Tokopedia Secara Resmi Umumkan Pendanaan dari Google & Temasek!

Posted By smartcomputerindo | 17 November 20 | Business Insight

Di tengah pandemi, Tokopedia, salah satu start up e-commerce, mencuri perhatian netizen dengan mengumumkan pendanaan dari perusahaan multinasional, Google, dan perusahaan investasi asal Singapura, Temasek Holding.

 

Informasi ini diperoleh dari Instagram pemilik sekaligus CEO Tokopedia, William Tanuwijaya pada 16 November lalu, seperti dilansir oleh CNBC. Keduanya resmi menjadi pemegang saham baru di Tokopedia. 

 

Tokopedia.com

 

Seperti yang kita tahu, Google memang cukup gencar menyasar investasi ke e-commerce & start-up di wilayah Asia. Beberapa waktu yang lalu, raksasa teknologi ini diketahui juga menyuntikkan dana ke unicorn asal Indonesia, Go-Jek.

 

Berdasarkan informasi Kompas, tampaknya, aktivitas investasi ini berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi di AS dan eropa yang melambat. Google melihat potensi besar di Asia. Setelah menggelontorkan miliaran dollar ke Indonesia, perusahaan tersebut memutuskan melakukan hal yang sama ke Indonesia yang tercatat sebagai pasar terbesar ketiga di Asia berdasarkan jumlah populasinya.

 

Mitchell Luo/Unsplash

 

Mengutip Nikkei Review Asia dari CNBC, Google saat ini memegang sebesar 1,6 persen saham Tokopedia. Sementara, Anderson Investments yang berafiliasi dengan Temasek memegang saham sebesar 3,3 persen. Data tersebut mengacu pada dokumen yang diajukan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia, tertanggal 4 November 2020. 

 

Adapun saham Tokopedia yang dipegang Google bernilai 1,1 juta dollar AS atau Rp 16,7 miliar, sedangkan saham yang dimiliki Anderson bernilai Rp 33,4 miliar. 

 

Meski begitu, angka tersebut ternyata belum dapat disimpulkan sebagai keseluruhan modal suntikan Google dan Temasek. Pasalnya, investasi bisa jadi datang dalam beberapa tahap. 

 

Hingga kini, Softbank Group dan Alibaba Group masih menjadi dua perusahaan pemegang saham terbesar di e-commerce Tokopedia. Softbank Group memiliki pegangan saham terbesar sebesar 33,9 persen, sementara Alibaba berada tepat di bawahnya dengan kepemilikan saham sebesar 28,3 persen.

 

Sumber 

https://money.kompas.com/read/2020/11/16/103500326/google-dan-temasek-masuk-tokopedia?page=all.

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20201116180704-37-202234/resmi-google-dan-temasek-pemegang-saham-baru-tokopedia