Apa itu Fitur Baru VRR yang Bakal Ditambahkan ke PS5?

Posted By smartcomputerindo | 23 November 20 | Business Insight

Melansir TechRadar, Sony telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan segera menambahkan fitur Variable Refresh Rate (VRR) pada produk PS5 melalui pembaruan software di masa mendatang. Nantinya, hardware PS5 mampu mendukung fitur ini lewat HDMI 2.1. 

Penambahan VRR pada Sony PS5 

Blog Playstation

 

Kabar ini didapatkan dari Blog resmi PlayStation tepatnya di bagian frequently asked question pada sektor updated systemMelalui pembaruan VRR ini, pengguna PS5 dapat menggunakan fitur VRR pada TV yang kompatibel saat memainkan games yang mendukung VRR.

 

Hingga hari ini, Sony belum menyatakan dengan jelas kapan mereka akan menambahkan pembaruan VRR ini pada produk PS5. Namun tampaknya, kita tak perlu menunggu terlalu lama karena konsol Xbox milik pesaing Sony, Microsoft telah menambahkan fitur ini, termasuk pada seri terbaru mereka yakni Xbox Series X.

 

Awal 2021 dapat menjadi waktu yang dinantikan untuk menjawab berbagai pertanyaan “ada apa dengan PS5?”. Kemungkinan besar, penggemar akan disuguhi beragam update soal PS5 termasuk PS5 games dan fitur lainnya. 

Apa itu VRR dan Bagaimana Cara Kerja VRR?

Jeshoots/Pexel

 

Format atau fitur VRR adalah bagian dari spec HDMI 2.1 dan mulai dipasang pada beberapa jenis TV, meski kebanyakan dari mereka masih memakai soket HDMI 2.0. Perlu menjadi catatan juga bahwa tak semua TV yang mendukung HDMI 2.0 juga mampu memfasilitasi fitur HDMI VRR.

 

Refresh rate atau kecepatan refresh adalah berapa kali per detik perangkat tampilan berbasis raster menampilkan gambar baru. Sedangkan, VRR adalah kependekan dari Variable Refresh Rate

 

Secara sederhana, fitur ini mampu membuat televisi menyesuaikan refresh rate secara real-time sesuai dengan frame rate pada konsol game atau PC. Hasilnya? Aktivitas gaming yang lebih lancar, lembut, dan konsisten.

 

Saat sebuah acara televisi atau film mampu berjalan dengan frame rate yang konsisten, misalnya 24fps maupun 50/60fps, frame rate pada game adalah hal yang berbeda. Hal ini karena frame rate dalam aktivitas gaming sangat bergantung pada banyaknya proses yang dilakukan. 

 

Misalnya, pada beberapa bagian game yang tak terlalu sibuk, frame ratenya akan berjalan secara konsisten, misalnya 50fps. Namun, saat ada gerakan yang tiba-tiba seperti sebuah ledakan, konsol harys bekerja lebih keras sehingga frame rate dapat turun mencapai 30fps. Perubahan fps yang sangat cepat dan fluktuatif ini dapat membuat tampilan game tersendat.

 

Di sinilah peran VRR untuk menciptakan kecepatan gaming yang lebih memuaskan sekaligus menciptakan visual yang memanjakan mata. TV yang memiliki fitur VRR dapat menyesuaikan refresh rate sesuai dengan frame rate dari sebuah game. Keuntungannya, perangkat mampu menyesuaikan kecepatan di tengah adanya perubahan-perubahan frame rate.

 

Sumber

https://www.techradar.com/news/ps5-will-get-a-key-visual-feature-in-a-future-system-software-update-confirms-sony

https://www.whathifi.com/advice/vrr-everything-you-need-to-know-about-variable-refresh-rate