Hobby: The Fun Way to Learn Language, Memahami Bahasa Asing Sebagai Aset

Posted By smartcomputerindo | 05 January 21 | Event

 

Survei EF Education First tahun 2020 menunjukkan bahwa kemampuan bahasa Inggris paling banyak dicari oleh perusahaan saat ini. Pasalnya, persaingan di sektor swasta mendorong banyak perusahaan mengutamakan kecakapan bahasa Inggris dalam berinvestasi dan berbisnis. Inilah mengapa mempelajari skill bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya dapat menjadi benefit bagi karier dan pengembangan diri di masa depan.

 

Tahun 2020 yang penuh tantangan juga menampakkan refleksi lainnya, yakni pentingnya komunikasi yang jelas, transparan, dan mendukung kerja sama lintas batas.

 

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dengan 400 juta orang menjadikannya sebagai bahasa ibu. Bahasa Inggris tak hanya menyatukan manusia dari berbagai warga negara, namun juga menjadi bahan pertimbangan para pembuat kebijakan dalam mengevaluasi dan memperkuat kemampuan pembelajaran bahasa bagi organisasi maupun pemerintah.

 

Tak sampai di situ saja, ternyata ada hubungan erat antara kondisi ekonomi serta jumlah pendapatan negara dengan kemampuan bahasa Inggris penduduknya. Data Bank Dunia tahun 2017 memperlihatkan kecenderungan bahwa negara yang memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris memiliki peningkatan pendapatan perkapita.

 

Belajar bahasa Inggris tak lagi sekedar kewajiban untuk mendapat nilai atau peringkat yang bagus di sekolah, namun juga bekal untuk menghadapi tantangan globalisasi.

 

Bukan hanya bahasa Inggris, beberapa bahasa asing lainnya juga akan memberikan keuntungan bagi pembelajarnya. Misalnya, bahasa Mandarin.

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa China adalah salah satu negara dengan level ekonomi tinggi. Banyak perusahaan besar secara rutin menjalin hubungan dengan negara ini, sehingga sumber daya manusia yang mampu berkomunikasi dengan bahasa Mandarin akan memiliki nilai plus di mata recruiter

 

Apalagi, di awal tahun 2019, China menjadi negara kedua terbesar yang menanamkan modalnya di Indonesia. Peluang yang tercipta dari proses investasi dan kerjasama bisnis tentu makin terbuka lebar.

 

Selain menjadi modal atau aset, belajar bahasa asing pun memiliki sederet manfaat lainnya. Mempelajari bahasa asing mengharuskan otak untuk mengatasi kompleksitas dan pola-pola baru dari sebuah kata atau istilah. Secara tak langsung, kita pun akan dilatih untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan berpikir kritis. 

 

Penelitian dari University of Edinburgh menunjukkan bahwa secara khusus orang bilingual mendapat skor yang lebih baik dalam tes membaca, kefasihan verbal, dan kecerdasan, yang artinya itu sangat membantu para bilingual menjadi siswa yang lebih baik. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Child Psychology pun menyorot bagaimana pengaruh belajar bahasa asing memperkuat daya ingat anak.

 

Sebagian besar orang takut memulai belajar bahasa asing karena khawatir akan kesulitan dalam prosesnya. Padahal, banyak cara belajar bahasa Inggris, bahasa Mandarin, maupun bahasa lainnya secara otodidak yang sifatnya sederhana dan menyenangkan. Film dan musik adalah salah satunya. 

 

Menonton film akan membuat Anda mempelajari bahasa dalam bentuk percakapan sehari-hari yang terasa natural dan tak formal seperti di kursus. Anda juga bisa belajar idiom maupun slang yang bisa menghindarkan Anda dari kesalahpahaman dan membantu memproses kata-kata berdasarkan konteks. Selain itu, vocabulary Anda pun akan bertambah tanpa Anda sadari. 

 

Musik adalah bahasa universal yang dapat dinikmati semua orang tanpa perlu memahami artinya. Melalui melodi yang menyentuh, kita sering tergerak untuk mencari lirik dari lagu tersebut. Musik berbahasa asing akan melatih kemampuan listening Anda melalui pengulangan secara alami. Apalagi, Anda dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja.

 

Adakah tips lainnya untuk belajar bahasa asing? Mengapa kita sangat perlu belajar bahasa asing, terutama di masa pandemi ini? 

 

Temukan jawabannya di TECHMinar Hobby: The Fun Way to Learn Language yang akan dihadiri oleh Rizka Adlina (Korean Tutor & Interpreter), Nadia Fristika Romadhona (Polyglot Indonesia chapter Yogyakarta & Founder & Podcaster "Lavanya Podcast"), Marsellya Crissantie (Maru Sensei & Japanese Tutor My Podemy), serta Azzah Farras (Student & Bookstagrammer @readorables).

 

Acara ini akan diadakan 7 Januari 2021, daftarkan diri Anda sekarang untuk mendapat ilmu dan e-certificate secara cuma-cuma!

 

Sumber

https://ekbis.sindonews.com/read/240142/34/survei-membuktikan-persaingan-mencari-kerja-masih-melihat-kemampuan-ini-1605899497

https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/pentingnya-belajar-bahasa-inggris-untuk-masa-depan/

https://www.kompasiana.com/annisalisya/5e58d15ed541df4adb66cde5/tidak-melulu-untuk-hiburan-film-sebagai-media-belajar-bahasa-inggris

https://www.topkarir.com/article/detail/5-alasan-pentingnya-belajar-bahasa-mandarin-untuk-berkarir

https://namsankoreancourse.com/information-promos/10-keuntungan-belajar-bahasa-asing/

https://www.wallstreetenglish.co.id/english-tips/belajar-bahasa-inggris-melalui-musik/

https://www.bbc.com/indonesia/majalah/2014/08/140811_majalah_lain_musik_bagus_untuk_bahasa