Manfaat Firewall Perkuat Cyber Security Usaha Kecil dan Menengah

Posted By smartcomputerindo | 30 November 20 | Productivity

Serangan siber menyebabkan kerugian yang tak pandang bulu. Menurut riset IBM dan Ponemon Institute, total biaya akibat kebocoran data secara global tahun 2017 mencapai 3.62 juta dollar USD atau setara 53 miliar rupiah! Yakin usaha kecil dan menengah milik Anda sudah aman dari serangan hackers di luar sana? Saatnya melirik manfaat firewall untuk proteksi cyber security lanjutan.

Serangan Siber pada Usaha Kecil dan Menengah

Freepik.com

 

Menurut riset Adri Praharja dan Jeffry Amabrita mengenai Praktek Manajemen Keamanan Komputer pada Usaha Kecil dan Menengah, kebanyakan pelaku usaha ini memiliki ketidakpedulian tentang keamanan sistem informasi. Contohnya saja kebiasaan menghubungkan komputer dengan LAN yang memiliki akses membagi data dari mobile disk atau internet tanpa firewall atau antivirus. Mereka juga memiliki keamanan minimal, misalnya bersikap reaktif terhadap masalah keamanan sistem informasi yang muncul.

 

Menurut riset yang dihimpun Jurnal Teknologi Informasi, usaha kecil dan menengah setidaknya harus memenuhi aspek minimum pengelolaan informasi melalui penerapan TI. Aspek tersebut adalah kerahasiaan, integrasi, dan autentikasi. Model pengendalian dan resiko pembebasan dari bahaya ancaman keamanan terhadap sumber daya informasi dapat dilakukan secara preventif dan penyembuhan. Pemasangan firewall dapat menjadi salah satunya.

 

Firewall merupakan kombinasi antara peranti keras dan peranti lunak yang beroperasi di antara internet dan jaringan komputer perusahaan yang membuat karyawan memiliki akses ke Internet sembari menjauhkan pemakai yang tak berhak dari upaya memasuki jaringan perusahaan dan program serta yang dikandungnya.

 

Buku 101 Pantangan Saat Berselancar Internet menyebutkan bahwa manfaat firewall diakui sangat membantu melindungi sebuah komputer dan informasi di dalamnya. Pasalnya, firewall mampu mengontrol trafik keluar-masuk berdasarkan kriteria yang kita terapkan. Saat sebuah trafik berbahaya ditemukan, maka firewall dapat memblokirnya.

Manfaat Firewall untuk Usaha Kecil dan Menengah

Freepik

Memberikan Kontrol Akses

Firewall beroperasi pada lapisan jaringan dan mengenali semua aktivitas berdasarkan IP pengguna. Seluruh IP bersifat unik dan tergantung pada Internet Service Provider Anda. Sebagai usaha kecil dan menengah, Anda ingin membuka akses seluas-luasnya pada website publik Anda. Namun, pengaturan back-end Anda harus diatur lebih ketat. Anda bisa menyesuaikannya lewat pengaturan atau konfigurasi melalui firewall.

Mengamankan Database

Setiap website dan aplikasi memiliki sistem database back-end yang akan mempengaruhi tampilan dan interaksi pada front-end. Misalnya, proses yang terjadi pada form untuk berlangganan mailing list pada website usaha kecil dan menengah Anda. Setiap data pendaftaran dari pengguna akan dikirimkan dari browser pengguna ke database website.

Database back-end terdiri atas informasi yang sangat penting dan merupakan aset bagi perusahaan. Manfaat firewall adalah melindunginya. Server web Anda tetap bisa mengkomunikasikan data lama dan baru pada database, namun menjaga pengguna atau pihak luar mengakses informasi tersebut dengan penggunaan firewall.

Firewall modern bahkan tak hanya menyaring lalu lintas jaringan berdasarkan alamat IP. Mereka juga mendeteksi dan memblokir permintaan yang berpotensi menjadi ancaman.

Memverifikasi Koneksi Remote

Kultur bekerja mengalami perubahan sejak dunia diserang wabah COVID-19. Semakin banyak perusahaan yang membolehkan karyawannya bekerja dari rumah. Firewall umumnya akan mengizinkan operasi koneksi dan jaringan internal, namun Anda bisa menemukan solusi dari permasalahan ini dengan solusi VPN (Virtual Private Network). 

 

VPN berfungsi seperti terowongan yang memblokir ancaman hackers dari luar yang ingin mendekode data Anda. Melalui layanan VPN, Anda dan karyawan dapat terhubung dalam sesi enkripsi yang memastikan data hanya bisa diakses oleh perangkat pengguna dan VPN endpoint server saja. 

 

Pastikan firewall Anda memfasilitasi konfigurasi dengan perangkat VPN sehingga keamanan data tetap terjaga meski karyawan bekerja secara remote atau jarak jauh.

Firewall Menjaga Kita Tetap Waspada dan Memberikan Pelayanan Terbaik

Melalui penggunaan firewall, Anda mampu memonitor secara langsung aktivitas dan jalannya jaringan perusahaan Anda. Anda tak perlu standby setiap saat karena salah satu manfaat firewall adalah memberikan datanya secara real-time untuk Anda. Anda hanya perlu memeriksa lebih lanjut saat firewall menunjukkan notifikasi tentang sesuatu yang menarik perhatian, misalnya lonjakan traffic dari IP address tertentu.

Memilih Firewall yang Tepat untuk Usaha Kecil dan Menengah

Freepik

 

Satu hal yang perlu diperhatikan pelaku usaha kecil dan menengah dalam memilih firewall adalah kualitas perangkat tersebut.

 

Menurut buku Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, wirausahawan harus memastikan bahwa firewall tersebut dibuat dengan baik. Jika tidak, upaya cyber security mereka akan sia-sia. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 2.000 situs oleh ICSA.net, suatu perusahaan konsultan keamanan, menemukan bahwa walaupun setiap situs memiliki firewall, lebih dari 80 persennya mudah diserang dengan perangkat lunak yang umum tersedia karena firewall mereka tidak dirancang dengan tepat. 

 

Cisco ASA 5506-X with FirePOWER Service ASA5506-K8 dapat menjadi solusi untuk permasalahan Anda. Firewall satu ini termasuk dalam next-generation firewall (NGFW) yang dirancang untuk upaya cyber security lanjutan, mengatasi tantangan dan serangan malware tingkat lanjut. Manfaat firewall Cisco ini ialah memberikan pertahanan secara terintegrasi, mulai dari sebelum, selama, dan setelah serangan.

 

Setiap skala usaha kini rentan mengalami serangan siber. Untuk itu, banyak bisnis berlomba-lomba menerapkan “pertahanan” dan cyber security ketat yang menggabungkan firewall, gateway VPN, filter web, dan peralatan lainnya dari vendor yang berbeda. Seringkali, peralatan yang kompleks ini justru tak dapat bekerja sama dengan baik, dan pada akhirnya menciptakan titik buta serangan dari pihak eksternal.

 

Cisco ASA 5506-X with FirePOWER Service ASA5506-K8 memangkas waktu dan tenaga Anda karena menyederhanakan seluruh lapisan keamanan tersebut dalam satu perangkat saja. Tak hanya mendapat proteksi keamanan terintegrasi, Anda akan memperoleh visibilitas lebih tinggi mengenai apa yang terjadi pada jaringan Anda. Artinya, manfaat firewall ini adalah memangkas waktu Anda dalam hal deteksi potensi serangan, kerusakan, sekaligus perawatan perangkat.

 

Cisco.com

 

Cisco ASA 5506-X with FirePOWER Service ASA5506-K8 punya visibilitas dan kontrol aplikasi yang mumpuni. Lebih dari 3000 lapisan aplikasi dan kontrol berbasis risiko dapat menjalankan kebijakan deteksi ancaman IPS sesuai pengaturan untuk meningkatkan efektivitas keamanan.

 

Pencegahan ancaman perangkat ini sangat efektif dan sadar konteks mengenai pengguna, infrastruktur, aplikasi, dan konten. Pemfilteran dan reputasi URL dijalankan berbasis kategori. Sistem filter ini akan memberikan peringatan dan kontrol komprehensif atas lalu lintas web yang dicurigai pada lebih dari ratusan juta URL di lebih dari 80 kategori. Anda pun tak perlu khawatir soal malware karena alat ini sudah memfasilitasi deteksi malware tingkat lanjut.

 

Cisco.com

 

ASA 5506-X dirancang dengan 8 antarmuka 1GbE untuk menghubungkan zona jaringan yang berbeda. Dalam hal kinerja, basis 5506-X dengan IPS dan kontrol aplikasi aktivasi Layer 7 menyediakan throughput IPS hingga 125 Mbps. Firewall ini juga mendukung maksimum 5.000 koneksi per detik. Firewall ini adalah pilihan yang cocok dari segi harga dan level proteksi untuk usaha kecil dan menengah.

 

Cisco ASA 5506-X with FirePOWER Service ASA5506-K8 dapat Anda beli di Smartcomputerindo dengan harga yang bersahabat. Ingat, data adalah aset terpenting dalam berjalannya usaha kecil dan menengah Anda. Firewall adalah perangkat terbaik dalam memulai usaha cyber security Anda.

 

Sumber

https://www.smartcomputerindo.com/produk/cisco_asa_5506x_with_firepower_service

https://www.cisco.com/c/en/us/products/collateral/security/asa-firepower-services/at-a-glance-c45-732426.pdf

https://searchnetworking.techtarget.com/feature/Cisco-ASA-firewall-Network-security-product-overview

https://www.secureitstore.com/ASA-5506-X-FirePOWER.asp

https://media.neliti.com/media/publications/243318-implementasi-keamanan-pemanfaatan-teknol-5511b199.pdf

https://www.fpainc.com/blog/why-every-small-to-midsize-business-must-have-a-firewall

https://www.hostpapa.com/blog/security/why-your-small-business-needs-a-firewall/

https://www.cisco.com/c/en/us/support/docs/security/anyconnect-secure-mobility-client/211294-Configure-ASA-with-FirePOWER-Services-Ac.pdf

https://books.google.co.id/books?id=cIjN3xTeFMkC&pg=PA64&dq=manfaat+firewall+untuk+usaha&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjfs9DNrY3sAhUc8XMBHStuBTkQ6AEwAHoECAIQAg#v=onepage&q=firewall&f=false