Alasan YouTube & Google Sempat Down, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Posted By smartcomputerindo | 15 January 21 | Business Insight

Pengguna aplikasi populer YouTube dan Google sempat digegerkan beberapa hari lalu karena keduanya mengalami down atau error. Beberapa pengguna mendapat notifikasi offline, sementara layar pengguna lainnya disuguhi keterangan server down. Apa penyebab kedua perusahaan raksasa tersebut mengalami error pada aplikasi mereka?

 

Keterangan yang diperoleh dari status dashboard Google menyebutkan bahwa teknisi Google menyadari adanya gangguan pada layanan mereka. Seorang juru bicara Google mengatakan bahwa tumbangnya layanan Google terjadi mulai pukul 03.47 PT atau pukul 18.47 WIB dan berlangsung dalam kisaran waktu 45 menit.

 

Tak hanya YouTube, layanan Google lainnya seperti Gmail, Google Drive, Google Hangouts, dan Google Meet juga turut bermasalah sejak 06.25 pagi ET atau sekitar pukul 18.25 WIB. Menurut laporan The Verge, Google Workspace seperti Docs, bahkan smart home gadgets seperti Google Assistant juga ikut mengalami down. Contohnya saja Nest Hub smart display yang tak mampu mengontrol smart heater yang terkoneksi.

 

Aplikasi dan layanan pihak ketiga yang menggantungkan back-end mereka pada Google, seperti Pokemon Go juga dikabarkan mengalami gangguan.

 

Brett Jordan/Unsplash

 

Juru bicara Google menyebutkan bahwa error dan down yang terjadi disebabkan oleh ketersediaan internal storage dan kegagalan alat autentifikasi perusahaan. Alat ini mengatur cara pengguna masuk ke layanan yang dijalankan oleh Google dan developer pihak ketiga.

 

Juru bicara Google menambahkan seharusnya alat internal perusahaan mengalokasikan penyimpanan yang cukup ke layanan yang menangani otentifikasi. Namun, tampaknya tugas ini gagal dijalankan karena sistem mengalami crash.

 

Bila diibaratkan, hal ini layaknya desktop komputer yang mencoba beroperasi dengan hard drive yang penuh. Akhirnya, pengguna tak dapat mengakses layanan yang ada karena hard drive tidak mampu memproses perintah.

 

Polina Zimmerman/Unsplash

 

Pemadaman atau kegagalan program ini dilaporkan dari banyak negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Jepang, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, gangguan terjadi sekitar pukul 18.55 WIB. Pengguna melaporkan tak bisa membuka YouTube, Gmail, Google Drive, dan layanan toko aplikasi Android Play Store. Tagar #YouTubeDown juga sempat menjadi trending topic hangat di Twitter.

 

Sekitar 30 menit berselang, tepatnya pukul 19.35 WIB, layanan YouTube pun kembali dapat diakses oleh pengguna yang sempat mengeluhkan error. Begitu juga dengan Juru Bicara Google yang mengumumkan pulihnya sistem otentikasi pada 4.32 PT atau sekitar 19.32 WIB.

 

Bila Anda masih mengalami error saat mengakses produk Google, coba atasi dengan tips cara mengatasi pesan “terjadi masalah saat berkomunikasi dengan server Google” berikut.

 

Sumber

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/15/08160327/google-jelaskan-penyebab-youtube-gmail-dkk-tumbang-tadi-malam

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20201214195903-37-209054/google-ungkap-biang-kerok-youtube-gmail-cs-down-bersamaan

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20201215132223-37-209212/gmail-youtube-down-google-salahkan-kuota-internal-storage

https://www.theverge.com/2020/12/14/22173803/gmail-youtube-google-assistant-docs-down-outage