Salip Apple, Xiaomi Jadi Brand Smartphone Nomor 3 Level Global!

Posted By smartcomputerindo | 01 December 20 | Business Insight

Siapa yang menyangka bahwa Xiaomi jadi brand smartphone ranking 3 dunia? Melansir Gizmochina dan Business Insider, ranking ini tertera pada laporan International Data Corporation terkait dengan shipment ponsel pintar pada kuartal ke-3 tahun 2020.

 

Xiaomi menjual 46,5 juta perangkat, 5 juta lebih banyak jika dibandingkan Apple. IDC mengakui kekuatan perusahaan ini di China. Pasalnya, saat terjadi penurunan pasar, perusahaan ini justru berhasil menorehkan kenaikan penjualan sebanyak 42% pada kuartal ke-3 2020. 

Iconscout.com

 

Peningkatan ini kemungkinan disebabkan oleh bertambahnya permintaan ponsel low-end dan mid-range, terutama di negara berkembang seperti India. Salah satu ponsel yang memiliki penjualan terbaik di India adalah Redmi 9 Series. Saat ini, Xiaomi memiliki market share di pasar ponsel pintar sebesar 13,1%.

 

Menurut IDC, Apple mengalami penurunan ke posisi ke-4 karena penundaan peluncuran iPhone 12, namun penjualan ponsel pintar dari brand ini diprediksi akan meningkat pada kuartal berikutnya setelah model baru dirilis.

 

Gian Cescon/Unsplash

 

Ranking pertama brand smartphone dipegang oleh Samsung. Perusahaan ini merangsek ke puncak setelah Huawei mengalami kesulitan karena restriksi dari Amerika Serikat. Samsung juga mengalami kenaikan penjualan signifikan di India, terutama pada sektor model ponsel yang ekonomis dan seri M.

 

Sementara, ranking kedua brand smartphone versi IDC diisi oleh Huawei. Brand ini mengalami penurunan performa di pasar domestik sebanyak 15% sebagai imbas lain dari kebijakan US sanctions. Huawei memegang 14,7 market global, dengan shipment sebesa 51,9 juta perangkat. 

 

Pada posisi ke-5, brand smartphone Vivo bertengger dengan penjualan sebanyak 31,5 juta perangkat. Meski perusahaan ini hanya mengalami pertumbuhan global sebanyak 4,2%, penjualan model ponsel ekonomis alias low-end mereka mengalami kenaikan signifikan mencapai 30% di India.

 

Secara keseluruhan, sebanyak 353,6 juta ponsel telah dikirimkan di seluruh dunia, sejak Juli hingga September. Angka ini ternyata lebih baik daripada prediksi IDC sebelumnya yang memperkirakan terjadinya penurunan sebesar 9 persen. Hal ini dibantu oleh pemulihan ekonomi yang terjadi di beberapa negara seperti India, Brazil, Indonesia, dan Rusia.

 

Sumber

https://www.gizmochina.com/2020/10/30/xiaomi-overtakes-apple-smartphone-shipments-q3-2020/

https://www.businessinsider.com/xiaomi-apple-samsung-smartphones-phone-sales-randking-q3-2020-10?r=US&IR=T