Cara Cerdas Memulai Internet Marketing

Posted By smartcomputerindo | 26 October 20 | Productivity

Pergeseran pola konsumsi ke model online membuat pelaku usaha perlu beradaptasi untuk tetap bertahan. Internet marketing strategy adalah salah satu elemen yang perlu dipelajari. Inilah serba-serbi internet marketing alias pemasaran online yang perlu Anda ketahui!

 

Mengapa Internet Marketing Penting?

Henry Perks/Unsplash

 

Definisi internet marketing mencakup semua pengertian yang menyangkut memasarkan produk atau jasa secara online. Internet marketing strategy mencakup pemanfaatan search engine, mendaftarkan URL ke search engine, kegiatan promosi secara online, membuat repricocal link, hingga email marketing.

 

Internet marketing seringkali dianggap sebatas mencari uang secara online. Padahal, pengertiannya tak sesederhana itu. Pemasaran online juga mencakup kegiatan periklanan, bagaimana memperoleh prospek (calon pembeli atau pelanggan, hingga bagaimana membuat kalimat-kalimat pemasaran (sales letter).

 

Menurut Laudon, seperti dikutip dalam buku Perdagangan Online: Cara Bisnis di Internet, internet marketing adalah strategi pemasaran dengan menggunakan web dan saluran tradisional untuk mengembangkan hubungan jangka panjang yang positif dengan konsumen dengan cara menciptakan keunggulan bersaing terhadap perusahaan. 

 

Pasalnya, melalui internet marketing, perusahaan bisa mengenakan harga yang lebih tinggi terhadap produk atau jasa yang serupa dengan pesaing. Yup, internet marketing yang sukses akan menghindarkan konsumen dari potensi untuk terlibat dalam perang harga.

 

Tiga Langkah Memulai Internet Marketing

Austin Distel/Unsplash

 

Dalam memulai internet marketing, Anda bisa melirik dulu berbagai sarana yang bisa digunakan. Ketiganya adalah marketplace, webstore, dan Content Management System untuk platform e-commerce. Hal ini dijelaskan dalam buku Internet Marketing yang ditulis oleh Dr. Agus Wibowo, M.M., M.Si., M.Kom.

 

Marketplace atau mall online adalah sistem platform terbuka di mana setiap orang dapat menjalankan internet marketing bersama-sama dalam sistem e-commerce. Cara ini termasuk yang paling mudah dan cepat karena penyewaan mall online ini tak dipungut biaya. Bahkan, dengan membayar sejumlah iuran tertentu, usaha Anda berpeluang ditampilkan pada barisan teratas pencarian.

 

Webstore adalah sistem terintegrasi yang terdiri dari desain situs, pembuatan nama domain, jasa hosting, serta software internet marketing.

 

Sedangkan, Content Management System untuk e-commerce adalah aplikasi yang dipasang pada server hosting. Aplikasi ini biasanya disewakan dengan biaya tahunan.

Tips Mengeksekusi Internet Marketing Strategy

Myriam Jessier/Unsplash

 

Salah satu strategi internet marketing yang cukup terkenal adalah model CTPM yang dipopulerkan oleh Ken Evoy. CTPM adalah kependekan dari Content, Traffic, Pre-sell, dan Monetize. Intinya, strategi ini menjelaskan bahwa keberhasilan internet marketing ditentukan dari bagaimana Anda memberikan kebutuhan dasar pengguna internet yakni informasi.

 

Oleh karena itu, tahap pertama internet marketing strategy CTPM dimulai dengan membangun konten. Persiapkan informasi yang lengkap terkait produk atau layanan yang Anda tawarkan. Konten yang baik dapat dibangun dengan judul, sub judul, dan paragraf pembuka yang menarik. Yakinkan konsumen bahwa produk Anda adalah solusi tepat untuk masalah yang mereka hadapi. Jangan lupa, tutup konten dengan informasi menarik seperti bonus pembelian, garansi, dan kontak yang jelas.

 

Tahap kedua atau traffic menyangkut dengan bagaimana Anda membuat orang berkunjung untuk melihat informasi yang telah Anda sajikan.

 

Tahap ketiga adalah proses membentuk suatu kesan yang baik terhadap produk atau layanan yang Anda jual. Hal inilah yang disebut dengan pre-sell

 

Barulah, Anda mencapai tahap terakhir dari strategi internet marketing CTPM, yakni monetize. Monetize berarti Anda mengakhiri semua upaya tadi dengan suatu penjualan produk atau layanan yang telah Anda tawarkan.

 

Sebelum menentukan strategi internet marketing yang tepat, ada baiknya Anda melakukan hal dasar ini terlebih dahulu, yakni menentukan target pasar dan menyusun pendekatan pasar yakni product, price, place, promotion.

 

Setelah memahami berbagai fakta soal internet marketing, Anda tentu juga perlu menyiapkan infrastruktur untuk memulai pemasaran online ini. Sesuai dengan namanya, Anda membutuhkan konektivitas sebagai dasar dalam mencicip langkah pertama internet marketing

 

Smartcomputerindo sebagai penyedia perkakas kantor dan IT terlengkap dapat membantu Anda. Dengan lebih dari 10 kantor cabang di seluruh nusantara yang memberikan instalasi gratis, Anda tak perlu khawatir lagi soal layanan purna jual. Cek dan belanja berbagai perangkat jaringan untuk usaha Anda di sini!  

 

Sumber

https://books.google.co.id/books?id=gttMDwAAQBAJ&pg=PA73&dq=cara+internet+marketing&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjL6teBotHsAhXEfX0KHQy3DjUQ6AEwBnoECAYQAg#v=onepage&q=cara%20internet%20marketing&f=false

https://books.google.co.id/books?id=-yZLDwAAQBAJ&pg=PA3&dq=memulai+internet+marketing&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjMsaS9odHsAhWWXisKHeYxBecQ6AEwAXoECAAQAg#v=onepage&q=memulai%20internet%20marketing&f=false

 

https://books.google.co.id/books?id=11ZQ_QFJ7_kC&pg=PA1&dq=cara+internet+marketing&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjL6teBotHsAhXEfX0KHQy3DjUQ6AEwB3oECAgQAg#v=onepage&q=cara%20internet%20marketing&f=false