Ini Hal-Hal yang Membuat Game "Among Us" Populer!

Posted By smartcomputerindo | 08 December 20 | Business Insight

1 dari orang-orang sekitar kita pasti sedang terkena “demam” Among Us saat ini. Kira-kira, alasan apa saja yang membuat game dengan istilah impostor ini terkenal? Melansir CNBC, NYTimes, CNET, dan Screen Rant, inilah jawabannya!

Tentang Game Among Us 

Innersloth.com

 

Among Us adalah online multiplayer game keluaran developer InnerSloth yang memiliki sistem mirip game Mafia dan Werewolf. Anda bisa bermain dengan 4 hingga 10 orang, baik orang-orang yang Anda kenal maupun orang asing.

 

Dalam game ini, Anda akan berperan sebagai anggota kru pesawat luar angkasa, markas besar angkasa, atau pangkalan planet yang berusaha menyatukan kapal dan kembali ke bumi. Namun, anggota kru telah digantikan oleh alien parasit yang berusaha memusnahkan kru lainnya sebelum Anda berhasil mencapai tujuan tersebut. 

 

Masalahnya, si “penipu” yang dinamakan impostor ini memiliki bentuk yang sama dengan anggota kru. Mereka akan menyabotase kapal, menyelinap masuk melalui ventilasi, dan berusaha menjebak orang lain bahkan membunuhnya. Impostor bisa terdiri dari 1 orang jika jumlah pemain cukup banyak.

 

Sementara itu, awak non-alien harus melakukan tugas untuk memperbaiki kapal, dan tidak dapat berbicara kecuali ada laporan kematian. Kemudian, kru yang selamat dapat berdiskusi tentang sosok terduga impostor melalui chat yang disediakan. Jika penipu berhasil dikeluarkan, maka anggota kru menang, namun jika salah memilih impostor, maka semua orang akan kembali mempertahankan kapal sampai ada anggota lain yang terbunuh untuk kembali melakukan voting impostor

 

Game Among Us tersedia secara gratis di iOS dan Android. Terdapat banyak transaksi kecil dalam game satu ini, dalam versi mobile maupun PC, misalnya pilihan pembelian pets, skins, dan hats.

Dimainkan Banyak Figur Publik

BBC

 

Among Us telah dirilis sejak Juni 2018, namun tiba-tiba masuk sebagai aplikasi unduhan paling populer pada pertengahan September 2020. Pada masa itu, sebanyak 86 pengguna telah mendownload Among Us dan memainkannya.

 

Kepopuleran ini dapat dirunut dari deretan figur publik yang memainkannya dan mempromosikannya lewat media sosial mereka. Beberapa Twitch (platform streaming online gamingstreamers memulai tren Among Us di seluruh dunia, sebut saja Sodapoppin, Pewdiepie, serta Shroud and Ninja.

 

Setelahnya, jutaan meme juga muncul di media sosial seperti Twitter dan Reddit, menimbulkan rasa penasaran dari orang-orang biasa. Game ini menyembuhkan kebosanan akibat social distancing saat karantina dengan konsepnya yang fresh dan mudah dilakukan dari jauh. Apalagi, game ini juga mendukung gaming dengan mode cross-platform di PC maupun mobile dalam taraf lokal maupun online multiplayer games, membuat banyak orang mampu bermain dengan perangkat apapun. 

 

Selanjutnya, semakin banyak figur publik seperti YouTube dan TikTok influencers yang tertarik menjajal game ini dan menarik semakin banyak pengguna. Contohnya James Charles dan Dr. Lupo.

 

Anggota Kongres Amerika Serikat, Alexandra Ocasio-Cortez atau kerap dipanggil AOC juga sempat menghebohkan masyarakat karena memainkan game Among Us sebagai upaya untuk menginspirasi masyarakat untuk terjun dalam pemungutan suara Presiden.

Game yang Mudah untuk Segala Usia

Innersloth.com

 

Salah satu yang paling menonjol dari game ini adalah sifatnya yang mudah, sederhana, murah, dan mudah diakses oleh siapa saja. Meski pemain perlu merampungkan suatu tugas tertentu, Among Us adalah jenis gameyang sangat mudah dipahami dan dapat dilakukan hanya dengan memakai touchscreen atau mengoperasikan mouse dan keyboard saja.

Game yang Menjadi Ajang Bersosial

Twitter Innersloth

 

Sifatnya yang multiplayer menggugah banyak orang untuk mengajak kenalan atau koleganya bermain Among Us. Game ini menjadi ajang bersosial yang dinikmati bersama teman dan orang-orang terdekat karena sifatnya yang share-able menciptakan efek snowball yang terus menular di berbagai kalangan. 

Game yang Cocok dengan Situasi Pandemi

Innersloth.com

 

Meski kadang dapat dimenangkan dalam waktu singkat, Among Us adalah jenis game yang terasa menyenangkan untuk dimainkan. Apalagi, permainan ini juga tak menuntut komitmen gaming dengan waktu yang begitu besar. Sehingga, Anda dapat meninggalkannya jika Anda harus memutuskan untuk melakukan sesuatu yang lain.

 

Aspek gamenya terasa sederhana, dan di sisi lain menciptakan euforia deduksi klasik layaknya Mafia atau Werewolf karena Anda perlu membaca perilaku dan menentukan siapa yang jujur atau berbohong.

.

Bagi anak-anak, remaja, dan orang dewasa yang sedang merasa tak punya tempat tujuan atau kegiatan, game ini adalah obat untuk kebosanan yang memungkinkan sosialisasi dan interaksi yang aman dengan manusia lain, berkat fungsi obrolan dalam game

 

Sumber

https://www.cnet.com/how-to/among-us-faq-how-to-play-the-game-online-and-why-its-suddenly-so-popular/

https://www.nytimes.com/2020/10/14/style/among-us.html

https://www.cnbc.com/2020/10/14/how-among-us-became-a-mega-hit-thanks-to-amazon-twitch.html

https://screenrant.com/among-us-impostor-streaming-popular-twitch-game-friends/#:~:text=Why%20Among%20Us%20Is%20So%20Popular&text=Because%20it%20is%20an%20engaging,until%20they%20find%20their%20audience.