Alasan Mengapa UMKM Perlu Memanfaatkan Microsoft Office

Posted By smartcomputerindo | 08 December 20 | Merchant Highlight

Sebanyak 65 persen UMKM ternyata tak segan berinvestasi pada teknologi meski mengalami penurunan pendapatan saat pandemi. Hal ini diungkap dalam survei “The ASEAN SME Transformation Study 2020” yang dilakukan oleh United Overseas Bank (UOB), Accenture dan Dun & Bradstreet.

 

Hal ini berbanding terbalik dengan keadaan beberapa tahun lalu di mana banyak UMKM belum memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk usaha. Riset tahun 2013 yang dikeluarkan oleh AMI Partners dan Lenovo menunjukkan bahwa dari 2,65 juta UMKM di Indonesia, baru 27 persen yang memakai PC dan 33 persen yang berencana mengganti PC ke notebook.

 

Riset tahun 2016 menunjukkan bagaimana kesadaran pemakaian Microsoft Office untuk pengelolaan usaha di kalangan pelaku UMKM di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur sudah relatif sudah memasyarakat, baik dalam hal kemampuan para pelaku usaha mengoperasikan komputer maupun dalam hal mengakses internet. Namun jika dilihat dari pemanfaatan komputer dan internet untuk mendukung pengelolaan atau manajemen UMKM mereka pada umumnya relatif masih rendah.

 

Menyongsong transformasi digital, UMKM tampaknya mulai memiliki awareness untuk melakukan shifting ke arah digital. Transformasi digital adalah bagian dari revolusi industri 4.0 di mana internet yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan dokumen atau berkas usaha, salah satunya Microsoft Office 365. 

 

Salah satu riset terhadap UMKM di Kota Semarang menunjukkan bahwa dari 17.602 pelaku UMKM baru 20 persen yang memakai teknologi dalam pemasarannya. Setelah dilakukan pelatihan, ternyata peserta menunjukkan pemahaman terhadap tata kelola usaha secara digital melalui hasil kuesioner pre-test dan post-test.

 

Microsoft mengeluarkan produk Office khusus bagi pelaku usaha kecil dan menengah tahun 2014 lalu. Microsoft Office 365 SMB (Small and Midsized Businesses) ini didedikasikan untuk menghemat biaya operasional bagi pelaku usaha kecil dengan pekerja di bawah 250 orang.

 

Andrew Mantarro/Unsplash

 

Salah satu terobosan Microsoft Office untuk UMKM ini adalah cloud. Berdasarkan studi Boston Consulting Group, UKM yang melakukan migrasi ke cloud menunjukkan peningkatan pendapatan tiga kali lebih tinggi dibanding dengan UKM yang low-tech. Sayangnya, masih terdapat kekhawatiran terhadap sistem pembayaran cloud yang umumnya merupakan recurring cost alias pembayaran berulang dan keamanannya kurang terjamin.

 

Microsoft Office 365 pun hadir untuk menjawab kebutuhan para pelaku UMKM tersebut karena menyediakan paket lengkap dengan harga terjangkau lewat satu kali pembayaran saja. Nantinya, pelaku usaha mampu mengintegrasikan pekerjaan dari device yang berbeda. 

 

Pelaku usaha juga bisa menggabungkan aplikasi kerja yang sudah dikenal oleh publik luas, seperti Word, Excel, dan Power Point dengan email, web conference, instant messaging, dan komputasi Cloud yang memungkinkan semua perubahan terupdate secara otomatis.

 

Penggunaan cloud membuat pekerjaan pelaku usaha sifatnya lebih fleksibel dan bisa dilakukan di mana saja. Mereka juga tak perlu menyisihkan dana khusus untuk operasional gedung perkantoran maupun pemeliharaan mesin.

 

Office 365 SMB memiliki kemampuan mix dan match untuk kebutuhan spesifik masing-masing karyawan. Terdapat tiga seri Office 365 SMB Business, Office 365 Business essentials, dan Office 365 Business Premium yang dapat menyesuaikan kebutuhan setiap UMKM.

 

Tanggal 22 April 2020 lalu, Microsoft melakukan pengubahan nama pada paket-paket yang tertera. Office 265 Business Essential diubah menjadi Microsoft 365 Business Basic, Office 365 Business Premium akan menjadi Microsoft 365 Business Standard, sementara Microsoft 365 Business akan menjadi Microsoft 365 Business Premium. Sementara, dari segi fitur dan harga, tak ada perubahan khusus.

 

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pemanfaatan Microsoft Office 365 bila Anda seorang pelaku usaha kecil. Perpindahan proses dari manual ke digital akan menciptakan proses bisnis yang lebih efektif dan transparan. 

 

Anda bisa membeli berbagai software Microsoft Office asli di Smartcomputerindo untuk mendukung bisnis Anda. Masih merasa belum menguasai program Microsoft? Anda juga bisa mencoba pelatihan Microsoft Office berikut ini!

 

Sumber

https://news.microsoft.com/id-id/2014/10/22/microsoftbantuukm/#:~:text=Untuk%20meningkatkan%20potensi%20UKM%2C%20Microsoft,pekerja%20di%20bawah%20250%20orang.

https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/blog/2020/03/30/new-microsoft-365-offerings-small-and-medium-sized-businesses/

http://journals.usm.ac.id/index.php/tematik/article/view/2546/1680

https://infokomputer.grid.id/read/122359374/survei-uob-ukm-andalkan-teknologi-untuk-mengatasi-tantangan-akibat-pandemi?page=all

https://media.neliti.com/media/publications/222344-none-bcda91dc.pdf

 

https://republika.co.id/berita/mitgbe/survei-pelaku-ukm-baru-27-persen-pakai-pc