Start Your Healthy Habit 2021, Realisasikan Hidup Sehat Sedini Mungkin

Posted By smartcomputerindo | 07 January 21 | Event

 

Sadarkah Anda bahwa sebagian besar uang Anda dialokasikan untuk produk makanan dan turunannya? Pangan sebagai kebutuhan primer manusia memang tak bisa dipisahkan dari setiap aktivitas harian. Namun, membangun gaya hidup sehat, termasuk dalam pola makan bisa mengurangi biaya-biaya yang membengkak dari kebiasaan jajan fast food & snack, lho.

 

Coba perhitungkan alokasi biaya untuk membeli boba, junk food, dan makanan ringan lainnya. Meski terlihat kecil dan remeh karena dibeli dalam porsi harian, angka totalnya dalam setahun mungkin bisa membuat Anda mengernyitkan dahi.

 

Selain itu, ada bahaya tersembunyi yang mengintai akibat terlalu banyak jajan makanan yang tak sehat. Porsi konsumsi junk food, minuman bersoda, dan makanan kemasan yang terlalu intens dapat membuat badan terlalu cepat lelah. Tubuh Anda juga berpotensi mengalami rasa lemas dan mudah lapar.

Hal ini berbeda jika Anda mulai mencoba kebiasaan pola makan sehat. Buah dan sayur organik akan membuat Anda merasa lebih bugar dan sehat setiap harinya. Efek jangka panjangnya adalah penghematan biaya penanganan kesehatan. 

Pola makan sehat yang dibarengi dengan olahraga juga akan meningkatkan produktivitas. Kebiasaan buruk seperti merokok, begadang, meminum alkohol dapat mengakibatkan sulit tidur dan kurang istirahat. Alhasil, mood yang buruk membuat Anda sulit berkonsentrasi, mudah marah, lelah, dan stress hingga sulit merampungkan pekerjaan.

 

Dengan kondisi tubuh yang prima, Anda dapat memperbaiki kondisi mental tanpa harus terjebak dalam kebiasaan buruk untuk meredam stress. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang bernutrisi ternyata memberikan dampak baik terhadap fungsi otak. 

 

Menurut Mayo Clinic, berolahraga dan makan makanan sehat merupakan cara pola hidup sehat yang bermanfaat bagi mood atau suasana hati Anda. Ini dikarenakan aktivitas fisik bisa merangsang keluarnya produksi hormon endorfin. Endorfin adalah zat kimia otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan rileks. 

Setelah  menerapkan pola hidup sehat, lama-kelamaan kebiasaan baik lainnya juga akan terbangun. 

Sayangnya, tak banyak yang tahan untuk melakoni cara-cara hidup sehat. Kebanyakan dari mereka merasa takut beradaptasi sehingga berpotensi menyerah di tengah jalan. Secara medis, kondisi ini dapat dikategorikan sebagai inertia, yakni sebuah mekanisme yang memberikan perlawanan terhadap perubahan yang positif sekalipun.

Masih juga ada tantangan lainnya seperti lingkungan dan konsistensi dalam menjalankan pola hidup sehat. Lantas, bagaimana strategi untuk mengatasinya?

Ikuti Webinar Kreen Indonesia bertajuk Start You Healthy Habit 2021 yang akan dihadiri oleh Alia Noorayu Laksono (Staf Khusus Menteri Pemuda & Olahraga RI), dr. Mutiara Lirendra. Dokter umum (Founder @partnersehatku), Junian Cahyanto Wibawa (Founder of Sport & Health Institute), Aditya Haris (CBO of DOOgether), Tiara (Health Coach and Certified Intuitive Eating Counselor).

Selain mendapat insight menarik soal gaya hidup sehat, Anda juga dapat bergabung dalam zumba gratis melalui virtual workout dari pukul 09.00-09.40 oleh Eday (Zumba Instructor Roccaspace)!

Lakukan pendaftaran sekarang melalui QR Code yang tertera!

Sumber

https://www.cermati.com/artikel/4-alasan-mengapa-gaya-hidup-sehat-sangat-dianjurkan-untuk-anda

https://www.99.co/blog/indonesia/manfaat-hidup-sehat-fisik-mental/

https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/pola-hidup-sehat-tidak-didukung-keluarga/#gref

https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/inertia-dan-tantangan-menuju-pola-hidup-sehat