Masuki Dunia Influencer Lewat Under The Influence: Social Content Special Edition

Posted By smartcomputerindo | 09 November 20 | Event

 

 

Dalam digital marketing, salah satu strategi yang kian menjamur adalah memanfaatkan kehadiran influencer.

 

Menurut buku Influencer: Building Your Personal Brand in the Age of Social Media, influencer dijelaskan sebagai seseorang yang memiliki clout (dapat diartikan sebagai pengaruh, kemampuan, maupun kekuasaan) melalui channel digital mereka. Inilah yang disebut beberapa orang sebagai “social currency.” 

 

Biasanya, para influencers adalah sekelompok orang yang memiiki banyak followers atau tingkat engagement yang tinggi. Ketika ia menyuarakan sesuatu, audiensnya akan mendengarkan, dan berpotensi meniru tindakan influencer 

 

Inilah pentingnya influencer bagi sebuah brand atau perusahaan yang bekerja sama dengan mereka, saat influencer menggunakan suatu produk, kemungkinan besar para pengikutnya akan turut membeli produk yang sama, atau setidaknya menaruh perhatian lebih terhadap produk tersebut. 

Apalagi, data Linqia, sebuah situs online di USA yang mempertemukan influencer dan brand meneliti bahwa 86% marketers terlibat dalam influencer marketing tahun 2017, dan sebanyak 92% di antaranya melaporkan bahwa strategi tersebut cukup efektif.

 

Google pun pernah merilis data pencarian terhadap influencer marketing tahun 2018 bertumbuh sebesar 325% tahun 2017. Hingga tahun ini, kata influencer masih sering mengalami breakout atau tingkat pencarian maksimal pada tools Google Trend. 

 

Influencer terdiri dari banyak jenis. Buku How To Win Instagram menjabarkan tiga kelompok influencer yang paling sering menjadi ‘corong’ marketing para brand.

 

Micro influencer yang memiliki followers antara 5.000 hingga 10.000 orang. Kategori ini biasanya menawarkan segmen audiens yang spesifik dengan topik tertentu yang spesifik. Harga yang ditawarkan kelompok ini cukup bersahabat dan memiliki engagement yang cukup bagus.

 

Power middle influencer memiliki followers antara 10.000-250.000 orang. Biasanya, kategori ini sudah termasuk expert dan sering berkolaborasi dengan brand.

 

Macro influencers adalah influencer dengan jam terbang paling tinggi. Followersnya berkisar 250.0000 hingga lebih dari 1 juta orang. Tak heran influencer dalam kelompok ini sering disebut ‘big fish’, pasalnya mereka bisa dikategorikan sebagai digital celebrities. Walau begitu, reach dan engagement macro influencers umumnya lebih kecil dibanding micro dan middle influencers

 

Jenis influencer terakhir adalah nano influencer. Followersnya hanya berkisar 1.000-5.000 saja, namun strategi penggunaan nano influencer justru semakin meningkat. Why?

 

Ternyata, influencer ini justru mempunyai engagement enam kali lebih banyak dibanding kategori lainnya karena followers mereka bersifat real dan tak memakai followers palsu atau bot. Brand melihat bahwa nano influencers ini punya kedekatan dengan followersnya dari interaksi dan lebih berpotensi mempengaruhi mereka untuk membeli. 

 

Menarik bukan dunia influencer dan kaitannya dengan digital marketing? Ingin dapat ilmu tentang influencer marketing, cara membuat content yang menarik, dan strategi management influencer untuk marketing beserta solusi dalam menghadapi tantangannya?

 

Ikuti TECHMinar Kreen “Under The Influence: SOcial Content Special Edition” tanggal 10 November 2020 pukul 13.30! Acara ini akan dihadiri Stella Josowidjojo (KOL & Influencer Marketing Lead ALOWALO), Fajrin Sahaf (Head of Influence Strategy at Creative Media United), Innes Sah Putri (Influencer Operation Manager ar POPS Worldwide Indonesia), dan Tita Djumaryo (Founder @ganarartspace @mari_berbagi_seni @seni.untuk.indonesia).

 

Daftar sekarang yuk di https://kreen.id/webinar/undertheinfluence untuk dapat ilmu dan e-certificate gratis!

 

Sumber

 

https://books.google.co.id/books?id=GxQ9DwAAQBAJ&pg=PT12&dq=influencer+is&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjSz_yl--zsAhXDQ30KHf2uCJcQ6AEwAHoECAQQAg#v=onepage&q=influencer%20is&f=false

https://books.google.co.id/books?id=wzHnDwAAQBAJ&pg=PA1&dq=influencer&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjm4sab-OzsAhVDfisKHe_XDlgQ6AEwAHoECAUQAg#v=onepage&q=influencer&f=false