Intip Strategi Bisnis Dell Sambut 2021!

Posted By smartcomputerindo | 21 October 20 | Business Insight

Melalui interview dengan CRN yang dilansir oleh SiliconAngle, Dell melihat kombinasi tema teknologi besar dalam beberapa tahun ke depan. Teknologi tersebut adalah multicloud, edge computing, buildout dari generasi 5G selanjutnya, jaringan berbasis software, AI & machine learning, serta security.

Mengoptimalkan Cloud yang Dinamis

Freepik

 

Dell memiliki “kartu As” yang akan dimainkan misalnya perusahaan VMware yang mayoritasnya dimiliki Dell VMWare adalah layanan teknologi informasi yang telah memiliki revenue dan pertumbuhan secara positif dan solid. 

 

Apalagi VMware juga memiliki kekuatan di ranah pusat data. Tantangan yang menghadang adalah bagaimana menjadi platform untuk mewadahi inovasi digital dan menyediakan layanan on-premise untuk cloud, multi-cloud, dan edge di tengah persaingan produk serupa.

 

Dalam layanan multicloud, Dell mencoba mengambil pendekatan modernisasi infrastruktur dengan mengaktifkan model operasi baru berdasarkan tema utama yang telah dimiliki Dell.

 

VMware telah menorehkan sederet portfolio di segmen cloud. Menurut Digital Transformation Index Dell yang baru saja dirilis, 74% responden yang terdiri dari pemimpin bisnis mengatakan mereka berinvestasi di lingkungan multicloud. IDC telah mendeklarasikan 2021 sebagai "Tahun Multicloud", dengan lebih dari 90% perusahaan diproyeksikan akan mengandalkan campuran cloud publik dan privat.

 

Data tersebut menghasilkan insight bahwa cloud tak hanya digunakan dalam sektor cloud publik saja. Workload dari para klien mulai bertebaran di semua lokasi, sehingga Dell memiliki cara menyiasatinya. Perusahaan ini berusaha memfasilitasi kebutuhan pelanggan ini dengan menyediakan ragam pengalaman cloud yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan workflow klien mereka.

 

Konsep cloud sendiri diprediksi akan bergeser dari multicloud ke multi-edge. Artinya, sistem edge hal ini akan melibatkan banyak teknologi lainnya seperti "internet of things" dan 5G. BUlan September, Dell telah mencoba mengakomodasi kebutuhan edge computing ini melalui peluncuran ObjectScale yang dirancang untuk memberikan solusi penyimpanan dalam ekosistem edge

 

Fondasi Infrastruktur: 5G, AI, dan Security

Jcomp/Freepik

 

Penerapan edge tak bisa dilepaskan dari infrastruktur 5G. Pendekatan strategis Dell akan berpusat di sekitar 5G yang didorong oleh API dan kemampuan program perangkat lunak. Pada saat yang sama, kombinasi teknologi ini membutuhkan kemampuan untuk menangkap pemrosesan data jaringan secara real-time sehingga diperlukan adanya AI & pembelajaran mesin.

 

Lingkungan jaringan 5G membutuhkan pengelolaan dan penyembuhan mandiri dengan kemampuan zero-touch yang didukung oleh AI. Strategi Dell untuk memperkuat AI adalah aliansi dengan perusahaan lain yang sangat berkomitmen untuk mengukir ceruknya sendiri di ruang AI: Nvidia Corp.

 

Dell mengumumkan bahwa mereka mengintegrasikan GPU Nvisia ke dalam portfolio server PowerEdge mereka. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan AI dan analitik canggih dari edge ke cloud hybrid.

 

Kekuatan gabungan Dell, VMware, dan Nvidia di balik platform berbasis AI dan solusi canggih akan mewakili fase baru peran AI di perusahaan.

 

Dalam sektor keamanan, pendekatan strategis Dell telah difokuskan pada anak perusahaannya Secureworks Inc., bersama dengan VMware, yang mengakuisisi perusahaan cybersecurity Carbon Black pada tahun 2019. 

 

Positioning Dell dalam security ini dijelaskan lebih lanjut awal tahun ini ketika mengumumkan solusi baru untuk paket "Trusted Device" guna melindungi jutaan orang yang dipaksa bekerja dari jarak jauh selama pandemi global. Fitur utama dari paket ini termasuk perangkat lunak keamanan Carbon Black dan penilaian kerentanan super cepat dari Secureworks.

 

Virtustream, penyedia solusi keamanan cloud Dell juga tak boleh dilupakan. Virtustream baru-baru ini mengumumkan layanan manajemen dan pemantauan keamanan baru.

 

Dell tak melakukan seluruh upaya security tersebut tanpa alasan. Menurut perusahaan ini, membentuk hubungan terpercaya dengan mitra cloud merupakan satu langkah terpenting yang dapat dilakukan perusahaan dalam perjalanan TI-nya ke cloud.

 

Lebih lanjut tentang tren teknologi dan strategi bisnis Dell akan dibahas dalam acara Dell Technologies World Digital Experience pada 21 dan 22 Oktober.

 

Sumber

 

https://siliconangle.com/2020/10/20/watch-live-major-tech-themes-set-stage-dell-technologies-world-digital-experience-2020-delltechworld/