Serba-Serbi Drone yang Kian Laris Manis di Tengah Pandemi

Posted By smartcomputerindo | 19 October 20 | Productivity

Drone semakin populer sejak pandemi. Beberapa negara memanfaatkannya untuk mengantarkan barang demi menghindari kontak dengan manusia. Tak terkecuali di Indonesia. Bagaimana jenis-jenis penggunaan drone dan tantangan yang dihadapinya? Simak artikel di bawah ini!

 

Drone dan Penggunaannya di Indonesia

Aaron Burden/Unsplash

 

Drone tadinya lebih dikenal sebagai peralatan militer. Namun, kini teknologi itu telah tersebar keluar dan dinikmati semua kalangan masyarakat. Kegunaannya pun beragam. Mulai dari membuat dokumentasi atau sekedar diterbangkan sebagai hobi. 

 

Drone adalah mesin terbang tanpa awak yang bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan sebuah alat khusus yang pada perkembangannya juga mencakup perangkat pintar. Pesawat ini juga bisa mengendalikan diri sesuai skema yang ditentukan. Teknologi ini sering dipakai untuk membawa muatan atau mendokumentasikan sesuatu misalnya drone camera.

 

Ukuran drone sangat bervariasi, tergantung pada fungsi penggunaannya. Sebut saja big, medium, small hingga drone mini. Saat ini, yang paling sering dijumpai adalah drone yang ukurannya tak lebih dari 2 kg.

 

Salah satu faktor yang mendasari kepopuleran drone salah satunya adalah harga yang makin terjangkau sesuai fitur yang disediakan. Variasi harga dipatok mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 80 juta. Kini, bahkan telah muncul banyak komunitas pecinta drone di Indonesia.

 

Drone pun masuk sebagai sepuluh tren teknologi untuk bahan riset dan pengembangan Less Contact Society yang dicanangkan oleh BRIN. Drone bersama dengan robot akan menjadi andalan dalam mengurangi interaksi pekerjaan manusia yang sifatnya berbahaya.

 

E-commerce seperti BukaLapak dan JD.ID pun telah menjajal penggunaan drone dalam proses logistik mereka. Paling baru, drone diuji coba untuk membawa ponsel POCO NFC X3 dalam rangka menciptakan action camera yang lebih stabil dan berkualitas ketimbang drone camera biasanya.

Tren drone di mancanegara

David Henrichs/Unsplash

 

Peran drone secara global nampaknya mulai dipercaya sebagai penolong di saat genting. Negara Skotlandia memanfaatkan drone untuk mempermudah persediaan alat-alat kesehatan. Berkat drone, alat-alat yang sifatnya vital itu bisa datang empat kali dalam sehari. Penggunaan drone ini adalah bagian dari percobaan National Health Service untuk menerbangkan peralatan dan sampel medis ke sekitar 90 pulau berpenghuni di daerah Skotlandia.

 

Tak mau ketinggalan, belahan dunia Afrika seperti Rwanda dan Ghana pun memaksimalkan penggunaan drone sebagai alat delivery sampel tes virus corona secara bolak-balik ke 2.500 rumah sakit dan pos kesehatan di pedesaan.

Regulasi & Sertifikasi Drone di Indonesia

Goh Rhy Yan/Unsplash

 

Tantangan dari penggunaan drone yang masih menghadang di samping seluruh manfaatnya adalah regulasi, sertifikasi, dan izin terbang. 

Penggunaan drone yang scopenya sangat luas membuat penerapan aturan dan izin terbang makin kompleks. Misalnya saja penggunaan drone untuk liputan berita yang membutuhkan jalur penerbangan dan manuver pesawat udara karena dapat mengganggu keselamatan penerbangan dan keamanan nasional.

Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia) mencatat bahwa sepanjang 2019 telah terjadi 8 kali gangguan yang diakibatkan oleh penerbangan drone

 

Sebetulnya, sudah ada regulasi soal drone dan implikasinya dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 163 Tahun 2015 tentang Civil Air Safety Regulation (CASR)  Part 107 tentang Pesawat Tanpa Awak Kecil. Selain itu juga ada dalam Permenhub Nomor 180 Tahun 2015, serta Permenhub Nomor 47 Tahun 2016 tentang pengendalian pesawat tanpa awak di ruang udara yang dilayani Indonesia.

Aturan-aturan tersebut telah membahas soal izin penggunaan drone camera untuk memotret atau merekam video dari pemda dan pihak berwenang, kawasan yang dilarang untuk mengoperasikan drone, hingga aturan drone untuk kebutuhan pertanian dan masih banyak lagi.

Namun, hal itu masih terkendala sosialisasi aturan dan penegakan aturan yang dimulai dengan pengetahuan penerbangan. Banyak anggota masyarakat belum menyadari pentingnya kecakapan serta sertifikasi atau lisensi menerbangkan drone yang dikeluarkan otoritas negara. Kebanyakan langsung berpikir untuk menerbangkan teknologi itu setelah membeli.

Perihal sertifikasi, sebetulnya tak penting-penting amat bagi penghobi. Namun, jika kegunaan drone ditujukan untuk keperluan profesional atau pekerjaan sertifikasi menjadi signifikan. 

 

Sertifikasi akan mengukuhkan skill dari pilot drone dan membantu Anda memiliki nilai lebih di mata klien, contohnya dalam aerial photography yang menggunakan drone camera. Beberapa klien seperti event organizer bahkan menetapkan sertifikasi sebagai syarat sebelum memulai pekerjaan.

 

Tips Penting Pengguna Drone

Artun Hidden/Freepik

 

Selain mempelajari regulasi yang telah diterbitkan pemerintah, pemilik dan calon penerban drone sebaiknya memperhatikan beberapa tips ini. Jangan lupa periksa kondisi drone. Jangan lupa sering latihan atau bahkan mengikuti training lisensi pilot drone, misalnya Asosiasi Pengguna Drone Indonesia (APDI). 

 

Drone juga tidak boleh diterbangkan di atas ketinggian 150m. Hindari menerbangkan drone dalam kerumunan, terutama bandara, kantor polisi, gedung kenegaraan, dan area sensitif lain.

 

Baterai merupakan salah satu aspek yang perlu dirawat oleh pemakai drone. Pasalnya, elemen ini bisa mencapai jutaan rupiah. Selalu sisakan baterai drone dan tak memakainya hingga benar-benar habis, baik dalam keadaan rutin atau jarang dipakai.

 

Setelah memahami seluk beluk drone, apakah Anda tertarik untuk menjajal kecanggihan teknologi ini atau menambah koleksi Anda? Smartcomputerindo menyediakan drone terbaik 2020 yakni drone DJI dengan berbagai versi dan ukuran yang bisa menyesuaikan kebutuhan. Mulai dari DJI Spark, DJI Phantom, hingga DJI Mavic. Tak hanya itu, kami juga menyiapkan kebutuhan penunjang drone seperti charger baterai drone.

 

Setiap pembelian di Smartcomputerindo, Anda akan mendapat layanan instalasi gratis dan konsultasi dengan customer service yang siap siaga. Melalui lebih dari 10 kantor cabang yang tersebar di seluruh nusantara, Smartcomputerindo siap melayani pembelian drone sampai ke tahap purna jual yang memuaskan.

 

Anda dapat melihat berbagai katalog drone di Smartcomputerindo pada laman ini dan langsung memasukannya dalam shopping cart yang tersedia. Selamat berbelanja!

 

Sumber:

https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/30/090000165/drone-dipakai-untuk-kirim-apd-dan-logistik-covid-19-di-skotlandia-ini?page=all

https://lokadata.id/artikel/bukan-asal-menerbangkan-drone

https://iprice.co.id/trend/teknologi/delivery-pakai-drone-jadi-trend-e-commerce-bagaimana-dengan-indonesia/

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20191022152807-92-441833/aturan-sertifikasi-pengguna-drone-bakal-terbit-akhir-2019

https://topcareer.id/read/2019/08/14/1055/seberapa-penting-punya-sertifikasi-drone/

https://www.trenasia.com/pakar-ingatkan-penggunaan-drone-untuk-peliputan-berita/

https://autotekno.sindonews.com/read/199400/122/ngeri-ngeri-sedap-poco-x3-nfc-terbang-di-atas-drone-balap-1602922231

https://katadata.co.id/ameidyonasution/berita/5ef0b2cc00ff7/menristek-paparkan-10-tren-teknologi-selama-pandemi-covid-19