Printer Epson L1110, Pilihan Ekonomis untuk UMKM

Posted By smartcomputerindo | 19 August 20 | Productivity

Sektor industri kreatif diyakini memiliki ketahanan paling tinggi saat krisis terjadi. Tak terkecuali bidang percetakan. Keberadaan printer tentu sangat penting untuk menunjang aktivitas UMKM ini. Printer Epson L1110 dapat menjadi pilihan ekonomis bagi usaha UMKM yang telah bergerak di bidang percetakan maupun baru saja hendak menjejakkan kaki ke arah sana.

 

Menurut riset Mustopa dan Prasetia (2015) tentang peluang dan tantangan UMKM bidang percetakan di era MEA, hingga tahun 2014 saja terdapat 37.250 percetakan berskala kecil hingga menengah, ditambah sekitar kurang lebih 67.500 unit usaha rumah tangga atau mikro di seluruh Indonesia. 

 

Freepik

 

Meski beberapa sektor ekonomi sedang lesu, UMKM yang senantiasa berinovasi dapat bertahan. Contohnya Seru Advertising yang bergerak di bidang percetakan di kota Bukittinggi, yang mengalihkan incaran mereka pada cetak timbul masker kain dan produk kesehatan.

 

Tampaknya tren digital printing, publishing, dan advertising menjadi peluang bisnis yang makin menjanjikan di masa depan.

Memilih Printer yang Tepat untuk UMKM 

Bila Anda mulai tertarik menjajaki bisnis percetakan, Anda butuh printer yang bisa dimanfaatkan secara optimal tanpa memakan terlalu banyak biaya.

 

Printer Epson L1110 EcoTank dapat menjadi pilihan yang pas. Perangkat ini dibandrol dengan kisaran harga dua juta rupiah saja. Meski begitu, proses cetaknya cepat dan memiliki daya tahan yang sangat awet walaupun sering digunakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

epson.co.idEpson EcoTank L1110 Ink Tank Printer 

Bayangkan, printer yang didesain untuk kebutuhan usaha ini mampu mencetak hingga 7.500 halaman untuk tinta warna dan 4.500 halaman untuk tinta hitam putih! Anda pun tak perlu membuang waktu karena printer ini bisa mencetak sangat cepat hingga 10ipm untuk hitam dan 5,0ipm untuk warna. 

Kuantitas banyak bukan berarti mengorbankan kualitas. Printer Epson L1110 menghasilkan gambar dan cetakan prima sesuai kebutuhan dengan resolusi pencetakan 5760 X 1440 dpi. Selain itu, L1110 bisa dipakai untuk mencetak foto tanpa bingkai sampai dengan ukuran 4R.

Bila Anda berbisnis dari rumah, seringkali ada gangguan dari anak-anak atau hewan peliharaan. Tak perlu khawatir hal-hal tersebut mengganggu proses mencetak Anda. Pasalnya, printer Epson L1110 dilengkapi integrated ink tanks yakni tangki yang terhubung dan mencegah kesalahan saat mengisi sekaligus bersifat anti-tumpah. 

Printer ini bisa didapatkan di Smartcomputerindo.com. Tak perlu khawatir karena Anda akan langsung mendapat garansi barang selama 2 tahun, jasa instalasi dan service center terhandal di area Jabodetabek, Aceh, Medan, Batam Tanjung Pinang, Malang, Jombang, Bandung, Bali hingga Jayapura! 

 

Sumber

https://www.epson.co.id/For-Home/Printers/Ink-Tank/Ink-Tank-System-Printers/Epson-EcoTank-L1110-Ink-Tank-Printer/p/C11CG89501

https://www.researchgate.net/publication/287642683_PELUANG_DAN_TANTANGAN_UMKM_BIDANG_PERCETAKAN_DALAM_MENGHADAPI_MASYARAKAT_EKONOMI_ASEAN_2015/link/5678073808ae502c99d5413e/download

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5043073/ekonomi-lesu-bisnis-umkm-ini-tetap-cuan-selama-pandemi-corona