5 Manfaat Teknologi Pengenalan Wajah untuk Cegah COVID-19

Posted By smartcomputerindo | 02 March 21 | Productivity

Beragam adaptasi teknologi mulai berkembang secara global sebagai salah satu dampak pandemi. Semua orang ingin teknologi yang mampu mengakomodir gaya hidup baru mereka, misalnya dalam menjalani aktivitas saat new normal. Salah satu tren yang sedang meningkat adalah teknologi pengenalan wajah yang dianggap bisa berkontribusi mencegah COVID-19. Ini dia 5 manfaat teknologi pengenalan wajah yang perlu kamu tahu!

  1. Mempermudah Arsip Data Kependudukan

Kevin Ku/Pexels

 

Data kependudukan membutuhkan sistem arsip yang mumpuni dalam hal pengumpulan maupun penyimpanan.Salah satu upaya untuk meningkatkan sektor ini ditunjukkan oleh Kementerian Dalam Negeri. Sejak September 2018, akurasi data kependudukan ditingkatkan melalui penerapan face recognition.

 

Sistem ini merupakan perpanjangan dari data KTP yang terintegrasi.Teknologi pengenalan wajah akan dipakai sebagai alat identifikasi. Data yang dikumpulkan akan digunakan untuk mengetahui pemilik wajah tersebut maupun berapa orang yang mirip. Hal ini bisa dilakukan di tempat-tempat umum seperti bandara, kantor, dan hotel.

 

Melalui data pemotretan wajah di KTP, face recognition bisa diterapkan pada seluruh penduduk yang telah merekam data diri mereka. Bahkan, di masa depan, proses identifikasi penduduk diprediksi hanya memakan waktu 1-2 detik saja.

  1. Membantu Diagnosa Kesehatan

creativeart/freepik

 

Teknologi pengenalan wajah mampu membantu diagnosa penyakit. Contohnya terlihat dari National Human Genome Institute Research Institute yang memanfaatkan teknologi pengenalan wajah untuk mendeteksi penyakit DiGeorge Syndrome. Penyakit ini adalah suatu kondisi saat kromosom ke-22 dari pasien menghilang. Cara yang dilakukan para dokter adalah membandingkan 156 pasien dari etnis Asia, Afrika, dan Amerika Latin dengan orang yang tak memiliki penyakit.

 

  1. Mempermudah Transaksi Ekonomi

vectorpcoket/freepik

 

Negara-negara besar seperti Cina telah menerapkan sistem pembayaran non-tunai dengan teknologi pengenalan wajah. Saat ini juga telah berkembang sistem pengenalan wajah untuk memverifikasi pengguna ATM. Caranya dengan membandingkan tangkapan kamera dengan foto pada database perbankan.

 

  1. Memperkuat Sistem Keamanan Perangkat

rawpixel/freepik

 

Tren teknologi pengenalan wajah telah menyusupi aktivitas terkecil seperti penggunaan smartphone. Sebut saja beberapa series Vivo, Samsung, Oppo, dan Xiaomi yang memasang fitur Face Unlocking pada ponsel mereka. Penelitian Journal Applied Intelligent System juga menunjukkan bahwa teknologi semacam ini bisa diterapkan pada perangkat lain. Contohnya, pengamanan laptop menggunakan triangle face journal. Sistem face recognition ini mempunyai tingkat akurasi 93,3% dan kesalahan 6,7%. 

 

  1. Memudahkan Sistem Akses dan Mobilitas

fanjianhua/freepik

 

Kebanyakan kantor yang masih WFH mungkin harus membaca artikel mengenai cara membuat absensi online dengan ZOHO Form.

 

Namun, ketika karyawan harus kembali bekerja di kantor, perlu menjadi catatan bahwa keadaan pasca COVID-19 tak lagi sama. Teknologi pengenalan wajah dapat menjadi kontrol akses kantor atau gedung sekaligus sistem presensi baru yang lebih aman melalui basis contactless.

 

Untuk memastikan keamanan dan kesehatan seluruh karyawan, perusahaan Anda dapat beralih pada Bosch Touchless Access Control Solution.  Terdiri dari kamera, facial recognition software, dan modular control yang mumpuni, solusi keamanan ini memastikan orang-orang yang memasuki gedung telah memiliki izin meski tak perlu meletakkan sidik jari atau kartu pada alat pemindai. 

 

Kamera yang terhubung pada sistem konfigurasi back-end hanya akan membuka akses pada seseorang yang dikenali dalam jarak tertentu. Alat ini tak sembarangan terbuka dan dapat memahami bila ada kecurangan seperti “menumpang akses” dari orang lain melalui sistem blacklist dan whitelist. Seluruh wajah yang telah direkam dalam sistem dapat diawasi dan dipantau selama berada dalam gedung. 

 

Alat ini juga bekerja dalam beragam kondisi, termasuk penerangan yang tak memadai, pemakaian hoodie, topi, hingga kacamata hitam.

 

Bosch Touchless Access Control Solution dapat didapatkan di penyedia perkakas IT Smartcomputerindo. Tak perlu khawatir dalam pemakaian karena Smartcomputerindo menyediakan garansi original yang dilengkapi layanan purna jual. Bahkan, tersedia layanan antar-jemput barang bagi wilayah Pekanbaru dan Jakarta. 

 

Dapatkan Bosch Touchless Access Control Solution dalam sekali transaksi yang praktis dan mudah lewat laman smartcomputerindo.com.

 

Sumber

https://socs.binus.ac.id/2019/12/03/19-manfaat-pengenalan-wajah/#:~:text=Pengenalan%20wajah%20dapat%20digunakan%20dalam,akan%20masuk%20ke%20suatu%20negara.

http://dukcapil.gunungkidulkab.go.id/face-recognition-tingkatkan-akurasi-data-kependudukan/

http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/jais/article/download/1031/771

https://selular.id/2018/11/mengetahui-cara-kerja-fitur-pemindai-wajah-di-smartphone/

https://www.era.id/read/oeUoZ8-kecanggihan-sistem-pengenal-wajah-android

https://nasional.kompas.com/read/2018/11/19/16124611/kemendagri-kembangkan-data-kependudukan-berbasis-face-recognition

https://techno.okezone.com/read/2017/03/30/56/1654730/ilmuwan-gunakan-software-pengenal-wajah-untuk-deteksi-penyakit-langka