UMKM Bangkit: Karya Noesantara, Membangkitkan Geliat UMKM Secara Digital di Era Pandemi

Posted By smartcomputerindo | 30 July 20 | Event

Tak dapat dipungkiri banyak bisnis merugi akibat virus COVID-19. Mulai dari korporasi hingga pengusaha-pengusaha kecil. Menurut data Kompas.com, peran UMKM dalam pendapatan negara sangatlah signifikan. Ternyata UMKM menyumbang 60,34 persen dari total PDB nasional. UMKM juga menyerap hingga 89,2 persen dari total tenaga kerja. Inilah mengapa para pengusaha kecil ini perlu diberdayakan di masa krisis dengan memanfaatkan teknologi.

 

Saat ini ada dua tantangan besar yang harus dihadapi para pengusaha kecil tersebut. Proses digitalisasi dan bertahan di tengah pandemi. Meski tampak bercabang, kedua isu tersebut sebetulnya justru dapat saling mendukung dalam pencapaian tujuan.

 

Lockdown, new normal, work from home, dan beragam budaya baru yang timbul sejak virus COVID-19 membuat semua orang perlu beradaptasi. Tak terkecuali pada sektor ekonomi. Teknologi berperan penting sebagai alat untuk mempermudah aktivitas selama pandemi.

 

Smartcomputerindo merupakan salah satu vendor LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah) yang turut berpartisipasi dalam pertumbuhan UMKM melalui penyediaan e-katalog. Bekerjasama dengan anak perusahaan mereka, Kreen Indonesia, Smartcomputerindo mengadakan event menarik dalam waktu dekat. Acara bertajuk “UMKM Indonesia Bangkit: Karya Noesantara” ini digelar pada 9 Juli 2020. 

 

 

 

Karya Noesantara adalah laman khusus bagi penggiat UMKM untuk memasarkan produk mereka secara gratis. Lewat acara ini, Smartcomputerindo akan menjelaskan bagaimana teknologi digital dapat membantu UMKM memaksimalkan profit mereka. Acara ini juga akan dihadiri oleh salah satu partner  Smartcomputerindo, Brother Indonesia. Brand teknologi ini telah menyumbang berbagai inovasi yang memudahkan UMKM beberapa tahun silam.

 

Tahun 2018, mereka memproduksi mesin jahit modern tanpa pedal yang memberikan diskon penjualan bagi pemilik UMKM. Mereka juga mengadakan program win-win solution yang menguntungkan bagi pengusaha kecil. Misalnya program toner management tahun 2017, yakni peminjaman printer secara gratis. Pengusaha hanya perlu membayar biaya toner, dan secara otomatis akan mendapatkan paket printer sekaligus perawatan mesin. 

Melalui acara “UMKM Indonesia Bangkit: Karya Noesantara”, UMKM akan mendapat banyak inspirasi seputar memanfaatkan teknologi yang mereka punya dan modal seminim mungkin untuk mencapai keuntungan maksimal. Untuk Anda yang baru memulai bisnis, acara ini akan memberikan insight digitalisasi agar tak merugi selama pandemi. 

Yuk, daftar sekarang! Acara ini terbuka untuk umum dan akan diselenggarakan secara online 2 hari lagi. Untuk info lebih lanjut, jangan lupa cek di media sosial Kreen Indonesia, ya. Pantau terus ig mereka di @kreenindonesia.