Fitur Baru Google Maps, Bisa Follow Reviewer Layaknya di Media Sosial

Posted By smartcomputerindo | 07 December 20 | Business Insight

Fitur baru Google Maps di tahun 2020 bernama Community Feed memungkinkan pengguna untuk mengikuti para pemilik bisnis serta pengulas yang berkontribusi di platform tersebut.

 

Selain itu, pengguna juga bisa melihat dan menyukai unggahan terupdate dari orang-orang yang mereka ikuti dalam satu tampilan melalui satu usapan layar saja.

 

Menurut blog resmi Google, pada Google Maps Community terdapat lebih dari 20 juta kontribusi unggahan setiap harinya, termasuk rekomendasi spot favorit, update layanan bisnis, review dan rating terbaru, foto, jawaban untuk pertanyaan dari pengguna lain, update alamat, dan sebagainya.

 

Community Feed inilah terobosan baru Google untuk memberikan informasi maupun rekomendasi terupdate dari sumber lokal yang terpercaya. Melalui feeds, Anda akan melihat review, foto, dan post yang diunggah oleh Google Maps dari para local experts, orang-orang yang Anda ikuti, serta berbagai pengusaha makanan dan minuman beserta artikel dari publikasi tertentu.

 

Google mengungkapkan bahwa postingan ini akan disesuaikan dengan minat dan ketertarikan pengguna sehingga tetap relevan. Bila ada resto Meksiko kesukaan Anda yang menambahkan menu baru, Anda bisa mendapatkan updatenya dengan segera melalui tombol follow pada akun usaha tersebut. 

 

Blog Google

 

Anda bisa menandai sendiri preferensi kesukaan Anda, misalnya healthy food dari Yunani, dan secara otomatis Anda akan disodori beragam pilihan rekomendasi, foto, maupun unggahan bisnis kuliner yang setipe dengan minat tersebut.

 

Dengan menggeser dan memperbesar peta, Anda bisa mendapat informasi tentang hampir seluruh lokasi di dunia, atas kontribusi dari unggahan warga lokal yang ahli dan memahami daerah sekitarnya.

 

Google juga memandang Community Feed sebagai upaya meningkatkan awareness terhadap bisnis-bisnis lokal. Pada tahap awal peluncurannya, Community Feed ternyata mampu meningkatkan awareness terhadap unggahan para pemilik bisnis sebanyak dua kali lipat. 

 

Pengusaha dapat memanfaatkan fitur ini untuk mempromosikan informasi menarik bagi pelanggannya, misalnya penawaran terbatas atau outdoor seating. Harapannya, semakin banyak pelanggan yang mendatangi usaha tersebut dan membuatnya lebih cepat berkembang.

 

Untuk menjajal fitur ini, pengguna perlu mengunjungi tab explore pada bagian pojok kiri bawah pada platform Google Maps. Setelah menemukan dan meletakkan titik yang diinginkan, usap layar ke atas, tepat di bagian judul (header) “Latest in… (nama tempat)”

 

Setelahnya, pengguna bisa melihat dan memberi like pada beragam postingan di dalam Community Feed sekaligus mengikuti creator/reviewer yang mereka sukai. Menurut KompasTekno dari Blog Google, fitur Community Feed telah diluncurkan secara global dan bertahap ke pengguna Maps versi Android dan iOS sejak 3 Desember 2020 lalu.

 

Sumber

https://blog.google/products/maps/discover-more-with-google-maps-community-feed

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/05/08060037/google-maps-punya-fitur-baru-yang-mirip-media-sosial