Sederet Brand Teknologi Indonesia yang Mendunia, Sudah Tahu?

Posted By smartcomputerindo | 30 July 20 | Business Insight

Banyak orang terburu-buru melirik merk internasional saat berbelanja barang. Alasannya karena merasa kualitas brand tersebut lebih terjamin atau karena brandnya terlanjur populer. Padahal, Indonesia punya daftar brand teknologi lokal yang tidak kalah daya jualnya. Mulai dari smartphone hingga laptop, inilah brand teknologi Indonesia berkualitas yang telah mendunia!

  1. Advan

advanindonesia.com

 

Brand satu ini berawal dari perusahaan elektronik berbasis teknologi komputer lho. Berdiri di Jakarta pada tahun 2000, awalnya Advan hanya mengeluarkan produk elektronik misalnya Deskbook, TV Plasma, dan Notebook. Sesuai filosofi brand mereka, “Do Great, Make Better”, mereka terus berinovasi mengikuti tren yang berkembang di masyarakat. Tujuannya agar produk-produk mereka senantiasa dapat memenuhi kebutuhan yang ada.

Advan melihat bahwa brand mereka memiliki beberapa modal untuk menjadi pioneer brand teknologi Indonesia yang solid. Perusahaan ini memiliki basic industri di Semarang. Ketimbang menjual secara massal, mereka mengarahkan produk mereka sebagai inovasi yang tepat sehingga punya tempat di hati masyarakat. Hal ini yang menurut Advan membedakan mereka dengan brand lain yang seringkali menyediakan barang dengan fitur dan kemampuan yang tidak cocok serta sekadar menumbuhkan transaksi.

Contoh fitur yang diandalkan Advan adalah sebuah layanan keamanan tinggi pada smartphone yang dinamakan Advan Secure. Fitur ini sekaligus menandai prestasi Advan sebagai smartphone pertama di Indonesia yang menawarkan berbagai perlindungan keamanan bagi penggunanya. Advan Secure bisa mencegah pencurian atau kehilangan data pada ponsel pintar.

Selain menyesuaikan produk dengan tren yang berkembang, Advan berupaya menekan harga agar tetap relevan dan masuk akal bagi pasar mereka. Mereka memiliki lembaga surveyor dan research development yang senantiasa dioptimalkan sebelum peluncuran produk baru. Advan juga selalu berusaha menyediakan layanan purna-jual yang prima seperti service center. Advan memiliki titik reparasi di 51 titik di Indonesia.

Tahun 2013, brand teknologi Indonesia ini memperluas jangkauan produk ke tablet PC dan smartphone. Advan kini justru termasuk salah satu brand lokal yang berhasil menguasai pasar ponsel pintar. Laporan IDC kuartal III tahun 2018 menunjukkan posisi Advan yang kuat. Brand ini berhasil menempati top 5 smartphone terlaris di Indonesia. Market share yang dimiliki Advan juga terhitung besar yakni mencapai 5%. Laporan IDC di kuartal-I 2019 menunjukkan posisi kelima masih dipegang oleh Advan. Sayangnya, kini merek lokal Indonesia itu sudah tersingkir dari daftar. 

Meski begitu, Advan optimis masih bisa mencatatkan pertumbuhan penjualan hingga tutup tahun nanti, meski pertumbuhannya diperkirakan tidak akan sebesar pertumbuhan penjualan yang dicatatkan Advan tahun 2019 lalu.

Apalagi, mereka optimis mengingat aktivitas impor dari Cina yang selama ini menjadi saingan mereka juga menurun seiring pandemi. Hal ini didukung juga oleh penerapan aturan TKDN atau Tingkat Kandungan dalam Negeri yang menurut mereka dapat memperkuat brand teknologi Indonesia dan mengurangi proses impor produk luar.

  1. Axioo

axiooworld.com

 

Axioo berawal dari garasi sederhana tahun 2004. Perjalanan Axioo untuk melebarkan sayapnya dimulai melalui serangkaian riset yang tak mudah. Dari awal pendirian hingga 2007, Axioo meningkatkan kualitas perangkat dengan membentuk tim R&D di Singapura. Perusahaan ini juga bekerjasama dengan Original Design Manufacturer (ODM) untuk pengembangan produk baru.

 

Saat ini, Axioo termasuk merk yang diperhitungkan hingga ke Asia Tenggara. Agar mampu Go Internasional, merek ini juga merangkul perusahaan raksasa produsen chip, Intel pada tahun 2010. Keputusan tersebut membuat perangkat notebook Axioo melenggang cukup sukses di pasaran.

 

Perlahan tapi pasti, brand teknologi Indonesia ini memperluas jangkauan produk mereka. Tahun 2011 akhirnya mereka mencoba menguasai pasar tablet dan ponsel pintar. Nama Axioo sebagai brand lokal Indonesia melambung karena masuk dalam daftar perusahaan rekanan Intel dalam event bergengsi, Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat.

 

Kolaborasi terus dilakukan untuk pengembangan produk yang lebih mumpuni. Axioo menjalin kerjasama dengan chip AMD sebagai fitur pendukung pada notebook keluaran mereka. Tahun 2012, Axioo menelurkan perangkat mobile dengan fitur Dual OS, Windroid pada 2015. Saat ini, Axioo memiliki tim riset dan pengembangan yang tersebar di beberapa negara. Selain Indonesia, terdapat juga tim R&D di Singapura dan China. Axioo juga memiliki dua pabrik perangkat mobile yang terletak di Cakung dan Pulo Gadung, Jakarta.

 

Axioo juga mengutamakan layanan purna jual yang prima. Hal ini didukung oleh keberadaan 80 Axioo Service Point di Indonesia. Kepopuleran brand teknologi Indonesia ini juga tak sekedar “jago kandang”. Tak tanggung-tanggung, Axioo telah menjual produk mereka hingga ke pasar Asia Tenggara dan penempatan service center di Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam.

  1. Maspion

Facebook Maspion Uchida

 

Siapa tak kenal brand elektronik dengan slogan legendaris “Cintailah produk-produk Indonesia” ini? Siapa sangka, Maspion Group yang kini telah mencicipi berbagai bidang mulai dari usaha produk konsumen, industri, konstruksi, hingga perbankan ini dirintis dengan susah payah. Awalnya, top brand nasional ini dirintis dari pabrik sederhana bernama UD Logam Djawa yang menjual peralatan rumah tangga seperti lampu teplok tahun 1967.

 

Kini, Maspion Group menaungi 32.000 orang karyawan dan menjangkau konsumen Amerika Serikat, Timur Tengah, Jepang, Australia, bahkan Eropa. Tahun 2011, salah satu produk andalan Maspion, yakni Teflon anti lengket telah digunakan 10 persen rumah tangga dari 45 juta keluarga di Indonesia. Brand teknologi Indonesia ini memiliki 177 toko dan retailer di seluruh tanah air.

Maspion Group dalam melakukan ekspansi bisnisnya telah melakukan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan kelas atas. Contohnya saja Komatsu, Marubeni, Sumitomo Metals, Kawasaki Steel, Satachi, Seven Seas Chemicals, Siam Cement juga Samsung.

  1. Zyrex

Zyrex.com

 

Perusahaan yang satu ini telah berkiprah dalam industri laptop dan ponsel sejak 1996. Zyrex kini mampu menciptakan 10.000 unit dalam satu bulan proses produksi. Brand ini juga memiliki kapasitas gudang lebih dari 20.000 unit. Brand satu ini memastikan kualitas produk mereka melalui dual steps quality control policy dan assurance implementations. Mereka menjamin konsumen mendapatkan layanan yang prima melalui pengecekan cacat, burn-in test, hingga dead on arrival serta cacat purna-jual lainnya.

 

Di tengah gempuran berbagai merek ponsel dari Tiongkok dan global, Zyrex berhasil menjadi salah satu vendor ponsel lokal yang bertahan. Alih-alih menyasar kota besar, strategi yang dilakukan brand teknologi Indonesia ini adalah memfokuskan pemasaran produk ke kecamatan atau kabupaten.

Setelah sempat vakum dari dunia komputer tahun 2012, mereka meluncurkan gebrakan lagi tahun 2018. Laptop Sky 232 Xtreme buatan mereka dipasarkan dengan harga yang sama, senilai 3 juta rupiah tanpa ongkos kirim dari Sabang hingga Merauke.

Gimana? Keren kan produk keluaran brand Indonesia? Saat ini, banyak bisnis kecil terdampak COVID-19 dan terpaksa gulung tikar. Tak terkecuali, para produsen dan brand-brand lokal. Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia adalah wujud dukungan pemerintah untuk menggerakkan lagi roda perekonomian nasional.

 

Melalui pembelian produk-produk lokal, Anda telah berkontribusi dalam gerakan mulia tersebut. Ingat, sebelum membeli suatu produk, Anda juga perlu mempertimbangkan layanan purna jual. Produk lokal menjamin kemudahan purna jual melalui keterjangkauan service center. Selain itu, Anda telah berkontribusi dalam membantu produk Indonesia bertahan di tengah krisis. 

 

Brand teknologi lokal ini tersedia pada laman e-katalog nasional maupun penyedia e-katalog nasional seperti Smartcomputerindo. Harga yang ditawarkan sangat bersahabat, didukung garansi resmi dan kemudahan pengembalian maupun reparasi barang. Tunggu apalagi? Saatnya belanja produk lokal dengan kualitas brand internasional.

 

Sumber

 

https://aptika.kominfo.go.id/2020/05/bangga-buatan-indonesia-wujud-dukungan-bagi-umkm-terdampak-pandemi/

https://www.beritasatu.com/ekonomi/632679-gerakan-bangga-buatan-indonesia-perkuat-umkm

https://yonulis.com/2020/03/22/advan-brand-lokal-yang-meredup/

https://selular.id/2017/01/advan-brand-lokal-citarasa-global-interview-eksklusif/

https://www.brilio.net/gadget/6-rahasia-advan-smartphone-asal-indonesia-peraih-best-smartphone-2017-171222t.html

https://www.hitekno.com/gadget/2020/01/01/131500/pasar-smartphone-indonesia-2020-diprediksi-tumbuh-9-persen-ini-kata-analis

https://industri.kontan.co.id/news/tunggu-kepastian-pasar-advan-ambil-sikap-wait-and-see-dalam-luncurkan-produk-baru

https://www.hitekno.com/gadget/2020/07/12/220000/hp-murah-tampilan-kekinian-ini-harga-advan-g5?bw=PDPCFY

https://tekno.kompas.com/read/2019/09/02/14010097/mengamati-pergeseran-pasar-smartphone-indonesia-di-2019?page=all

https://economy.okezone.com/read/2016/08/15/320/1464247/berawal-dari-garasi-2-orang-ini-sukses-bangun-produk-perangkat-mobile

https://m.solopos.com/perjalanan-alim-markus-bangun-merek-nasional-maspion-grup-1023701

https://bisnis.tempo.co/read/331927/pt-maspion-kebal-gempuran-produk-cina

https://republika.co.id/berita/qd96vj3017000/alim-markus-bos-maspion-yang-tak-lulus-smp

https://tirto.id/muasal-raja-alat-rumah-tangga-maspion-cwpB

https://www.beritasatu.com/nasional/480913-zyrex-lebih-pilih-pasarkan-ponsel-pintar-di-luar-kota-besar

https://www.viva.co.id/digital/digilife/1011753-curhat-pendiri-zyrex-borong-laptop-dari-singapura

https://m.medcom.id/teknologi/news-teknologi/9K5ROvnN-zyrex-tetap-main-di-pasar-terjangkau

http://zyrex.com/v1/

https://www.merdeka.com/teknologi/zyrex-kembali-masuk-bisnis-laptop.html