Internet Marketing Strategy & Mistery: Siklus Internet Marketing yang Tak Pernah Mati

Posted By smartcomputerindo | 02 November 20 | Event

 

 

TECHMinar Kreen Indonesia bertajuk Internet Marketing Strategy & Mistery membongkar praktik internet marketing yang tak pernah mati dan terus berkembang untuk dipelajari.

 

Reza Putra, SEO Lead Tokopedia memaparkan soal polemik SEO offpage yang seringkali jadi bumerang bagi pemilik website. Meski kita mengenal adanya pembedaan klasik antara on-page dan off page, namun hal tersebut bisa berpengaruh buruk terhadap website. Sehingga, ia menyarankan untuk mengoptimalkan  dulu konten yang dimiliki berdasarkan SEO onpagenya.

 

Fadhil Dzikri selaku Owner Apookat Digital Agency juga menyarankan hal senada dengan mengoptimasi konten menurut kriteria yang disukai Google. Misalnya menggunakan judul dan struktur artikel yang baik.

 

Dhika Kurniawan selaku Digital Marketing Kalbe Nutritionals memanfaatkan onpage yang baik karena backlink pada SEO off-page juga berpotensi untuk disuspect oleh Google.

 

Untuk bisnis kecil, ketiganya sepakat untuk meletakkan domain sebagai investasi awal. Optimasi SEO website dapat menjadi pilihan selanjutnya. Jangan lupa juga untuk mendaftarkan HAKI brand Anda yang akan mempermudah penggunaan nama usaha di media sosial maupun nama website. Setelah mengoptimasi web dan media sosial, barulah usaha dapat mencoba Key Opinion Leader untuk mengoptimalkan usaha membangun brand awareness.

 

Dalam memilih media sosial pun, sebaiknya sesuaikan dengan target usaha yang dimiliki karena masing-masing media sosial punya “karakteristik” masing-masing. Media sosial dapat digunakan untuk soft-selling, sementara untuk hard-selling sebaiknya menggunakan marketplace.

 

Satu insight menarik adalah perbedaan digital marketing dan internet marketing. Orang sering salah kaprah memandang digital marketing sebagai pemasaran online semata, sementara istilah ini sebetulnya mengacu pada media digital dan elektronik yang bisa juga bersifat offline

 

Di sinilah internet marketing masuk sebagai turunan digital marketing yang dilakukan secara online. Jadi, kata kunci digital marketing sebetulnya adalah listrik, sementara internet marketing berkaitan erat dengan adanya internet.

 

Salah satu tips dari Reza sebagai SEO Lead di salah satu marketplace terkemuka, layanan yang diberikan dan kualitas produk adalah yang paling utama. Sehingga, penjual yang bisa memberikan customer experience melalui respon rate yang baik, description yang lebih detail, adanya promo sudah pasti akan lebih unggul meski banyak kompetitor serupa.

 

Fadhil memberikan tips dalam menyusun strategi SMO atau aktivasi media sosial. Berdasarkan klien yang ia ampu, kebanyakan memakai Facebook dan Instagram untuk sektor B2C, sementara Linked In dioptimalkan untuk B2B.

 

Dalam membuat konten, hendaknya pelaku usaha menyesuaikan dengan target audiens dan menciptakan variasi yang tak monoton. Konten disusun berdasarkan content calendar, hindari membeli followers, dan tingkatkan partisipasi dengan giveaway yang memberikan like, comment, dan share.

 

Tips lainnya adalah menyesuaikan tujuan dari campaign internet marketing dengan strategi yang akan dijalankan, rajin melakukan a/b testing, mencari mentor yang tepat dan tidak berhenti belajar.