Software vs Hardware: Memilih Tool yang Tepat untuk Video Conference

Posted By smartcomputerindo | 26 November 20 | Productivity

Di tengah masa work from home dan remote working selama pandemi, Anda akan banyak bersinggungan dengan rekan kerja melalui video conference. Konferensi video umumnya dilakukan untuk rapat harian maupun terkoneksi dengan kantor cabang dan partner bisnis lainnnya. Ada dua tools yang dapat dipakai untuk menjalankan video conference, yakni software-based atau hardware-based. Mana yang tepat untuk usaha Anda? 

 

peoplecreation/Freepik

Pertimbangan Memilih Software vs Hardware Video Conference

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tools video conference yang tepat.

  1. Skala Bisnis

Bagaimana skala bisnis Anda saat ini? Apakah termasuk perusahaan menengah ke atas dengan berbagai cabang? Apakah Anda memiliki banyak kebutuhan untuk melakukan rapat dengan partner bisnis yang berada di luar negeri? Bila ya, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk menggunakan hardware mengingat rapat akan sering terjadi dan menentukan keberhasilan tujuan maupun profesionalisme bisnis Anda.

  1. Sifat & Tujuan Rapat

Apakah rapat sekedar diperlakukan sebagai sarana berkomunikasi? Atau rapat dipandang sebagai serious broadcast yang melibatkan banyak kolega dan stakeholder bisnis? 

 

Bila usaha Anda termasuk yang pertama, yakni memperlakukan rapat sebagai sarana komunikasi internal saja, lebih baik memilih software yang penggunaannya mudah, sederhana, dan cepat.

 

Freepik

  1. Space Meeting & Sistem Bekerja

Apakah Anda memiliki ruang yang cukup untuk mengadakan meeting dan konsisten menggunakanya untuk video conference? Anda juga kerap memakai ruang tersebut untuk menjalankan rapat formal secara rutin? 

 

Hardware-based video conference tool dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Sedangkan, bila bisnis Anda memiliki kebutuhan moving alias mobilitas yang tinggi, Anda dapat memakai software untuk menghemat waktu dan meningkatkan fleksibilitas.

  1. Budget

Budget untuk video conference berbasis hardware cukup tinggi. Untuk itu, bila rapat lebih didefinisikan sebagai sesuatu yang administratif dan rutinitas dan usaha Anda termasuk golongan kecil, Anda mungkin akan lebih memilih memakai software-based video conference.

  1. Kebutuhan Meeting

Apakah video conference ini mempertaruhkan posisi Anda sebagai pemimpin? Anda tentu tak menginginkan interupsi akibat jaringan yang menyebabkan leadership Anda runtuh, membuat Anda kehilangan momentum investasi berharga. Tindakan preventif paling baik adalah memilih video conference berbasis hardware

 

Pasalnya, perangkat ini mendukung resolusi HD, audio yang mumpuni, dan konektivitas yang lebih baik dari video conference berbasis aplikasi atau software. Anda juga lebih nyaman mempresentasikan data-data perusahaan yang sifatnya “sensitif” karena secara umum hardware based video conference telah dilengkapi sistem-enkripsi yang menunjang keamanan data.

 

Selain itu, kelebihan hardware lainnya adalah mengantisipasi bila suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan saat rapat berlangsung. Kebanyakan dari perangkat ini telah dilengkapi layanan maintenance dan support.

 

Freepik

Memilih Tool Video Conference yang Tepat

Bila Anda merasa lebih masuk dalam kategori perusahaan menengah ke atas yang memandang video conference lebih dari sekedar komunikasi internal, Anda dapat menjajal salah satu perangkat keras konferensi video ini.

 

AVER EVC130 adalah sistem video conference yang cocok digunakan medium enterprise. EVC130 mampu menampilkan dan memfasilitasi proses berbagi konten, bahkan bagi pegawai remote yang tak berada di ruang rapat sekalipun.

 

Bagi peserta yang hadir di ruang rapat, kamera wide-angle EVC130 memastikan seluruh peserta mampu ditampilkan pada layar tanpa terkecuali.

 

Tak perlu khawatir soal keamanan data, perangkat satu ini dilengkapi end-to-end encryption yang bersifat end-to-end mulai dari ES (Advanced Encryption Standard) function (128-bit) and H.235, serta password protection untuk sistem dan remote system management.

 

Hal ini sangat krusial dalam menjaga kerahasiaan data perusahaan. Tentu menggunakan hardware ini dapat pula mengurangi resiko kecurian atau kebocoran data selama rapat berlangsung seperti yang telah dialami beberapa pengguna software-based video conference, terutama yang sifatnya gratis.

 

EVC130 didukung kamera dengan 4x digital zoom, fasilitas pan & tilt, dan resolusi 1080p, 620p, 480p, 4CIF, 4SIF, 360p, W288p, CIF, dan SIF yang seluruhnya didukung rate 30fps.

 

Communication.aver.com

 

Selain resolusi HD yang menjamin proses rapat tampak natural seperti realitas, EVC130 didukung teknologi one-touch recording sehingga siaran ulang rapat dapat tersimpan dengan mudah lewat USB.

 

EVC130 punya OSD yang user friendly karena mendukung single, dual, hingga multiple layout style dan dilengkapi 23 bahasa mulai dari Inggris hingga Thailand.

 

Perangkat ini juga menyediakan software tambahan untuk mendukung pembuatan remote control otomatis dari berbagai device (VCLink) maupun share content dari berbagai lokasi secara wireless tanpa menggunakan kabel VGA (AVER ScreenShare), maupun WebTool yang akan menganalisa isu atau kerusakan dari jarak jauh. 

 

Jangan sampai momen investasi penting rusak karena salah pilih tool video conference. Smartcomputerindo menyediakan AVER EVC130 bagi pemilik medium enterprise profesional dan terdepan seperti Anda. Beli sekarang dan ciptakan kolaborasi jangkauan yang tak terbatas. 

Sumber

 

https://communication.aver.com/DownloadFile.ashx?n=787&t=ModelOther1

https://www.vivo.tech/blogs/news/video-conferencing-system-standards-based-vs-software-based

https://www.vyopta.com/blog/video-conferencing/hardware-endpoints-vs-software-clients/

https://www.eztalks.com/video-conference/video-conferencing-hardware-vs-video-conferencing-software.html

 

http://www.tenveo-video-conference.com/news/the-difference-between-the-hardware-video-conf-18047920.html