Memilih Proyektor Ramah Lingkungan untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Posted By smartcomputerindo | 10 August 20 | Productivity

Penggunaan proyektor ternyata memakan konsumsi listrik paling besar di perkantoran, institusi, maupun lembaga pendidikan. Pasalnya, proyektor standar memiliki daya konsumsi 287 watt dan bisa digunakan hingga enam sampai delapan jam sehari. Selain boros energi, tentu biaya yang perlu dikeluarkan juga tak sedikit. Saatnya memilih proyektor ramah lingkungan yang lebih menguntungkan, terutama bagi bisnis kecil dan menengah!

Menghemat Daya & Energi

Neonbrand/Pexels

 

Survei lembaga Accenture tahun 2019 menunjukkan bahwa 83% dari 6.000 responden di Amerika Utara, Eropa, dan Asia merasa bahwa sangat penting bagi suatu perusahaan untuk menciptakan desain ramah lingkungan pada produk mereka. Tak heran mengapa sekarang gaung “eco-friendly” merambah ke berbagai sektor bahkan dijadikan nilai tambah utama untuk menarik konsumen. 

 

Kebanyakan proyektor ramah lingkungan dibuat dengan tujuan untuk sustainability alias pemanfaatan energi jangka panjang dan berkelanjutan. Selain hemat daya dan energi, mereka bersifat lebih tahan lama. Pada fitur-fitur seperti lampu dan rangka akan disisipkan beragam “eco-mode” yang menggunakan lebih sedikit daya listrik atau mengurangi emisi karbon. 

 

Beberapa dari mereka juga memiliki fitur yang berfungsi untuk merawat perangkat dalam jangka lama. Ini berarti memilih proyektor ramah lingkungan dapat menjadi aset bagi bisnis kecil dan menengah untuk mendukung usaha mereka dalam waktu lama.

Memotong Pengeluaran Biaya

Pressfoto/Freepik

 

Pengeluaran biaya otomatis akan berkurang seiring dengan minimnya daya listrik yang dibutuhkan. Kini, meski digunakan berjam-jam, proyektor ramah lingkungan didesain agar tak membuang-buang cost seperti saat memakai proyektor konvensional.

 

Dengan memilih proyektor ramah lingkungan, bisnis kecil dan menengah akan sangat terbantu dalam pengelolaan usaha mereka. Kebutuhan meeting dan presentasi bisnis terpenuhi melalui pengeluaran biaya yang tepat sasaran. 

 

Bisnis kecil dan menengah tak perlu lagi mengkhawatirkan penggunaan daya dan energi yang membengkak. Sebagai gantinya, mereka bisa fokus menciptakan produk atau layanan bagi konsumen dan menginvestasikan biaya daya tersebut untuk mengembangkan aspek lain.

Memilih Proyektor Ramah Lingkungan yang Tepat

Yolk CoWorking/Unsplash

 

Meski hemat daya dan memangkas biaya, dalam memilih proyektor ramah lingkungan tetap tak boleh mengabaikan kualitas produk tersebut. Setidaknya ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan saat memilih proyektor jenis apapun, termasuk yang eco-friendly.

 

  1. Sesuaikan kecerahan (brightness) dengan jumlah orang dan luas ruangan

Kecerahan proyektor diukur dengan ANSI lumens atau lumens. Kecerahan tinggi belum tentu baik. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih kecerahan proyektor. Misalnya saja ambient lighting atau kecerahan dalam sebuah ruangan. 

 

Presenter meeting biasanya memilih level tengah kecerahan yang masih bisa ditatap secara normal oleh mata serta mampu mengakomodasi interaksi dan pergerakan dalam ruangan. Pastikan kecerahan ruangan itu sendiri. Proyektor yang terlalu terang di ruangan gelap bisa membuat mata sakit. Pada sisi lain, proyektor yang terlalu rendah cahayanya tak akan tampak di ruang dengan pencahayaan yang sudah terang. 

 

Jumlah audiens juga perlu diperhatikan. Ruangan berukuran 60-80 inchi yang mampu menampung 20-30 peserta bisa menggunakan proyektor dengan tingkat kecerahan 2.000-3.000 lumens.

 

  1. Teknologi Proyeksi yang Digunakan

Proyektor umumnya memiliki dua jenis teknologi proyeksi yakni DLP (Digital Light Processing) dan LCD (Liquid Crystal Display). Jenis yang paling baik dan paling sering digunakan adalah DLP. Teknologi satu ini lebih tahan lama karena memiliki desain bebas filter yang mengurangi kebutuhan untuk membersihkan dan mengganti filter. DLP juga memiliki frekuensi kegagalan mesin dibanding teknologi lainnya.

 

  1. Warna dan kontras

Hal ini bergantung pada Color Processing Technology (CPT) dan rasio kontras yang digunakan. CPT yang baik mampu mengakomodasi ruangan gelap maupun terang. Selain itu, CPT bisa menghasilkan beragam jangkauan warna secara detail, serta pengaturan lampu, kecerahan, maupun mode grayscale yang dinamis. Rasio kontras adalah perbandingan komponen hitam dan putih dari suatu gambar.

 

  1. Resolusi

Resolusi adalah jumlah pixel yang dibutuhkan dalam menampilkan suatu gambar. Semakin tinggi resolusi, semakin tinggi pixelnya. Resolusi yang tinggi bisa menampilkan detail bahkan ketika gambar dikenai fitur zoom. Bila proyektor memiliki rasio kontras yang tinggi, maka produk tersebut punya kemampuan lebih tinggi dalam menampilkan image yang “deep”.

 

  1. Konektivitas

Konektivitas yang baik akan memangkas waktu dan efisiensi saat menyiapkan presentasi. Dual HDMI input bisa menyediakan fleksibilitas dalam hal pemasangan dan instalasi.

 

Eco-Friendly XGA Business Projector MC532 bisa menjadi alternatif proyektor mumpuni bagi bisnis kecil dan menengah. Dibandrol dengan harga bersahabat bagi pelaku usaha, proyektor ini mampu mengakomodasi kebutuhan meeting dan presentasi dengan biaya seminimal mungkin.

Benq.com

Sebagai proyektor ramah lingkungan, Eco-Friendly XGA Business Projector MC532 memiliki fitur andalan Smart Eco Mode yang mengurangi penggunaan daya lampu hingga 70%. Angka ini menunjukkan bahwa lampu pada proyektor dapat bertahan hingga 15.000 jam. Anti Dust-Accumulation Sensor akan mengurangi penumpukan debu sehingga perangkat lebih terjaga dan tahan lama, otomatis mengurangi biaya perawatan.

Meski ramah lingkungan dan ramah di kantong, proyektor keluaran BenQ ini memiliki kualitas jawara. Dilengkapi 3300 Ansi Lumen High Brightness dan 15.000:1 High Contrast, proyektor ini mampu menampilkan presentasi basic hingga konten multimedia secara detail dan warna semirip mungkin dengan aslinya. Tampilan gambar juga didukung dengan Infographic Mode untuk menampilkan data-data yang penting bagi bisnis Anda. Memiliki masalah dengan warna dinding yang tidak putih? Ada Wall-Color Correction yang akan memastikan warna presentasi tetap netral dan sesuai dengan file aslinya.

Benq.com

Didukung dual HDMI, Anda dapat dengan mudah menyambungkan proyektor ini dengan file pada berbagai perangkat digital. Pemasangan proyektor ini pun sangat mudah. Top Lamp Door akan memudahkan proses penggantian lampu. Ada Ergonomic Retractable Foot untuk mendukung mobilitas saat presentasi. Selain itu, ada fitur pengamanan Kensington Lock untuk menjaga data perusahaan tetap aman dari kerusakan dan pencurian. 

Dapatkan Eco-Friendly XGA Business Projector MC532 dengan harga spesial yang cocok bagi usaha kecil dan menengah sekalipun di Smartcomputerindo, penyedia perkakas kantor dan IT terlengkap. Dengan membeli proyektor ini di Smartcomputerindo, Anda akan langsung menerima garansi ori dan layanan purna jual yang meliputi service center dan konsultasi pemasangan produk.  Saatnya membeli Eco-Friendly XGA Business Projector MC532 sebagai investasi aset untuk menunjang kelancaran riset bisnis Anda. 

Sumber

https://www.benq.com/en-in/projector/meeting-room/mx532cope.html

https://books.google.co.id/books?id=Md60DwAAQBAJ&pg=PA276&dq=proyektor+kantor&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwizxN7HxIDrAhUVfX0KHcAjBtUQ6AEwAXoECAUQAg#v=onepage&q=proyektor%20kantor&f=false

https://www.benq.com/id-id/knowledge-center/benq-knowledge-projector/3-steps-buying-guide-business-projector.html

https://www.viewsonic.com/library/business/how-choose-right-business-projector/

https://republika.co.id/berita/koran/inovasi/16/05/12/o71y481-tren-baru-proyektor-ramah-lingkungan

https://www.businessnewsdaily.com/15087-consumers-want-sustainable-products.html