Tahu Walik Crispy, Jajanan Unik Khas Banyuwangi

Posted By smartcomputerindo | 26 November 20 | Merchant Highlight

Tahu walik tak seperti tahu crispy pada umumnya. Teksturnya yang renyah justru didapatkan dari “membalik tahu”, seperti namanya, walik. Kok bisa?

 

Tahu walik adalah kudapan atau cemilan dari olahan tahu khas Banyuwangi, Jawa Timur yang digoreng dengan isi aci dan bahan lainnya. Apa sih maksud dari kata walik atau mengolah secara terbalik?

 

Tahu walik yang bertekstur crispy di luar namun lembut & kenyal di dalam ini ternyata diperoleh dari membalik bagian dalam tahu menjadi bagian luar tahu. Tahu yang telah digoreng akan dibelah dan dibalik dari dalam keluar. 

 

Barulah kemudian adonan tersebut bisa diisi dengan adonan aci atau isian lainnya seperti daging ayam, ikan tenggiri, daging sapi atau sesuai selera. Bagian dalam tahu yang berwarna putih itulah yang menciptakan tekstur super crispy seolah-olah tahu digoreng dengan tepung tertentu.

 

Pinterest.com

 

Anda bisa menggunakan tahu putih biasa atau tahu pong. Cara membuatnya juga tergolong mudah. Tipsnya adalah membagi tahu menjadi 2 bagian segitiga. Dalam menggoreng tahu, hendaknya menunggu sampai kulit luarnya terlihat cukup tebal dan tak mudah sobek. Pastikan juga minyak yang dipakai menggoreng sudah cukup panas sehingga Anda bisa memperoleh tekstur crispy yang diinginkan.

 

Setelahnya, keruk bagian dalam tahu atau gunakan tahu pong yang bisa langsung dibiarkan saja karena hanya memiliki sedikit isi dalam tahunya.

 

Adonan isi tahu walik seperti daging ayam dan sapi juga perlu dihaluskan dan dicampur dengan tepung yang diberi bumbu layaknya adonan bakso. Akhirnya, tahu walik hangat siap disajikan bersama cocolan khas yakni petis ikan berwarna coklat.

 

Tahu walik adalah camilan yang wajib dibeli saat berkunjung ke banyuwangi, Jawa Timur. Anda dapat menemukannya dengan mudah, mulai dari warung-warung mungil di tepi jalan hingga kafe. Selain di Jawa Timur, jajanan unik ini mulai populer di daerah lain seperti Jogja, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

 

Bahkan, saat ini tahu walik dapat dibeli secara online lewat aplikasi ataupun website, salah satunya produk tahu walik Mama Haka Kitchen yang tersedia di website Smartcomputerindo. Jadi, walaupun sedang pandemi dan tidak bisa kemana-mana, Anda bisa menggorengnya sendiri di rumah.

 

Mama Hakan Kitchen adalah UMKM kuliner yang tak hanya menyediakan tahu walik original, tapi juga tahu walik crispy isi ayam, tahu bakso, hingga aneka macam sambal yang sangat nikmat untuk cocolan maupun teman makan. 

 

Beli tahu walik Mama Hakan Kitchen di sini!

 

Sumber

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3690073/cara-membuat-tahu-walik-crispy-renyah-dan-bikin-ketagihan

https://banyuwangi.merdeka.com/kuliner/cobain-tahu-walik-banyuwangi-dengan-gurihnya-petis-madura-160707w.html