A New Tomorrow Destination: Staycation or Vacation: Membedah Konsep Staycation sebagai Alternatif Ide Liburan

Posted By smartcomputerindo | 11 December 20 | Event

 

 

Industri pariwisata menyumbang pendapatan cukup tinggi bagi negara, namun efek pandemi membuat geliat industri tersebut sempat padam. TECHMinar Kreen Indonesia bertajuk A New Tomorrow Destination berusaha membedah konsep staycation sebagai ide liburan yang relatif aman dan murah untuk menjaga "nyala” pariwisata di tengah pandemi.

 

Jakarta menjadi salah satu tujuan wisata favorit untuk staycation. Hal ini dibuktikan dengan kata kunci staycation jakarta yang posisinya cukup tinggi dalam mesin pencarian. 

 

Semakin banyak orang merasa cukup berlibur dengan konsep staycation Jakarta karena provinsi tersebut punya fasilitas dan destinasi urban uang mumpuni. Trotoar dan taman kota di Jakarta cukup layak sebagai tempat melepas penat.

 

Terdapat pola yang cukup unik terkait staycation Jakarta yakni tingkat hunian hotel dan lama tinggal yang berbanding terbalik. Tren staycation berpotensi untuk dikelola keberlanjutannya melalui peningkatan atraksi di ruang publik yang lokasinya berdekatan dengan tempat penginapan.

 

Seluruh speaker sepakat bahwa yang diutamakan saat ini adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan. Bagi pemilik usaha wisata baik penginapan maupun resto harus menerapkan protokol CHSE dan mengadopsi teknologi digital seperti pembayaran cashless agar konsumen senantiasa merasa aman dan nyaman. Konsumen pun wajib menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan untuk menjaga keselamatan diri dan orang di sekitarnya.

 

Selain itu, ada beberapa strategi yang saat ini sedang digencarkan untuk mengembalikan “nyawa” pariwisata Indonesia. Salah satunya kampanye #DreamNow, #TravelTomorrow. Intinya adalah menciptakan konten-konten wisata yang mampu menarik masyarakat domestik maupun luar negeri dan memunculkan keinginan mereka untuk melakukan booking meski perjalanan belum dilakukan dalam waktu dekat. Harapannya, setelah memperoleh pengalaman wisata yang memikat, metode ini akan menciptakan words of mouth pada kerabat dan orang di sekitar wisatawan tersebut.

 

Sebagai millennials dan generasi yang dekat dengan internet, Anda pun dapat berpartisipasi dengan membagikan konten-konten media sebagai konsep creative tourism. Hal ini pun banyak diadopsi travel agent karena prinsipnya mereka tak boleh kehilangan perhatian dan awareness konsumen meski revenue menurun drastis.

 

Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi top memiliki strategi wisata integrasi dengan membangun destinasi yang lebih dari sekedar wilayah transit. Promosi labuan bajo akan berjalan berbarengan dengan promosi wilayah sekitarnya. Hal ini diwujudkan melalui pembangunan fasilitas dan infrastruktur dengan point-point dan alur wisata yang terencana dan terorganisir.

 

Tren pariwisata pun terus bergerak seiring pandemi. Staycation diperkirakan masih akan menjadi primadona ide liburan hingga 2-3 tahun ke depan. Bahkan, bisa jadi semakin populer dengan adanya konsep “work from anywhere.” 

 

Jangan ketinggalan info-info menarik mengenai TECHMinar lainnya yang selalu mengusung tema kekinian. Ikuti TECHMinar Kreen Indonesia lainnya dengan mengunjungi media sosial kami di @KreenIndonesia ya, sobat.