Millenials: Entrepreneurship is Your Future, Pilih Jadi Karyawan vs Pengusaha?

Posted By smartcomputerindo | 07 December 20 | Event

 

Millenials tampaknya semakin perlu mempertimbangkan peluang menjadi seorang pengusaha. Menurut artikel CNN, sejak Indonesia resmi mengumumkan resesi awal November lalu, salah satu beban yang mengintai millenials adalah pemutusan hubungan kerja, pengurangan gaji, sekaligus persaingan mencari pekerjaan yang semakin ketat.

 

Inilah yang menyebabkan permasalahan angkatan kerja millenials semakin kompleks. Seorang ekonom dari INDEF (Institute for Development of Economics and Finance) mengajukan entrepreneurship sebagai salah satu solusi alternatif dalam menanggulangi isu ini.

 

Dengan melihat tren yang sedang muncul di tengah pandemi, seperti tren bersepeda atau tren mengoleksi tanaman, peluang millenials menjadi wiraswasta terbuka lebar. Kuncinya adalah pandai membaca tren sekaligus mengatur keuangan.

 

Sandiaga Uno mengatakan bahwa pengusaha milenial dapat menjadi penyelamat Indonesia dari resesi yang melanda. Menurutnya, semakin banyak millenials yang beralih menjadi pengusaha akan berpotensi menciptakan lebih banyak lapangan kerja. Akhirnya, hal tersebut akan mempercepat pemulihan laju perekonomian bangsa.

 

Seolah bersambut baik, sebuah riset Indonesia Millennial Report 2019 yang melibatkan sekitar 1400 millenials dari 12 kota ini menunjukkan bahwa tak semua millenials berorientasi mendapat pekerjaan dan menerima gaji setiap bulan. 

 

Mayoritas dari mereka, sebanyak 55,4 persen mengaku ingin menjadi pengusaha. Artinya, 7 dari 10 millenial memiliki jiwa bisnis. Baik millennial junior (usia 20-27 tahun) maupun millenial senior (28-35 tahun) sama-sama mempunyai keinginan besar untuk beralih profesi jadi pengusaha. 

 

Studi Wells Fargo yang dilansir dari Score.org menunjukkan bahwa sebanyak 59% millenials memulai bisnis karena mereka merasa passionate dalam bidang tersebut. Millenials ternyata juga memiliki pandangan jangka panjang terhadap bisnis yang mereka bangun. 

 

Di Indonesia, hal ini telah ditampakkan dari mengemukanya tren startup dan banyaknya anak muda yang melabeli diri mereka sebagai millenial entrepreneur.

 

Tertarik meneliti lebih lanjut tentang potensi dan peluang generasi milenial sebagai entrepreneur muda? Ikuti TECHMinar bertajuk Millenials: Entrepreneurship is Your Future! Acara ini akan diadakan tanggal 8 Desember 2020 pukul 13.30-15.30.

 

Bersama sederet narasumber terkemuka: Klemens B. R. (Founder of The Entrepreneurs Society);  Naufal Yazid (Young Entrepreneur, Owner YZD Archery); dan Muhammad Singgih (Co-Founder Codepolitan); Anda akan memperoleh insight bermanfaat tentang bagaimana membangun mindset entrepreneur di kalangan milenial, keuntungan menjadi entrepreneur, sekaligus meneropong masa depan millenial sebagai entrepreneur.

 

Sumber

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201105064615-532-566086/beban-berat-milenial-di-balik-resesi-yang-intai-ekonomi-ri

https://economy.okezone.com/read/2020/11/14/455/2309479/pengusaha-milenial-bisa-jadi-penyelamat-ekonomi-saat-ri-resesi

https://www.idntimes.com/news/indonesia/rosa-folia/imr-2019-mayoritas-millennial-ingin-jadi-pengusaha

https://www.score.org/blog/millennial-entrepreneurs-optimistic-and-learning

https://www.cekindo.com/blog/millennial-entrepreneurs