Cara Kerja Thermal Camera, Teknologi Buat Deteksi COVID-19

Posted By smartcomputerindo | 10 August 20 | Productivity

Seiring dengan pelonggaran aturan PSBB, semakin banyak kantor yang kembali meminta karyawannya masuk kerja. Hal ini meningkatkan kecemasan pada beberapa orang saat kembali harus berkontak dengan tempat atau transportasi publik. Sederet fasilitas dapat berperan untuk mengurangi kegalauan pekerja terhadap resiko penularan COVID-19, misalnya penggunaan thermal camera.

Apa itu Thermal Camera dan Cara Kerjanya

Reuters.com

 

Kamera pencitraan termal bekerja melalui sensor panas yang mampu mendeteksi perbedaan kecil dalam suhu. Kamera ini tersedia dalam beragam bentuk. Beberapa kamera termal berukuran besar dan harus dilingkarkan pada objek atau dinding. Jenis kamera termal lainnya memerlukan dua pegangan, sementara yang paling umum ditemui adalah perangkat genggam yang ergonomis dan dikendalikan oleh tombol untuk memulai pengambilan gambar.

 

Beginilah kira-kira proses pemindaian suhu pada kamera termal. Pertama, lensa kamera pencitraan termal harus diarahkan ke suatu objek atau area. Lensa kamera memfokuskan cahaya inframerah yang dipancarkan oleh semua objek dalam sudut pandang lensa. Cahaya fokus kemudian dipindai oleh serangkaian detektor inframerah secara bertahap.

 

Elemen detektor kemudian membuat pola suhu yang detail dan akurat alias termogram dalam waktu kira-kira satu per tiga puluh detik. Informasi suhu dikumpulkan dari beberapa ribu titik pada bidang pandang detektor.

 

Termogram yang dibuat oleh elemen detektor kemudian diterjemahkan ke dalam impuls listrik. Impuls dikirim ke papan sirkuit dengan chip khusus yang menerjemahkan informasi dari elemen detektor menjadi data yang dapat digunakan untuk tampilan kamera.

 

Terakhir, unit pemrosesan sinyal mengirimkan informasi inframerah yang diterjemahkan ke layar. Proses terakhir ini berfungsi untuk menciptakan gambar berwarna sesuai dengan intensitas (panas) dari emisi inframerah.

 

Proses deteksi suhu semacam ini tentu sangat efektif dan efisien untuk berbagai tempat publik dengan kapasitas massa yang tinggi. Selain itu, deteksi suhu thermal camera juga lebih aman ketimbang thermal gun karena mengurangi peran petugas yang seringkali harus berada pada jarak dekat dalam proses pemeriksaan.

 

Hikvision.com

 

Hikvision Fever Screening Thermographic Thermal Bullet Body Camera DS-2TD2617B-6/PA dapat menjadi pilihan tepat bagi perkantoran untuk menyambut new normal.

 

Alat ini memiliki kualitas gambar yang stabil untuk mendukung pengukuran suhu yang prima. Kamera ini dapat merekam objek dengan kualitas tinggi tanpa dan tak terkendala faktor lingkungan seperti cahaya, bayangan, asap atau cuaca misalnya hujan. 

  •  

Thermal camera ini juga dilengkapi algoritma Deep Learning. Efeknya adalah mengurangi kesalahan pengukuran yang dipicu oleh objek non-manusia dan non-kendaraan dalam situasi outdoor maupun indoor.

  •  

Kamera Termal Keamanan Hikvision memiliki teknologi Bi-Spectrum Image Fusion yang menyediakan gambar lebih mendetail dengan menggabungkan gambar termal dan gambar optik, sehingga pengguna dapat mengidentifikasi objek tersembunyi.

 

hikvision.com

  •  

Kamera ini memiliki kapasitas temperatur 10 °C to 35 °C sehingga sangat pas untuk mendukung proses bekerja indoor. Misalnya saja di ruangan perkantoran, ruang-ruang pertemuan atau co-working space

 

Detektor termal pada kamera ini memiliki resolusi 160 × 120 piksel yang membantu mendeteksi demam dengan cepat. Fungsi Thermografi mendeteksi suhu realtime dengan tingkat akurasi ±0,5°C dan menampilkannya di layar. Thermal camera Hikvision juga dapat mendeteksi orang dengan jarak antara 0,8 m – 1,5 meter sehingga meminimalisasi risiko penularan.

Kamera ini bisa didapatkan di Smartcomputerindo, penyedia perkakas dan perangkat IT terlengkap. Investasi kamera termal ini sangat penting untuk menjaga kinerja karyawan . Penggunaan kamera termal juga meningkatkan motivasi kerja mereka melalui komitmen terhadap kesehatan dan keselamatan kerja. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Sumber

https://www.wartaekonomi.co.id/read277687/begini-cara-kerja-alat-pendeteksi-corona-yang-lebih-aman

https://www.hikvision.com/id/products/Thermal-Products/Security-thermal-cameras/

https://www.beritasatu.com/digital/612313-thermal-camera-cara-aman-deteksi-panas-tubuh-saat-wabah-corona

https://infokomputer.grid.id/read/122002158/begini-cara-kerja-thermal-scanner-teknologi-pendeteksi-virus-corona

https://www.thermalcameras.guide/how-thermal-imaging-cameras-work/

https://www.indosecuritysystem.com/read/cctv/2020/03/18/5741/hikvision-indonesia-kenalkan-solusi-thermal-pemindai-demam