5 Alasan Harus Pakai Produk Lokal Indonesia

Posted By smartcomputerindo | 29 July 20 | Productivity

Menurut Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham, kesadaran masyarakat mengenai produk lokal masih minim. Padahal, produk lokal memiliki banyak keunggulan dan manfaat jika Anda memilih menggunakannya. Ini adalah sederet alasan mengapa Anda perlu pakai produk lokal Indonesia!

  1. Kualitas yang Tak Kalah Saing

Onesave/day/Pexels

 

Sudah tahu belum jika produk lokal banyak yang go-internasional? Salah satu yang menghebohkan adalah dipakainya karya desainer aksesori Indonesia, Rinaldy A. Yunardi oleh selebriti global seperti Nicki Minaj dan Kylie Jenner.

 

Tengok sederet nama brand fashion dan apparel ini. League, Specs, MBB, Eiger, Tomkins, dan LEA semuanya adalah produk asli Indonesia dan sering membuat banyak orang salah kaprah. Banyak masyarakat masih menyangka brand tersebut adalah buatan luar negeri. Saking berkualitasnya, beberapa produk lokal Indonesia ini memang telah diekspor ke berbagai negara. Sebut saja Timur Tengah, Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, Swedia, dan Korea Selatan.

 

Tak hanya bidang fashion, peralatan seperti cangkul dan sepeda lokal juga memiliki kualitas yang andal. Pacul asal Cibatu lebih halus, lebar dan tahan lama ketimbang pacul impor. Begitu juga dengan brand sepeda Polygon yang berpusat di Sidoarjo dan telah dipasarkan ke luar negeri. 

  1. Potensi Produk yang Unik dan Istimewa

Cottonbro/Pexels

 

Indonesia dengan beragam kekayaan hayati, flora, dan fauna menciptakan potensi berkreasi yang tinggi. Keunikan inilah yang membuat produk lokal Indonesia sangat berkarakter dan tak akan ditemukan di negara lain. Lihat saja Woodka dan Matoa yang memproduksi jam tangan berbahan dasar kayu. Ada juga yang menekankan value antik sebagai keunggulan produk mereka. Sebut saja PT Kriya Nusantara yang menciptakan produksi radio AM/FM berdesain vintage dengan ornamen metal. 

 

Penemuan lain adalah gitar travel yang memudahkan para pelancong untuk membawa gitar kesayangan mereka. Gitar elektrik buatan Indonesia Guitar Academy ini memakai kayu Mahoni Jawa sebagai bahan utama.

 

Selain itu, ada pula brand memilih jalur yang eco-friendly seperti memanfaatkan limbah. Hal ini terlihat dari produk Rumah Kerang yang menghasilkan berbagai kerajinan tangan unik berbahan dasar kerang. Kerajinan tersebut meliputi lampu, tempat payung, jam tangan, bahkan furniture seperti kasur dan kursi.

  1. Kontribusi terhadap Ekonomi Nasional

Pixabay

 

Data OPUS Ekonomi Kreatif tahun 2019, menunjukkan bahwa ekonomi kreatif menyumbang sebesar Rp 1.105 triliun terhadap PDB nasional. Sayangnya, produk-produk ekonomi kreatif ini masih didominasi impor, bukan lokal. Baru 10% produk lokal yang menghiasi laman e-commerce.

Saat Anda memutuskan beralih pada produk lokal Indonesia, Anda juga akan berpartisipasi dalam bergeraknya roda ekonomi nasional. 

  1. Menciptakan Peluang Kolaborasi dan Mengurangi Pengangguran

Mentatdgt/Pexels

 

Masih mengacu pada data OPUS Ekonomi Kreatif 2019, ternyata sektor ekonomi kreatif juga memiliki serapan tenaga kerja yang tinggi. Angkanya bahkan mencapai 17 juta orang di tahun 2019.

 

Apabila Anda memakai produk lokal Indonesia, Anda turut membagikan karakter unik brand lokal pada dunia. Apalagi jika Anda mengunggahnya lewat media sosial, Anda bisa berperan sebagai endorser dadakan. Berawal dari satu teman yang menggunakan karena melihat unggahan Anda, produk lokal Indonesia berpotensi makin dikenal. Hal ini berimbas pada peluang penciptaan skema tenaga kerja baru maupun kolaborasi yang menguntungkan dengan berbagai pihak. 

  1. Harga dan Layanan Purna Jual

Field Engineer/Pexels

 

Produk lokal Indonesia terkenal memiliki harga jual berdaya saing. Hal ini bisa jadi karena produk ini tak terkena pajak yang tinggi seperti halnya produk impor. Sebut saja produk lokal di sektor fashion dan kosmetik. Saat ini, peminatnya terdiri dari beragam kalangan karena harganya yang bersahabat.

 

Selain itu, ada keuntungan lain membeli produk lokal Indonesia. Keunggulan ini adalah layanan purna jual, seperti yang disampaikan oleh Menteri Perdagangan. Apabila produk mengalami cacat atau kekurangan, konsumen dapat lebih cepat menghubungi pusat pelayanan atau service center terdekat. Hal ini tentu sangat membantu menghemat waktu dan energi, terutama bagi produk-produk teknologi yang membutuhkan penanganan cepat termasuk pada proses instalasi.

 

Smartcomputerindo sebagai penyedia perkakas IT turut ambil bagian dalam penyediaan produk lokal Indonesia terutama pada bidang teknologi. Tak hanya itu, ada laman khusus bagi UMKM dan brand Indonesia sebagai komitmen terhadap ekonomi nasional, yakni Karya Noesantara dan Asli Indonesia. 

 

Produk-produk Smartcomputerindo memiliki jaminan kualitas melalui layanan purna jual yang prima. Tersedia layanan antar-jemput bagi wilayah Jakarta dan Pekanbaru yang akan memudahkan mobilitas produk. Smatcomputerindo juga menjadi salah satu partner LKPP dalam pengadaan barang oleh pemerintah. Saatnya berkontribusi dan bersinergi dalam peningkatan finansial tanah air lewat pembelian di Smartcomputerindo. 

 

Sumber:

 

https://economy.okezone.com/read/2020/07/15/320/2246952/3-alasan-harus-beli-produk-dalam-negeri-nomor-1-bikin-bangga

 

https://blog.tanihub.com/alasanmu-kenapa-wajib-mendukung-usaha-kecil-produk-lokal/

 

https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/ini-buktinya-produk-lokal-tak-kalah-saing-dengan-produk-internasional/

 

https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/5-apparel-olahraga-indonesia-ini-tidak-kalah-dengan-brand-luar-negeri-beberapa-bahkan-sudah-mendunia/

 

https://dgip.go.id/kesadaran-masyarakat-tentang-kekuatan-produk-lokal-untuk-mengglobal-masih-renda

 

https://finance.detik.com/industri/d-4779113/kualitas-pacul-lokal-tak-kalah-tapi-harga-yang-impor-lebih-murah

 

https://radarmalang.jawapos.com/latest-news/24/11/2019/teten-masduki-bandingkan-kualitas-pacul-sukabumi-dengan-tiongkok/

 

https://www.wartabromo.com/2020/01/20/jajaran-produk-lokal-tapi-kualitasnya-internasional/

 

https://id.priceprice.com/fashion-pria/news/15-Jam-Tangan-Lokal-Keren-7720/

https://www.merdeka.com/uang/5-produk-unik-asal-indonesia-yang-mendunia.html

 

https://investor.id/business/wishnutama-industri-kreatif-jadi-penopang-ekonomi-nasional

 

https://economy.okezone.com/read/2014/04/16/23/971065/kolaborasi-brand-strategi-jitu-memenangkan-kompetisi

 

https://jatengprov.go.id/publik/jadikan-negeri-pasar-bagi-produk-lokal/