UMKM Tak Lepas Dari Sasaran Cyber Crime? Ini Solusinya!

Posted By smartcomputerindo | 20 January 21 | Productivity

Sejak 2015, crypto-malware menjadi ancaman serius yang turut menargetkan UMKM sebagai korban. Pelaku UMKM umumnya memiliki keterbatasan solusi keamanan tradisional sehingga mereka melakukan kompromi terhadap performa jaringan. Fortigate 60E bisa menjadi solusi firewall keamanan yang cocok bagi bisnis kecil dan menengah.

 

Data Kasus Cyber Crime pada UMKM

Markus Spiske/Unsplash

 

Laporan IT Security Risks 2016 dari Kaspersky Lab dan B2B International menunjukkan sebanyak 42% responden UKM mengakui crypto-malware sebagai ancaman terberat yang mereka hadapi sejak tahun lalu.

 

Tahun 2020, serangannya menurun, namun data Kaspersky menunjukkan ancaman terkait masih menjadi momok bagi UMKM di wilayah ASEAN.

 

Tak berhenti di situ saja, perlu menjadi catatan bahwa penurunan aktivitas dibarengi dengan akurasi yang meningkat. Ternyata, pelaku cyber crime kini lebih fokus pada penargetan bisnis dan organisasi.

 

Bagaimana Infeksi Ransomware Merugikan UMKM

Freepik

 

Cara yang dilakukan untuk menginstall ransomware maupun malware kepada pengguna berbagai macam bentuknya. Mulai dari email phishing, infeksi yang dipasang pada situs web tertentu, atau perangkat lunak yang tak diperbarui.

 

Setelah terinstall, Trojan akan mengenkripsi informasi yang disimpan di komputer pengguna atau memblokir komputer hingga tidak bisa berfungsi secara normal. Tak jarang, pelaku cyber crime juga melakukan pemerasan dengan meninggalkan pesan tebusan untuk mendeskripsi file atau memulihkan sistem yang menuntut biaya pada korban yang diserang. 

 

Tentu hal ini bisa mengganggu jalannya bisnis pemilik UMKM. Untuk itulah, UMKM perlu melengkapi diri dengan upaya cyber security yang mumpuni. Sebagai antisipasi, Anda juga dapat membaca tips ampuh mencegah ransomware dan cara mudah mengatasinya.

 

Solusi Firewall Terbaik untuk Menghindarkan UMKM dari Cyber Crime

Kevin Ku/Unsplash

 

FortiGate 60 bisa menjadi solusi yang tepat dalam mengamankan jaringan perusahaan sehingga tak mudah diretas oleh pihak ketiga.

 

Fortigate/FortiWifi 60E menyediakan solusi SD-WAN yang berpusat pada aplikasi, bisa diatur skalanya dan bersifat aman bagi Usaha Kecil dan Menengah. Pendekatan Fortinet Security-Driven Networking menyediakan integrasi yang erat dari jaringan ke keamanan generasi baru.

 

Firewall satu ini mampu mengidentifikasi ribuan aplikasi di dalam lalu lintas jaringan. Selanjutnya, teknologi ini juga akan melakukan pemeriksaan secara mendalam berdasarkan kebijakan terperinci.

 

Fortigate/FortiWifi pun mampu melindungi malware, eksploitasi, dan situs web berbahaya, baik dalam traffic yang sifatnya terenkripsi maupun non-terenkripsi.

 

Tak sampai di situ saja, firewall Fortigate/FortiWifi didukung oleh FortiGuard Labs berbasis AI yang berfungsi mencegah dan mendeteksi serangan intelenjen tingkat lanjut. Nantinya, firewall ini secara proaktif memblokir serangan canggih tersebut secara realtime melalui kombinasi FortiSandbox bertenaga AI yang terintegrasi dengan Fortinet Security Fabric.

 

Fortinet.com

 

Firewall Fortigate/FortiWifi bisa dikatakan sebagai next-generation firewall. Pasalnya, firewall ini akan memaksimalkan ROI Anda karena mampu mengintegrasikan solusi cyber security yang kompleks dalam satu perangkat saja.

 

Anda bisa memperkuat keamanan usaha Anda mulai hari ini dengan membeli Fortigate 60E di Smartcomputerindo

 

Smartcomputerindo memiliki lebih dari 10 kantor cabang dan service center yang memberikan layanan instalasi gratis, sehingga Anda tak perlu khawatir soal layanan purna jual. Dapatkan Fortigate 60E sekarang di laman Smartcomputerindo yang telah dilengkapi petunjuk pembelian hingga pengembalian barang!

 

Sumber

https://www.fortinet.com/content/dam/fortinet/assets/data-sheets/FortiGate_FortiWiFi_60E_Series.pdf

https://www.beritasatu.com/feri-awan-hidayat/digital/639841/serangan-ransomware-ke-sektor-umkm-menurun

https://teknologi.bisnis.com/read/20160808/105/573206/produk-fortigate-60-e-diklaim-mampu-meningkatkan-keamanan-ukm