Ini 5 Cara Agar HP Tidak Cepat Panas

Posted By smartcomputerindo | 30 July 20 | Productivity

Menurut data OpenSignal, terjadi peningkatan persentase waktu pemakaian wifi pada pengguna smartphone sejak Maret 2020 alias awal pandemi corona. Hal ini bukannya tak berimbas pada kesehatan ponsel, banyak dari mereka mengeluhkan hp yang lebih cepat panas dari biasanya. Ini cara agar hp tidak cepat panas selama dipakai di rumah!

  1. Efektifkan Penggunaan Aplikasi

Rami Al-zayat/Unsplash

 

Meski Anda memiliki ponsel yang berkapasitas atau berkecepatan tinggi, ada baiknya mengurangi penggunaan memori dan unduhan aplikasi. Hal ini akan membuat ponsel mampu bertahan lebih lama dengan performa yang lebih baik. Untuk itu, hapuslah aplikasi yang tidak perlu.

 

Selain itu, update aplikasi rupanya menjadi sesuatu yang perlu Anda perhatikan. Bila Anda kerap menunda update, akan tumbuh banyak bugs yang menyebabkan baterai cepat panas. Dalam menggunakan aplikasi, hindari pemakaian beberapa apps secara bersamaan.

 

  1. Perhatikan Kualitas Charger dan Baterai

Steve Johnson/Unsplash

 

Memilih baterai dan charger yang orisinal juga salah satu cara agar hp tidak cepat panas. Baterai dan charger asli atau ori umumnya telah disesuaikan dengan spesifikasi ponsel, sehingga tidak akan membuat ponsel overheating. Keduanya pada umumnya juga memiliki kualitas yang lebih baik dan tahan lama.

 

Trik lain terletak dalam proses charging. Melansir CNET, jangan terlalu sering mengisi daya ponsel hingga full 100%. Rupanya hal tersebut justru dapat memangkas umur baterai. Cara charge yang lebih baik adalah sesekali mengisi daya hingga 80% saja.

 

Selain itu, jangan tunggu hingga baterai benar-benar habis. Segera pasang charger jika baterai telah mencapai angka 30%. Anda juga tak seharusnya melakukan aktivitas dengan ponsel ketika pengisian daya masih berlangsung.

  1. Jaga kebersihan Ponsel

Yang Deng/Unsplash

 

Kebersihan ponsel adalah aspek yang perlu diperhatikan. Cara agar HP tidak cepat panas adalah menjaganya dari debu dan faktor cuaca lain. Debu pada lubang-lubang ponsel seringkali menutupi akses keluar bagi aliran panas dari ponsel. Untuk itu, lubang pada ponsel misalnya headset dan charger perlu dibersihkan sesekali, misalnya menggunakan cotton bud

 

Ponsel pada umumnya akan mengikuti suhu tempat perangkat tersebut diletakkan. Kuncinya adalah menaruh ponsel di tempat dingin dan menghindarkannya dari panas matahari. Hindari juga meletakkan ponsel pada area yang menyerap panas, misalnya kasur atau sofa.

 

Menjaga ventilasi atau sirkulasi udara juga sangat penting. Sesekali, lepas case ponsel yang kadang menahan panas dari perangkat itu. Ponsel juga sebaiknya tak diletakkan pada tempat yang terlalu rapat seperti saku pakaian.

  1. Beri jeda dalam pemakaian handphone

Rob Hampson/Unsplash

 

Ponsel perlu memiliki masa rehat layaknya manusia. Tentu perangkat tersebut dapat mengalami kelelahan yang berakibat pada timbulnya panas akibat beraktivitas terus-menerus. Beri selang waktu ponsel untuk istirahat. 

 

Mematikan ponsel juga merupakan salah satu cara agar HP tidak cepat panas. Sesekali matikan ponsel jika tak perlu-perlu amat untuk digunakan. Pastikan Wifi, bluetooth atau GPS juga tak terus-terusan menyala. Selain itu, hindari aktivitas berat seperti gaming atau streaming secara non-stop. Konektivitas internet pada ponsel juga perlu dimatikan pada beberapa waktu.

 

  1. Pakai Aplikasi Pendingin dan Pembersih Ponsel

apkpure.com

 

Jika cara-cara preventif dirasa belum cukup, unduhlah aplikasi pendingin, pembersih memori atau pembersih sampah, hingga penghemat baterai. 

Aplikasi pendingin HP cukup bermanfaat mengatur suhu. Coba unduh Cool Master, Coolphone, atau Super Cooler-CPU. File-file di HP juga perlu dibersihkan, misalnya saja cache hingga cookies. Cache dan cookies mempengaruhi kinerja RAM, membuat ponsel bekerja ekstra dan berakibat pada baterai yang menjadi panas. Inilah mengapa peran aplikasi pembersih memori dan sampah menjadi penting. 

 

Selain itu, unduhlah aplikasi penghemat baterai. Fungsinya adalah menghentikan proses multi-tasking atau aplikasi yang bekerja pada background tanpa kita sadari. Cara lain agar HP tidak cepat panas adalah dengan mengurangi kecerahan pada layar.

 

Sekarang, Anda tak perlu khawatir saat memakai ponsel dari rumah. Dengan cara-cara ini, ponsel Anda berpotensi untuk tahan lebih lama dan tak lagi mudah panas.

 

Sumber

https://carisinyal.com/cara-agar-hp-tidak-cepat-panas/

https://www.insider.com/phone-is-overheating-2018-7#only-charge-your-phones-battery-to-80-1

https://www.liputan6.com/tekno/read/4216990/gara-gara-covid-19-pengguna-smartphone-terhubung-ke-wifi-lebih-lama-dari-biasanya