Cara Tingkatkan Motivasi Kerja Karyawan saat New Normal

Posted By smartcomputerindo | 04 December 20 | Productivity

Relaksasi PSBB di beberapa wilayah nyatanya tak berjalan selaras dengan kecemasan masyarakat terhadap pandemi. Survei Badan Pusat Statistik (BPS) per 1 Juni 2020 menunjukkan sebanyak 69,43% masyarakat Indonesia mengaku sangat khawatir saat keluar rumah. Hal ini dapat berdampak pada motivasi kerja kelompok masyarakat yang diwajibkan masuk kantor demi adaptasi kenormalan baru.

 

Mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan bagi perusahaan di era new normal, ini beberapa referensi bagi perusahaan agar karyawan tetap semangat menuntaskan pekerjaan!

Memperhatikan dan Mematuhi Protokol Kesehatan

Edmond dantes/Pexels

 

Kesehatan menjadi salah satu bentuk komitmen perusahaan terhadap karyawan. Mematuhi protokol yang ada menjadi suatu keharusan. Selain itu, kesehatan dan keselamatan kerja yang baik juga terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan.  

 

Sesuai Keputusan Menteri Kesehatan, perusahaan perlu menerapkan physical distancing dalam semua aktivitas kerja. Hal ini bisa diterapkan pada pengaturan meja kerja hingga kursi di kantin.

 

Perusahaan juga perlu memastikan seluruh area kerja bersih dan higienis agar karyawan tak merasa cemas. Kualitas dan sirkulasi udara harus dioptimalkan  demi produktivitas kerja. Caranya dengan menyeimbangkan porsi sinar matahari serta melakukan pembersihan filter AC.

 

Fasilitas kesehatan seperti hand sanitizer, masker, dan sarana cuci tangan juga harus senantiasa tersedia.

 

Seluruh perubahan proses maupun pengaturan fasilitas juga sebaiknya diinfokan secara transparan. Tujuannya agar karyawan memahami bagaimana perusahaan berupaya menjaga kesehatan dan kenyamanan mereka selama bekerja.

Meminimalisir Waktu Kerja

Pixabay

 

Lembur menjadi salah satu penyebab utama stress dan kurangnya semangat. Akibatnya, imunitas tubuh mereka dapat terganggu sehingga menurunkan motivasi kerja karyawan.

 

Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan, ada baiknya jika lembur diminimalisir atau ditiadakan. Begitu juga dengan shift malam yang sebaiknya dikurangi, terutama bagi karyawan berusia lebih dari 50 tahun.

 

Memastikan Kesehatan Fisik maupun Psikologis Karyawan 

Polina Tankilevich/Pexels

 

Perusahaan bisa memberikan “reward” selama new normal dengan menyediakan asupan nutrisi untuk menjaga imunitas karyawan. Misalnya saja buah-buahan yang kaya vitamin C atau suplemen vitamin C. 

 

Mengingat banyaknya kecemasan yang dirasakan karyawan saat harus work from office, perusahaan bisa menyediakan layanan konseling. Kesehatan mental merupakan salah satu aspek penting bagi motivasi kerja karyawan.

Rotasi Sistem Work From Office dan Work From Home

Edward Jenner/Pexels

 

Work from Office di masa new normal tak seharusnya menjadi sesuatu yang mutlak. Apabila ada jobdesk yang memungkinkan untuk work from home, perusahaan dapat mempertimbangkan hal tersebut. Misalnya jobdesk yang targetnya bisa dicapai dari rumah. Selain itu, rotasi tim work from office menurut periode tertentu juga bisa dilakukan. Tujuannya agar porsi work from office lebih merata dan adil.

Memakai Peralatan yang Meminimalisir Kontak

Luca Bravo/Unsplash

 

Perusahaan perlu menghimbau karyawan untuk menghindari penggunaan alat pribadi secara bersama, misalnya alat ibadah dan alat makan. 

 

Penerapan protokol kesehatan saja kadang tak cukup menghilangkan kecemasan karyawan. Salah satu bentuk komitmen perusahaan adalah menyediakan fasilitas baru yang meminimalisir kontak.

 

Contohnya, jika dirasa pengaturan meja kerja yang berjarak belum memadai, perusahaan bisa mencoba Covid Acrylic Partition. Partisi ini tersedia dalam ketebalan 3mm dan 5mm. Memiliki standing yang presisi, partisi ini cocok untuk segala bentuk meja seperti shared tables, single table, hingga diletakkan di meja resepsionis.

 

Perusahaan juga bisa melakukan perubahan pada sistem presensi dan akses kantor. Melalui pemakaian Hikvision Thermal Face Screening, karyawan hanya perlu menggunakan wajah mereka untuk mencatatkan kehadiran mereka di kantor. Selain itu, perusahaan juga mendapat keuntungan dari karyawan melalui fitur pengukuran demam dan suhu tubuh. Alat ini memastikan produktivitas kerja dibarengi dengan lingkungan kantor yang selalu sehat.

 

Fasilitas-fasilitas ini dapat diperoleh melalui laman Smartcomputerindo, penyedia perkakas dan IT terlengkap untuk kebutuhan perkantoran. Saat ini, sedang ada paket bundle dengan harga menarik untuk produk face screening Hikvision!

 

Pasang sekarang dan buktikan komitmen terdepan Anda terhadap kesehatan dan motivasi kerja karyawan.

 

Sumber

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/06/03/ragam-kekhawatiran-masyarakat-akibat-pandemi-covid-19

https://money.kompas.com/read/2020/05/25/090300826/panduan-lengkap-penerapan-new-normal-yang-wajib-dipatuhi-perusahaan?page=all

https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/new-normal-begini-regulasi-yang-bisa-dicoba-hr-perusahaan/

https://www.talenta.co/blog/administrasi-hr/panduan-kembali-bekerja-di-kantor-dengan-aman-saat-new-normal/#Mengurangi_Kecemasan