Teknologi di Balik Kesuksesan Smart City Jakarta

Posted By smartcomputerindo | 26 November 20 | Productivity

Jakarta berhasil membuktikan kiprahnya dalam smart city di mata internasional. Tak hanya menerima penghargaan WeGO) Smart Sustainable City Awards tahun 2017, startup smart city mereka, Qlue juga meraih Start Up Of The Year tahun 2019. Keberhasilan tersebut tak terlepas dari pemanfaatan teknologi yang mumpuni. Melansir Brilio dan Official Website Smart Jakarta, inilah beberapa teknologi di balik Kesuksesan Smart City Jakarta!

Pantauan CCTV

Jawapos.com

 

Saat ini terpasang 6.600 CCTV yang fungsinya untuk memantau segala aktivitas di Jakarta. Menariknya ketika ada demo atau acara, seluruh proses dapat dipantau lewat CCTV tersebut. CCTV juga tak hanya dipasang di taman, melainkan terpasang di jalan, sungai, dan pintu air. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pemantauan kondisi air sungai di Jakarta maupun kondisi halte. Semua orang bisa mengakses data ini lewat laman smartcity.jakarta.go.id/maps. 

Lampu jalan

Jakarta Smart City

 

Sekitar 9.000 lampu jalan konvensional di Jakarta saat ini sudah diganti dengan lampu LED yang bisa menghemat 50% penggunaan listrik. Monitoring dapat dilakukan secara remote. Proses ini berpengaruh pada maintenance maupun pengaturan lampu. Tingkat terang dan gelapnya lampu bisa disesuaikan dengan kondisi wilayah sekitar. Misalnya saja pengaturan yang berbeda untuk daerah rawan kejahatan atau daerah yang cukup sepi.

Pemanfaatan Data melalui Konektivitas Real-Time

Republika.co.id

 

Smart City Jakarta menyediakan  Sistem Aduan Masyarakat, layanan kesehatan (berapa bed yang tersedia di rumah sakit untuk mencegah pungutan liar), peta lalu lintas kemacetan real-time, pemantauan harga komoditas pangan dari 44 pasar secara real time setiap hari. 

 

Berkaca dari Jakarta, ada beberapa fasilitas krusial seperti GPS dan konektivitas internet tinggi agar konsep Smart City dapat dieksekusi dengan baik.

 

Smartcomputerindo.com sebagai vendor e-katalog LKPP menyediakan laman khusus smart city yang dapat membantu mewujudkan impian kota pintar di Indonesia.

 

Smartcomputerindo menyediakan beragam fasilitas networking terlengkap mulai dari fiber hingga wireless router untuk mendukung jaringan internet yang mumpuni di kota atau kabupaten Anda. Selain itu, ada pula teknologi pemetaan dan pengumpulan data seperti GPS maupun CCTV yang mempermudah proses monitoring masyarakat.

 

Menjadi konsumen di Smartcomputerindo juga membuka kesempatan Anda untuk berkontribusi pada perekonomian nasional dengan membantu produsen lokal. 

 

Tak perlu khawatir jika ada kerusakan atau cacat pada barang. Smartcomputerindo menyediakan layanan purna-jual dengan proses yang simpel maupun layanan antar-jemput produk di kota Pekanbaru dan Jakarta.

 

Belanja di Smartcomputerindo sekarang untuk melangkah lebih dekat menuju kota pintar dan masyarakat yang madani!

 

Sumber

https://smartcity.jakarta.go.id/blog/216/teknologi-yang-paling-mendefinisikan-smart-city-bagian-i

https://smartcity.jakarta.go.id/blog/217/teknologi-yang-paling-mendefinisikan-smart-city-bagian-ii

https://www.brilio.net/serius/9-kecanggihan-teknologi-smart-city-di-jakarta-yang-perlu-kamu-tahu-1707147.html

https://smartcity.jakarta.go.id/blog/235/pengakuan-internasional-untuk-inovasi-jakarta-smart-city-melalui-wego-smart-sustainable-city-awards

https://teknologi.bisnis.com/read/20190806/266/1132896/qlue-sabet-penghargaan-startup-of-the-year-2019