Memilih PC All in One yang Tepat untuk Kebutuhan Kantor

Posted By smartcomputerindo | 10 August 20 | Productivity

PC All in One semakin diminati banyak perusahaan karena membawa efisiensi dalam setiap proses bisnis. Pengertian “All in One” berasal dari ukurannya yang ringkas karena CPU telah tertanam pada layar monitor. Yuk, kenalan dengan perangkat ini, pahami manfaat dan panduan dalam memilih PC All in One yang tepat untuk kebutuhan kantor!

Manfaat Penggunaan PC All in One Bagi Perusahaan

lifeforstock/Freepik

 

Hemat listrik, hemat perangkat = Hemat anggaran

Bukan tanpa alasan banyak perusahaan mulai beralih pada PC All in One. Pertama, PC in cenderung hemat listrik. Kebanyakan dari perangkat ini menghasilkan panas yang rendah. Efeknya, terjadinya overheating akan berkurang sehingga daya listrik dapat terpakai secara efisien. 

 

Kedua, hemat perangkat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, PC All in One telah menggabungkan CPU dalam monitor. Artinya, Anda tak lagi perlu membeli kedua perangkat ini secara terpisah.

 

Meski begitu, komponen PC All in One sesungguhnya memiliki kualitas sama dengan laptop dan desktop komputer. Untuk itu, Anda dan karyawan tak perlu khawatir karena kecepatan dan keunggulan komputasi menggunakan PC ini tetap terjaga selayaknya pada laptop dan desktop konvensional.

 

Tidak ada kabel yang tak beraturan

Salah satu kekurangan menggunakan PC biasa adalah keribetan dalam mengatur kabel yang berserakan. Sebut saja kobel power, mouse, speaker, monitor, keyboard. Selain tampak tidak rapi, kabel yang tak beraturan bisa menimbulkan potensi kecelakaan seperti korsleting atau menyandung kaki orang lain. PC All in One menghilangkan PR ini untuk Anda karena perangkat ini hanya memiliki 2 jenis kabel pada display dan instalasi luarnya, yakni kabel power dan mouse atau keyboard. Bahkan, kabel untuk mouse dan keyboard kini juga dieliminasi dengan hadirnya wireless mouse dan wireless keyboard

Menghemat space di kantor

PC All in One lebih fleksibel untuk semua ukuran kantor. Bila Anda termasuk salah satu pebisnis yang baru saja merintis usaha, tak perlu khawatir karena PC jenis ini tak membutuhkan banyak tempat. Bila tadinya Anda setidaknya harus punya wadah untuk meletakkan monitor, CPU, dan keyboard, sekarang space bagian bawah yang biasa digunakan untuk CPU bisa dimanfaatkan dengan leluasa. Beberapa PC All in One bahkan dapat digantungkan di dinding melalui teknologi wallmount sehingga tak lagi membutuhkan meja.

Pemakaian yang mudah

Salah satu alasan orang malas memakai PC adalah kesulitan saat instalasi. Anda harus memasang beragam kabel dari berbagai fitur mulai dari monitor, keyboard, hingga CPU sesuai petunjuk. Seluruh proses yang rumit ini akan disederhanakan dengan memilih PC All in One, pasalnya perangkat ini cukup dihubungkan dengan sumber listrik dan langsung dapat dipakai sesuai kebutuhan. Just plug and play.

 

Kriteria Memilih PC All in One yang Tepat

CDC/Unsplash

 

Processor

Procesor tentu sangat penting dalam pertimbangan memilih PC All in One yang tepat. Pasalnya, processor akan menentukan kekuatan sebuah desktop dalam pemrosesan data. Kebanyakan PC All in One dilengkapi dengan prosesor AMD dan intel. Keduanya cukup mumpuni untuk mengerjakan aktivitas umum dalam perkantoran yang melibatkan data dan administrasi. Bila Anda tipe yang multitasker, pilihlah setidaknya PC All in One dengan dual-core processor agar Anda terhindar dari lagging saat bekerja, lebih baik lagi bila Anda memilih PC dengan quad-core processor.

 

RAM

RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan instruksi sementara dari sebuah perangkat. RAM juga bertanggung jawab dalam pemrosesan dan pengolahan informasi. Rata-rata PC All in One dibekali RAM sebesar 2GB. Semakin banyak aktivitas yang perlu dilakukan, RAM berukuran tinggi dapat membantu menyelesaikannya secara optimal.

 

Ruang Penyimpanan

Apakah jobdesk di kantor Anda membutuhkan banyak pengarsipan data? Apakah file yang disimpan lebih banyak berbentuk words dan PPT atau video, music, dan gambar? Hal ini perlu menjadi pertimbangan dalam memilih ruang penyimpanan pada PC All in One. Minimal PC AIO telah menyediakan ruang penyimpanan 500MB hingga 2TB.

 

Ukuran Layar

Ukuran layar patut menjadi pertimbangan karena berkaitan dengan jenis aktivitas yang akan dilakukan di PC All in One. Apakah PC ini akan banyak digunakan untuk administrasi biasa, atau mengerjakan creative task yang dapat berlangsung berjam-jam? Perlu dipikirkan ukuran layar yang dirasa memberikan kenyamanan bagi mata maupun mobilitas karyawan. Selain itu, ukuran layar pun akan berhubungan dengan ukuran ruangan. Ukuran layar di bawah 20 inci umumnya menjadi pilihan bila ruangan kantor Anda cukup terbatas atau tak terlalu luas. Layar seukuran ini sangat pas untuk ruang kelas, laboratorium bahasa, hingga kamar tidur Anda. Pilih PC All in One dengan layar berteknologi LED untuk mendapatkan kecerahan dan ketajaman optimal.

Desain

Desain juga mempengaruhi kegunaan komputer Anda. Ada beberapa PC All in One yang bisa dimiringkan secara fleksibel, ada juga yang tak bisa. Apakah Anda membutuhkan layar sentuh yang lebih mahal atau cukup layar biasa?

 

Rekomendasi PC All in One untuk Kantor Anda

Acer.com

 

Salah satu rekomendasi PC All in One yang tepat untuk skala bisnis besar hingga kecil adalah PC All in One Aspire dari ACER, tepatnya series Aspire C20-720. Hanya merogoh kocek kurang dari 5 juta rupiah, Anda akan memperoleh komputer yang mempermudah pekerjaan kantor Anda.

 

PC All in One Aspire C20-720 memiliki ukuran layar yang tepat untuk berbagai jenis pekerjaan. Memiliki layar sebesar 19,5 inci, pekerjaan yang memiliki ketelitian tinggi (angka dan finance) maupun pekerjaan kreatif (desain dan video editing) mampu terfasilitasi dengan baik. 

 

Layar Aspire C20-220 juga dipersenjatai teknologi LED pada layarnya. Didukung resolusi layar 1600 x 900 piksel HD+, Anda akan merasa nyaman menyaksikan beragam konten multimedia untuk mendukung pekerjaan. Acer menyematkan teknologi Acer BlueLightShield™ pada layar Aspire C20-720 untuk mengurangi paparan sinar biru yang dapat berpotensi membuat mata cepat lelah. 

Perangkat ini juga telah dilengkapi dengan prosesor Intel quad core dengan kecepatan clock 1.60 GHz 64-bit untuk mendukung proses multitasking.

 

RAM yang disediakan cukup mumpuni untuk harga yang bersahabat, yakni sebesar 4GB dengan tipe DDR3L SDRAM siap membantu proses yang kamu jalankan. Bahkan, Anda bisa meningkatkannya sebesar 2 kali lipat bila performanya dirasa kurang. 

Kapasitas penyimpanan juga cukup besar yakni 1TB. Ukuran ini mampu digunakan untuk menyimpan data dari komputasi standar seperti Words atau PPT maupun konten multimedia seperti video, music, dan film.

Body PC yang ramping juga tampak cantik berdampingan dengan interior kantor. Tampilan meja lebih enak dilihat karena tak ada kabel yang berantakan. PC ini mampu memfasilitasi transfer nirkabel dengan cepat melalui fitur wireless IEEE 802 11ac yang dilengkapi pula dengan fitur bluetooth 4.0 + LE.

Untuk menunjang segala kemudahan yang diberikan, Aspire tak lantas melupakan komitmen eco-friendly. Berbekal sistem operasi Free DOS, Aspire C20-220 hanya memakai daya sebesar 45W untuk bagian daya yang dibutuhkan.

Bagaimana? Anda cukup tertarik memakai perangkat murah ini untuk memaksimalkan kinerja di kantor Anda? Smartcomputerindo.com sedang mengadakan diskon besar-besaran. Aspire C20-720 dibandrol Rp 4.689.000 saja dari harga normalnya sebesar Rp 5.210.000. Artinya, Anda menghemat Rp 500.000 untuk dialokasikan pada sumber daya lain! Yuk, klik Smartcomputerindo.com sekarang karena diskon ini hanya sementara! Cek juga perangkat lainnya yang turun harga hingga 10%!

Sumber

https://blog.anugrahpratama.com/panduan-memilih-pc-all-in-one/

https://www.acerid.com/desktop-aio-acer-aspire-c22-866/

https://www.acer.com/ac/en/IN/content/model/DQ.B6ZSI.001

 

https://www.bhinneka.com/acer-aspire-c20-720-celeron-j3060-win-10-all-in-one-skusku14916525