Sering Disalahpahami, Ini Kandungan Lain Emping Melinjo yang Kaya Manfaat

Posted By smartcomputerindo | 11 November 20 | Merchant Highlight

Emping melinjo seringkali dituduh menjadi kambing hitam penyakit asam urat. Menurut penelitian selama 15 tahun yang dilakukan Prof Mitsuhiro Watanabe, ilmuwan asal Jepang, ternyata hal ini tak sepenuhnya benar. Penyebab utama asam urat adalah cara pengolahan emping melinjo secara tidak benar yakni menggorengnya dengan minyak bekas pakai. Tak sampai di situ, ternyata emping melinjo justru punya banyak manfaat lain yang perlu Anda tahu!

Jenis Emping Melinjo & Cara Pembuatannya

Tribunnews

 

Kita sering menemui berbagai jenis melinjo di pasaran. Umumnya, emping melinjo dibedakan dari rasanya (asin, manis, atau pedas), ukuran diameter, serta bentuknya.

 

Berdasarkan ukuran diameternya, ada emping berjenis kecil, medium, dan besar. Emping kecil dibuat dari satu biji melinjo, emping sedang dibuat dari 3-5 biji, sedangkan emping besar dibuat dari 25-3 biji digabungkan menjadi satu pada proses pemipihan daging buah.

 

Proses membuat emping melinjo umumnya masih dilakukan secara tradisional. Tahapnya meliputi 4 proses dimulai dari pemanasan biji, pengupasan cangkang, penipisan daging buah, dan penjemuran. 

 

Pemanasan biji dapat dilakukan dengan dua cara, yakni disangrai dengan pasir atau direbus. Jika pemanasan biji dilakukan dengan cara direbus, rasa emping umumnya tak begitu gurih. Lain halnya dengan cara sangrai yang menyebabkan aroma dan zat gizi melinjo tak hilang sehingga emping yang dihasilkan pun lebih gurih rasanya.

 

Beberapa alat yang dipakai dalam pembuatan emping adalah tungku, wajan berbahan tanah atau aluminium, batu landasan, palu besi atau pemukul lainnya, sendok, alat penjemur, dan pasir. 

 

Saat biji cukup matang ditandai dengan meletusnya biji tersebut, proses penyangraian pun akan otomatis dihentikan. Setelah diangkat, biji melinjo perlu segera dikupas dari cangkangnya dengan dipukul memakai palu besi atau kayu. Barulah emping dijemur hingga kering dan siap untuk digoreng. 

Manfaat Emping Melinjo Bagi Kesehatan

Sinarharapan.net

 

Menurut buku Sehat dengan Hidangan Kacang dan Biji-bijian, emping melinjo merupakan sumber protein dan mineral (kalsium dan fosfor) yang baik. Protein emping melinjo terdiri dari sejumlah asam amino esensial dan non-esensial yang sangat diperlukan untuk kesehatan.

 

Hal ini semakin diperkaya manfaat dari buah melinjo itu sendiri. Kandungan gizi buah melinjo tua antara lain terdiri dari karbohidrat (63,23%), lemak (2,66%), protein (17,39%) dan sejumlah vitamin.

 

Melansir website Sari Husada, melinjo dipercaya memiliki antioksidan tinggi untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap radikal bebas. Hal ini diperoleh dari konsentrasi proteinnya yang tinggi, mencapai 90-100 persen untuk setiap biji melinjo. Manfaat emping melinjo lainnya adala berfungsi sebagai suplemen otak karena mampu memperkuat daya ingat.

 

Melinjo pun berfungsi sebagai antimikroba alami yang mampu dipakai sebagai pengawet makanan alami dan obat untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Peptida  Gg-AMP yang diisolasi dari biji melinjo berpotensi aktif dalam menghambat beberapa jenis bakteri gram positif dan negatif.

 

Biji melinjo mengandung berbagai macam senyawa yang bermanfaat, yaitu makromolekul berupa protein dan mikromolekul berupa senyawa fenolik (Siregar, Siswoyo dan Bambang, 2013).

 

Meski begitu, tetap ada beberapa catatan dalam mengonsumsi emping melinjo. Kita mengenal tiga jenis emping melinjo di pasaran, yakni emping tebal goreng asin, emping tebal goreng manis, serta emping tipis goreng. Dari ketiganya, emping tipis goreng punya kandungan energi paling besar akibat kadar lemaknya yang paling tinggi. Artinya, mereka yang sedang berdiet rendah kalori memang sebaiknya membatasi konsumsi emping goreng. 

 

Sikap waspada terhadap emping manis perlu diperhatikan oleh penderita diabetes mellitus. Begitu juga dengan penderita hipertensi yang memiliki kerentanan tinggi akibat kadar garam dalam emping asin. 

 

Intinya, selama diproses dengan baik dan dikonsumsi dalam batas wajar, emping tampaknya tak perlu menjadi momok bagi masyarakat.

 

Sumber

https://fame.grid.id/read/462026215/selama-ini-disangka-jadi-penyebab-stroke-melinjo-ternyata-punya-manfaat-luar-biasa-bagi-tubuh?page=all

https://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/Aktivitas/Jelajah-Gizi/Memakan-Emping-Melinjo-Bagus-Untuk-Kesehatan

ing+melinjo&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjSm6fv1_nsAhURX30KHZdbBUMQ6AEwAHoECAAQAg#v=onepage&q=emping%20melinjo&f=false