Masakan Rumahan, Kunci Masakan Sehat selama Pandemi

Posted By smartcomputerindo | 30 November 20 | Merchant Highlight

Menurut Inge Tumiwa, penulis buku Eating Clean: Makan Sehat itu Mudah, kebanyakan manusia modern terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman setiap hari tanpa memiliki kesadaran. Mereka tak menyadari betapa makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sangat mempengaruhi kesehatan tubuh dan mental. Saatnya beralih ke masakan rumahan agar kesehatan dan imunitas tubuh tetap terjaga di masa pandemi!

 

Pola makan manusia berubah seiring transisi dari gaya hidup tradisional ke modern. Fungsi makan yang pada zaman dulu adalah pemenuhan biologis, sekarang bergeser untuk rasa, kenikmatan, kenyang, pemenuhan kebutuhan emosional, pertemanan, bisnis, bahkan identitas sosial.

 

Akibat perubahan fungsi tadi yang diperparah oleh mitos yang salah kaprah, iklan industri yang makin gencar demi keuntungan perusahaan, dan kemalasan belajar, banyak manusia modern yang akhirnya mengonsumsi bahan pangan yang tidak sehat.

 

Berkat kemajuan teknologi, perkembangan industri makanan dan restoran, serta tren makanan yang diciptakan lewat media tradisional maupun media sosial, kebiasaan makan sehat makin terkikis dan digantikan dengan kebiasaan makan modern yang praktis, cepat, dan mengutamakan rasa, porsi, tampilan, serta harga.

 

Danzadolume/Unsplash

 

Saatnya kembali ke masakan sehat yang membuat kita bahagia, salah satunya dengan makan di rumah. Penelitian ilmiah membuktikan bahwa manusia akan merasa lebih bahagia setelah menyantap masakan rumahan. 

 

Dengan membuat masakan rumahan, Anda pun dapat memahami seluruh bahan dan proses yang dijalankan sehingga bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan misalnya kuman pada bahan makanan karena proses mencuci yang tidak bersih atau penggunaan bahan pantangan yang menyebabkan alergi.

 

Anda pun bisa menghemat uang di masa krisis seperti ini dengan membuat rencana masakan rumahan untuk jangka waktu beberapa hari sekaligus. Anda bisa memperkirakan bahan yang dibutuhkan sehingga tidak akan membuang uang secara berlebihan.

 

Buku Masakan Rumahan oleh Endang Indriani membahas tiga teknik yang sering dipakai dalam membuat masakan rumahan, yakni tumis, kuah, dan goreng. 

 

Ingin segera mencoba pola makan sehat? Hidayah Fresh Food bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan tersebut! Tersedia berbagai macam pilihan daging seperti hati sapi, iga shortrib, brisket, bakso, hingga tenderloin dan olahan bebek. 

 

Tak perlu khawatir karena daging yang dijual di toko ini 100% halal dari jenis maupun cara potongnya. Daging beku yang dikirimkan adalah daging lokal yang dipotong dan segera dikirimkan pada pelanggan hingga kesegarannya tetap terjaga.

 

Tokopedia

 

Anda bisa membeli produk UMKM Hidayah Fresh Food lewat laman Smartcomputerindo. Selamat memulai perjalanan masakan rumahan Anda!

 

Sumber

https://books.google.co.id/books?id=IL-PDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=masakan+rumahan&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwi4-aL_2bXsAhURg-YKHT2UA8cQ6AEwBnoECAcQAg#v=onepage&q=masakan%20rumahan&f=false

 

https://thewholeu.uw.edu/2015/03/06/homemade-meals/