Alasan Mengapa Keripik Jadi Camilan Asin Favorit Masyarakat Dunia

Posted By smartcomputerindo | 20 October 20 | Merchant Highlight

Keripik adalah camilan asin yang hampir selalu masuk list snack favorit semua orang. Bahkan, ada alasan ilmiahnya kenapa kita tak bisa berhenti mengunyah makanan satu ini.

Mengapa Keripik jadi Camilan Favorit?

Emiliano Vittioriosi/Unsplash

 

Pertama, rasa asin. Yup, rasa asin dari cemilan asin ini ternyata yang membuatnya jadi snack paling adiktif.

 

Penelitian membuktikan bahwa menambah garam dalam makanan akan meningkatkan persepsi enak terhadap makanan tersebut. Orang cenderung menginginkan makanan dengan kandungan garam tinggi dibandingkan makanan bergaram rendah. Kita pun jadi tak bisa berhenti memakannya.

 

Peneliti di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston melakukan eksperimen terhadap beberapa orang untuk melihat efek garam terhadap nafsu makan. Nyatanya, rasa asin membuat mulut tak berhenti mengunyah dan membuat tangan kita terus mengambil sepotong demi sepotong keripik.

 

Kedua, tekstur renyah dari keripik itu sendiri. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Flavour dan dilakukan oleh Charles Spence, profesor psikologi eksperimental di Oxford University, seperti dilansir CNN Indonesia, menunjukkan bagaimana suara dari makanan dapat mempengaruhi otak tentang  persepsi dan pengalaman bersantap tentang makanan tersebut. 

 

Spence melihat bahwa suara adalah indikator kualitas makanan. Keripik yang semakin menghasilkan suara keras dan renyah akan secara otomatis dipandang sebagai makanan yang enak. 

 

Dalam konteks masyarakat Indonesia, hal ini didukung oleh kebiasaan ngemil mereka. Dalam penelitian ‘Snacking Habit Report: Indonesia’ ternyata satu dari tiga orang Indonesia bisa mengonsumsi cemilan perhari. Camilan favorit yang disukai adalah makanan lokal atau tradisional, hingga camilan kemasan.

 

Variasi Keripik yang Bisa Anda Coba

 

Anda termasuk penggemar camilan asin? Ingin mencoba keripik dengan berbagai variasi rasa dan bentuk? Anda bisa mencoba Keripik Madam, camilan khas Bandung yang berdiri sejak 2007.

 

Instagram keripik_madam

 

Ada beberapa varian keripik yang Anda coba. Mulai dari keripik singkong, keripik lumpia, keripik basreng, lidi, hingga keripik kulit lumpia, dan makaroni.

 

Ketimbang membumbui keripik dengan bumbu bubuk dan MSG, Keripik Madam memanfaatkan rempah asli nusantara yang menjadi resep turun temurun keluarga. 

 

Tekstur bumbu rahasia ini tak sekering cemilan asin biasanya. Paduan cabai dan rempah dipadukan dengan keripik yang garing dan renyah. Seluruh produk Keripik Madam akhirnya justru memiliki rasa unik yang membuat konsumennya ketagihan.

 

Ada 3 level pedas yang bisa Anda pilih. Mulai dari level 1 gurih asin, level 2 pedas sedang, hingga level 3 yakni hot. 

 

Instagram keripik_madam

 

Beli sekarang di Smartcomputerindo dan dapatkan kesempatan memperoleh gratis ongkir ke seluruh Indonesia dalam program-program khusus seperti 9.9 lalu!

 

Sumber

 

https://health.kompas.com/read/2016/03/08/150000223/Penjelasan.Ilmiah.Mengapa.Kita.Sulit.Berhenti.Makan.Keripik

https://republika.co.id/berita/gaya-hidup/trend/17/12/14/p0xl77284-masyarakat-indonesia-hobi-ngemil

https://tekno.tempo.co/read/1029518/kenapa-makan-keripik-bikin-nagih-ini-jawaban-ilmiahnya

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150520111259-262-54433/alasan-ilmiah-orang-lebih-suka-makanan-renyah-dan-garing