Aneka Jajanan Sunda Berawalan Ci, Sudah Tahu Semua?

Posted By smartcomputerindo | 25 November 20 | Merchant Highlight

Jawa Barat adalah surganya jajanan yang menggoda. Rata-rata jajanan khas Bandung yang terbuat dari aci ini punya singkatan yang unik, sudah pernah tahu dan mencicipi?

Cipeng

Cookpad

 

Meski sudah sering mendengar nama cireng, belum tentu Anda pernah mendengar nama jajanan khas Bandung yang satu ini. Padahal, cipeng alias cireng gepeng sebetulnya adalah inovasi dari para penjual cireng yang dagangannya kurang laku. Mereka takut mengalami kerugian jika cireng jualannya tak habis dalam sehari.

 

Cireng yang berbentuk bulat dan menggembung dipipihkan dan digoreng hingga kering. Ini membuat cipeng lebih tahan lama dari pendahulunya, cireng. Makanan ini umumnya dibungkus dan dijual di pasar dengan harga yang lebih murah daripada cireng.

Cibay

Cookpad

 

Cibay yang memiliki kepanjangan aci ngambay atau aci lebay adalah makanan yang terbuat dari kulit lumpia. Makanan ini disebut ngambay atau melambai kenyal karena adonan acinya akan keluar dan memanjang saat digigit. Harganya tergolong murah, lima ratus rupiah untuk satu biji saja. 

 

Makanan ini dibuat dari adonan aci berbumbu yang digoreng. Cibay sangat nikmat dinikmati saat hangat bersama sambal pedas.

Cimin

Cookpad

 

Makanan satu ini juga dijual dengan harga kurang dari 1.000 rupiah saja. Cimin dibuat dari tepung tapioka yang dibentuk kotak-kotak kecil, digoreng dengan telur, dan dibentuk dalam wadah kecil seperti cetakan.

 

Namun ada juga pedagang yang membuat cimin dengan cara berbeda. Misalnya, langsung mencampur telur dengan adonan tapioka lalu digoreng dalam cetakan. 

Cipet

IDNtimes.com

 

Nama ini mungkin sangat asing di telinga Anda. Cipet atau aci ka cepet (aci yang terjepit) memiliki bentuk menyerupai batagor. Dinamai ka cepet karena adonan aci diletakkan terjepit di antara tahu putih lalu digoreng.

Cimplung

Cookpad

 

Cimplung ini sudah ada di Jawa dan wilayah lain di Indonesia sejak lama. Namun, penyebutannya berbeda-beda, contohnya gemblong atau ketan goreng. Cimplung ini diciptakan dari adonan tepung ketan yang diuleni sampai kalis dengan air panas, dibentuk bundar, dan diisi dengan kinca (air gula yang dicairkan).

Cilok

Ini jajanan khas Bandung yang mungkin paling umum dan paling gampang Anda temui. Siapa yang menyangka bahwa cemilan satu ini adalah hasil kreasi tukang bakso saat terjadi kenaikan harga daging akibat krisis moneter 1997.

 

Berasal dari campuran tepung terigu dan tepung tapioka yang diisi dengan daging sapi, ayam, telur, abon, hingga bumbu pecel, pengusaha cilok pun kini semakin kreatif. Intip saja inovasi cilok kuah, cilok pedas, hingga cilok bumbu kacang.

 

Tiba-tiba jadi ingin menikmati sepotong cilok hangat? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah hanya dengan menghangatkannya.

 

Cilok Ipin menyediakan berbagai produk cilok kemasan yang dapat dimasak sesuai keinginan dan telah dilengkapi instruksi memasak di bungkusnya! Tersedia varian spicy chicken, spicy beef, telur puyuh, hingga melted cheese yang akan menggoyang lidah Anda dalam sekali suap.

 

Instagram Cipincilokipin

 

Anda bisa mencoba produk Cilok Ipin di laman Smartcomputerindo, mari bawa pulang cilok instan sekarang!

 

Sumber

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/edwin-januar/nama-jajanan-sunda-yang-berawalan-ci-c1c2/1

 

https://www.shopback.co.id/katashopback/camilan-khas-sunda