Apa Itu Blu-Ray dan Keuntungannya Dibanding DVD Biasa!

Posted By smartcomputerindo | 19 October 20 | Productivity

Menonton dengan teknologi blu-ray dapat dijadikan alternatif jangka panjang selama stay di rumah. Pasalnya, pengalaman menonton dengan blu-ray lebih cepat dan mumpuni dari DVD biasa. Apa itu blu-ray dan macam-macam benefitnya?

 

Blu-ray Format & Blu-ray Disc: Era baru Storage High Definition

Pixabay

 

Blu-ray adalah kategori format termumpuni yang dimiliki oleh era TV High Definition setelah kelahiran DVD. Dengan gelombang sependek 405nm dan bukaan numerik setinggi 0,85, format ini dirancang dengan toleransi disc yang lebih tinggi dari pendahulunya. Blu-ray disebut-sebut sebagai solusi penyimpanan paling ekonomis dalam biaya per giga byte

 

Penyimpanan yang menuntut format MPEG2 HDTV biasanya memiliki kecepatan data antara 20 dan 30 Mbps. Misalnya, rekaman program HDTV 25Mbps selama 135 menit membutuhkan kapasitas penyimpanan sekitar 24GB. Bluray Disc diciptakan untuk menyimpan file dengan kapasitas sebesar itu. 

 

Blu-ray disc dirancang memiliki kecepatan tinggi dalam kurva pembelajaran pembuatan drive maupun produksi disc. Dibanding DVD, blu-ray punya kapasitas 5 kali lebih besar. Disc satu ini juga memiliki batas perekaman untuk medan yang jauh, toleransi besar dalam pemrosesan data, dan kompatibilitas harddisk  dengan CD/DVD dalam membaca/menulis data.

 

Menurut Asosiasi Blu-ray Disc, format ini telah dipakai oleh perusahaan besar terutama yang terkait dengan optical storage. Misalnya dalam penyediaan konten, pemrosesan disc, manufacturing, integrasi produk, hingga penjualan, dan pembentukan value chain secara lengkap.

 

Keuntungan Blu-ray dan Turunannya

 

Wayhomestudio/Freepik

 

Blu-ray secara khusus diciptakan untuk kapasitas data yang besar dan video high definition. Tampilan menu dan navigasi lebih bersifat interaktif ketika video sedang dimainkan. Format blu-ray juga memiliki konektivitas internet yang lebih baik. Blu-ray mampu menyimpan dan mentransfer data lebih dari 5GB tanpa kendala berarti. 

 

Format blu-ray pun telah dilengkapi fungsi picture-in-picture, kecepatan playback dan burning yang tinggi. Blu-ray disc juga lebih tahan banting secara fisik dari goresan maupun noda.

 

Blu-ray disc sangat cocok untuk menyimpan HD video dengan resolusi hingga 1080p. Artinya, dari segi visual, Anda akan sangat diuntungkan.

 

Inilah alasan mengapa banyak orang kini lebih banyak beralih pada blu-ray movie. Film blu-ray pun punya audio yang lebih baik karena telah dilengkapi dengan 7.1 channels yang sifatnya uncompressed sehingga lebih jernih dan detail.

 

Menonton 3D pun tak jadi masalah. Kombinasi 3DTV dan 3D blu-ray player membuat Anda bisa menonton blu-ray movies dalam format 3D untuk pengalaman yang lebih mendalam dan imersif.

 

Blu-ray Writer Terbaik

Blu-ray bisa dibaca dengan blu-ray writer yang bisa disinkronkan dengan perangkat seperti PC, laptop, maupun HDTV. Asus Internal Bluray Writer BW-16D1HT adalah pilihan terbaik untuk menikmati sajian blu-ray di rumah. 

 

ASUS BW-16D1HT merupakan Blu-ray writer yang hemat energi yang dapat memproses berbagai macam format, dimulai dari 16XBD. Teknologi M-Disc nya memfasilitasi proses penyimpanan dan dokumen selama lebih dari 1000 tahun. BDXL support mendukung penyimpanan data sebesar 128GB dalam satu disc. 28GB!

 

Mode green-idle pada blu-ray writer ini akan mengurangi pengoperasian drive dengan menghemat daya hingga 50%. Tak perlu khawatir soal keamanan data, pasalnya ASUS BW-16D1HT telah dilengkapi keamanan data ganda, yakni kontrol password dan fungsi penamaan file yang disandikan.

 

Asus.com

 

Anda ingin melakukan burning pada blu-ray disc Anda? Cukup lakukan dengan blu-ray writer satu ini dalam langkah sederhana yakni drag and drop. Jangan cemas soal kualitas data burning karena ada kombinasi pretest media dan manajemen operasional drive yang cerdas dalam blu-ray writer ini. ASUS BW-16D1HT sudah mendukung sistem operasi Windows® 8, Windows® 7, Windows® Vista maupun Windows® XP lho!

 

Ingin menikmati sajian visual indah dan kapasitas data tak terbatas dari sekarang? Siapkan bluray disc berisi bluray movie dan belilah bluray writer ini sekarang di Smartcomputerindo. Dengan harga terjangkau, Anda bisa menikmati akhir pekan dengan hiburan yang lebih maksimal.

 

Sumber

 

https://www.asus.com/id/Optical-Drives-Storage/BW16D1HT/

http://www.doe.carleton.ca/~ddchen/publications/The_advantage_BD.pdf

https://support.discmakers.com/hc/en-us/articles/213546587-What-advantages-does-Blu-ray-have-over-DVD-

https://us.blu-raydisc.com/hd-benefits/