggu yang terlalu lama.

 

Wikimedia Commons

Membantu Mendorong Proteksi Privasi dan Keamanan Konsumen

Sebagai efek dari kemandirian yang telah menjadi mindset, konsumen modern pun sangat menjunjung tinggi keamanan dan privasi mereka. Digital Kiosk membantu konsumen merasa lebih aman saat bertransaksi karena tak lagi melibatkan orang lain dalam menjalankannya. Perlahan-lahan, akan tumbuh kepercayaan terhadap brand Anda karena mereka tetap bisa mendapatkan produk dan layanan berkualitas terbaik tanpa mengorbankan sense of privacy pribadi. 

Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Kemudahan transaksi yang telah didapatkan dari Kiosk akhirnya bermuara pada efektivitas bisnis. Dengan kehadiran touch screen Kiosk, solusi bisnis dapat dimaksimalkan meski operator atau karyawan sedang rehat makan siang atau mengambil cuti. Kiosk memberikan user experience yang konsisten dan berkualitas tinggi dengan mengurangi waktu respons karyawan untuk menjawab pertanyaan yang sifatnya rutin.

Mengurangi Biaya Bisnis

Salah satu bukti bahwa Kiosk meningkatkan efisiensi sebuah usaha adalah mengurangi biaya perusahaan. Anda tak perlu lagi mempekerjakan customer team dalam jumlah besar. Kiosk akan menggantikan biaya membayar gaji dan benefit karyawan untuk jangka panjang.

 

Flickr

Meningkatkan Penjualan Perusahaan

Alasan ini tampaknya menjadi pertimbangan utama banyak perusahaan untuk memasang kiosk. Kiosk yang bersifat interaktif sangatlah efektif sebagai alat marketing. Alat ini berpengaruh besar dalam meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk tertentu melalui promosi, paket, diskon, dan penawaran menarik lainnya. Kiosk menghasilkan interaksi yang dapat mendorong calon pembeli untuk menghabiskan lebih banyak uang dari perkiraan mereka.

Memberi Tingkat Return Investasi yang Lebih Tinggi

Sebagai hasil dari penjualan yang meningkat, digital kiosk secara otomatis memberikan pengembalian investasi. 

Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Tak hanya berpengaruh positif bagi konsumen, internal perusahaan pun akan diuntungkan dengan adanya kiosk. Individu yang membantu operasional bisnis Anda dapat fokus pada hal-hal yang lebih menguntungkan, bukannya pekerjaan rutin dan sepele yang membosankan, sehingga pada akhirnya mereka akan merasa lebih diapresiasi. Kepuasan kerja yang lebih tinggi akan mendorong karyawan yang lebih bahagia, efisien, sehingga mendukung efektivitas bisnis Anda.

Membantu Mengumpulkan Pola Belanja Konsumen

Mengetahui perilaku konsumen adalah salah satu hal vital yang harus diketahui setiap pemilik bisnis. Informasi di era ini sangatlah bernilai. Mempelajari pola pembelian dan pertimbangan konsumen Anda akan membantu brand Anda memperbaiki diri. 

 

Seluruh data yang tersimpan di digital Kiosk akan membantu Anda menemukan suatu insight, trend, dan kebiasaan dari target pembeli Anda. Sehingga, nantinya dapat Anda jadikan patokan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja, beriklan secara lebih efektif, serta menyediakan layanan yang lebih baik sekaligus meningkatkan penjualan.

 

Tertarik berinvestasi jangka panjang melalui Kiosk? Anda bisa membelinya di Smartcomputerindo dengan paket-paket menarik dan harga yang bersahabat. 

 

Smartcomputerindo.com

 

Smartcomputerindo adalah penyedia IT solution untuk perkantoran yang telah menjadi partner pengadaan barang dan jasa bagi pemerintah Indonesia. Dipercaya oleh puluhan instansi dan lembaga pemerintahan, Anda tak perlu meragukan layanan Smartcomputerindo yang dilengkapi jasa instalasi gratis di beberapa kota, layanan purna-jual yang lengkap, dan garansi ori sesuai brand yang tersedia. Klik di sini untuk mendapatkan KiosK digital signage Anda sekarang!

 

Sumber

https://touchsource.com/blog/10-benefits-using-digital-kiosks-your-business/

https://www.kioskmarketplace.com/articles/5-benefits-of-using-retail-kiosk-applications-commentary/

https://www.lamasatech.com/blog/7-incredible-benefits-of-self-service-kiosks/

https://monstermac.id/pengertian-kiosk-dan-keuntungan-bagi-perusahaan/