Asal Usul Cemilan Kekinian Donat Bomboloni, Donat Tanpa Lubang

Posted By smartcomputerindo | 23 October 20 | Merchant Highlight

Donat Bomboloni ini tak seperti donat pada umumnya. Alasannya karena donat satu ini tak memiliki lubang di tengahnya. Apa saja keunikan lain dari cemilan kekinian yang sedang hitz ini?

 

Asal nama Bomboloni sendiri secara etimologis atau bahasa dikaitkan dengan bombe alias bom. Kemungkinan nama itu dipilih karena cemilan kekinian ini punya bentuk mirip dengan granat atau bom kuno. Donat asal Italia ini punya ciri khas bentuk bulat, empuk, dan isiannya yang “meledak” di dalam mulut.

 

Di Italia sendiri, donat bomboloni klasik diberi isian puding, selai jeruk, dan cokelat. Namun, kini lebih banyak lagi variasi filling bomboloni yang ditawarkan. Mulai dari red velvet, matcha, hingga cream cheese.

Insidetherustikitchen.com

Bomboloni sangat nikmat disantap dalam keadaan hangat, yakni sesaat saja setelah diangkat. Bahkan, teksturnya masih sangat empuk saat disuntikkan isian.

 

Donat Bomboloni yang juga dikenal sebagai “krapfen” atau “kraffen” ini berasal dari daerah Trentino Alto-Adige yang tadinya berada di bawah kekuasaan Austria. Cemilan kekinian ini lahir dari kombinasi sajian Italia dengan pengaruh Austrian dan Bavarian sekitar tahun 1600.

 

Tadinya, donat bomboloni adalah makanan penutup yang biasanya dimakan saat Karnaval, hari libur Kristen yang menampilkan jamuan makan besar tepat sebelum periode puasa Prapaskah. Namun, cemilan kekinian ini akhirnya mulai merambah ke Florence, Italy, San Fransisco, California, bahkan negara Asia seperti Indonesia.

 

Bomboloni pada dasarnya adalah pastry dengan tekstur ringan dan berongga yang terbuat dari ragi, mentega atau margarin dan diisi dengan selai, krim, atau puding.

 

Meskipun hanya ada sedikit gula di adonan bomboloni itu sendiri, beberapa pembuat roti suka menumbuk donat dengan gula di bagian akhir untuk menambah rasa manis! Makanya, donat satu ini sering dideskripsikan sebagai “little puffs of heaven” saking ringan, manis, dan nikmatnya.

 

Penasaran mencoba cemilan kekinian asal Italia ini? Anda bisa mendapatkannya di Homecook.byver. UMKM satu ini fokus pada berbagai sajian penutup khas rumahan yang unik, nikmat, dan higienis.

 

Homecook.byver menyediakan donat bomboloni dengan beragam isian mulai dari nutella, selai strawberry, krim vanilla, kismis, atau filling campuran dari keempatnya, lho. 

Instagram Homecook.byver

Selain donut bomboloni, UMKM kuliner ini juga menjajakan Klappertaart (makanan penutup khas Manado), frozen kebab, melted brownies, hingga silky pudding beraneka topping.

 

Anda bisa membelinya lewat laman Karya Noesantara yang disediakan Smartcomputerindo. Sebagai partner pemerintah dalam pengadaan barang, Smartcomputerindo berkomitmen membantu meningkatkan penjualan UMKM di Indonesia. 

Instagram homecook.byver

Bila Anda berbelanja produk Homecook.byver dan UMKM lainnya lewat Smartcomputerindo, Anda bisa mencicip cemilan kekinian sekaligus berkontribusi dalam menggerakkan ekonomi bisnis lokal

 

Tertarik mencoba donat bomboloni? Klik dan belanja di halaman ini, ya.

Sumber

https://food.detik.com/info-kuliner/d-5150961/jajan-bomboloni-donat-ala-italia-di-5-bakery-online-ini

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190927170412-262-434729/asal-usul-dan-varian-donat-dari-berbagai-belahan-dunia

https://makebreadathome.com/how-to-make-bomboloni-donuts/#:~:text=Bomboloni%2C%20with%20the%20singular%20word,eaten%20the%20whole%20year%20round!