3 Tips Membeli Peralatan Kantor Secara Efisien

Posted By smartcomputerindo | 05 August 20 | Productivity

Sebagian besar perusahaan memilih membeli peralatan kantor karena fasilitas ini dipandang sebagai aset yang dapat digunakan sesuai keinginan. Meski begitu, terdapat banyak pertimbangan sebelum memutuskan produk mana yang akan dipilih untuk menyesuaikan anggaran. Inilah 3 tips membeli peralatan kantor secara efisien!

Perencanaan Pembelian Produk

Nortfolk/Unsplash

 

Peralatan kantor adalah aspek penting bagi sebuah bisnis. Anda menginvestasikan fasilitas ini dalam rangka mempermudah pekerjaan karyawan, meningkatkan komunikasi dengan klien, serta sebagai strategi untuk menjalankan bisnis secara optimal. 

 

Hal pertama yang harus dipikirkan saat membeli peralatan kantor adalah memahami kebutuhan kantor Anda. Rangkai seluruhnya dalam sebuah rencana yang spesifik. Mulai dari prioritas seperti apa yang Anda utamakan dan volume produksi yang dibutuhkan. Peralatan kantor yang baik haruslah sesuai dengan kebutuhan. 

 

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan adalah:

  • Tujuan pembelian sebuah produk

  • Kecocokan produk dengan target aktivitas kantor

  • Spesifikasi peralatan dan biaya peralatan

  • Proses, kemudahan, dan kecepatan termasuk biaya operasional peralatan

  • Fitur keamanan dan fleksibilitas peralatan

  • Standarisasi peralatan

Membandingkan Harga dan Kualitas

Charles Deluvio/Unsplash

 

Setelah menemukan jenis peralatan yang cocok untuk suatu task atau aktivitas kerja, saatnya membandingkan harga dan kualitas dari beberapa produk. Cari referensi dari berbagai perusahaan, beragam jenis peralatan dan fitur. 

 

Pertimbangkan antara selisih harga dan kualitas, tak hanya jangka pendek namun secara berkelanjutan. Lebih baik memilih peralatan yang sedikit lebih mahal bila memiliki support service dan maintenance yang lebih memadai demi daya tahan perangkat di masa depan.

 

Jangan ragu mencari rekomendasi dari perusahaan lain saat membeli peralatan kantor. Bagaimana pengalaman berbelanja produk tersebut, apakah harganya sepadan dan memiliki layanan purna-jual yang baik? Selain itu, jangan lupa membaca review dan feedback yang kini sangat mudah ditemukan di internet. 

 

Memilih Vendor yang Tepat

Nordwood Themes/Unsplash

 

Setelah memahami rencana, tujuan, dan membandingkan produk yang diincar, saatnya menghubungi vendor yang bisa memfasilitasi transaksi Anda. Diskusikan dengan vendor tersebut mengenai kebutuhan Anda. Sebut saja negosiasi harga yang diinginkan hingga ekspektasi maintenance produk.

 

Perlu dicatat bahwa Anda sebaiknya memilih vendor dengan reputasi yang baik. Selain itu, pastikan mereka memiliki support yang cukup bagi teknologi kantor Anda. Vendor tersebut perlu menjamin garansi atau kontrak servis. Aspek-aspek ini berguna untuk menghindari kerugian saat membeli peralatan kantor.

 

Smartcomputerindo merupakan penyedia perkakas kantor dan IT terlengkap bagi kantor Anda. Segala office automation hingga IOT Solution dapat Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan Anda. 

 

Smarcomputerindo juga berkomitmen menjadi vendor terpercaya bagi konsumen. Setiap pembelian dijamin melalui garansi original dan layanan purna-jual yang mumpuni melalui keberadaan service center dan layanan antar jemput barang bagi wilayah Pekanbaru dan Jakarta. Klik laman smartcomputerindo.com sekarang untuk mengenal lebih jauh soal kami.

 

Sumber

https://www.datamaxarkansas.com/blog/how-to-select-the-right-office-equipment-for-your-business#:~:text=Be%20honest%20about%20your%20volume,a%20job%20is%20too%20large.

https://www.thermocopy.com/5-common-sense-tips-choose-best-office-equipment/

https://silo.tips/download/chapter-3-office-equipment-and-furniture