Manfaat Jahe untuk Menjaga Kesehatan Selama di Rumah

Posted By smartcomputerindo | 30 November 20 | Merchant Highlight

Berada di rumah saja bukan berarti Anda terlepas dari stress dan penyakit. Untuk itu, Anda tetap perlu menjaga kesehatan. Buku berjudul Jahe yang ditulis Hesti Dwi Setyaningrum, jahe yang diolah menjadi jamu dipercaya menjadi penyembuh penyakit di masyarakat modern (degeneratif, penurunan imunitas, dan penurunan vitalitas). Lihat juga segudang manfaat jahe lain yang perlu Anda ketahui!

Menyembuhkan Penyakit Ringan

Kelly Sikkema/Unsplash

 

Menurut buku Temu-Temuan dan Empon-Empon, jahe mampu mengurangi gangguan rematik dan menyembuhkan syaraf muka yang sakit. 

 

Flu menjadi masalah kesehatan yang cukup sering dihadapi masyarakat. Jahe dapat meringankan gejalanya, lho. Jahe sering dipakai sebagai obat influenza dan batuk.

 

Selain itu, air jahe telah terbukti khasiatnya dalam membuang angin, menghangatkan tubuh, dan melegakan tenggorokan. Jahe juga dipercaya menambah nafsu makan, menyembuhkan sesak dada, serta memperkuat lambung dan memperbaiki pencernaan.  

Mengurangi Bekas Luka

Brian Patrick Tagalog/Unsplash

 

Masih berdasarkan buku Temu-Temuan dan Empon-Empon, manfaat jahe lainnya adalah mengurangi bekas luka fisik. Tak perlu khawatir bila Anda terkena penyakit kulit. Beberapa dari mereka dapat disembuhkan secara cepat dan murah berkat empon-empon jahe.

 

Jahe mampu mengobati eksim hingga mengobati lecet akibat tikaman benda tajam, terjatuh, atau gigitan hewan liar seperti ular.

Meningkatkan Penampilan

Katherine Hanlon/Unsplash

 

Olahan jahe tak hanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan, namun merambah ke industri parfum dan kosmetik melalui produksi minyak atsiri. 

 

Menurut buku Cantik dengan Bahan Alami, manfaat jahe tak terbatas pada pelengkap masakan dan pengobatan saja. Manfaat jahe lainnya adalah untuk skincare alias perawatan penampilan dan kecantikan. merangsang sirkulasi kulit agar tampak berkilau. Jahe pun berguna untuk menghangatkan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Jahe dapat dipakai untuk meningkatkan sirkulasi sehingga dapat mencerahkan kulit kusam.

 

Cara memanfaatkan jahe untuk merawat kulit adalah dengan mengolahnya menjadi masker, pembersih wajah,  atau membuatnya menjadi scrub. Campuran paling manjur untuk memaksimalkan manfaat jahe adalah mengkombinasikannya dengan madu atau air mawar. 

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Antonika Chanel/Unsplash

 

Jangan pernah merasa cukup sehat, Anda perlu menjaga imunitas Anda setiap saat hingga tidak lengah dan kecolongan oleh berbagai penyakit. Manfaat jahe yang paling populer adalah menjaga daya tahan tubuh. 

 

Melalui konsumsi empon-empon satu ini, tubuh Anda akan lebih kebal dalam  menghalau masuk angin. Jahe juga akan menghangatkan tubuh Anda, merangsang keluarnya keringat, dan melancarkan sirkulasi darah.

Menyediakan Cemilan Sehat

Urip Dunker/Unsplash

 

Ketimbang membeli jajanan berpengawet yang bisa berakibat negatif dalam jangka panjang, cobalah berbagai olahan jahe. Rasa produk olahan jahe misalnya ting-ting jahe ini tak kalah nikmat dan pastinya lebih menguntungkan secara kesehatan.

 

Tak heran, jahe memiliki banyak sekali jenis produk yang diminati pasar. Menurut buku Teknologi Pengolahan Pangan: Aneka Awetan Jahe,  selain jahe segar, ada juga awetan jahe, olahan jahe, hingga destilasi (minyak jahe), ekstraksi (minyak oleoresin), bahkan olahan limbah (manisan jahe, bubuk jahe, ting-ting jahe, kopi jahe). 

 

Rimpang jahe pun sering dicampurkan sebagai bahan kosmetik dan simplisia (bahan alamiah obat yang belum mengalami pengolahan apapun kecuali pengeringan).

 

Salah satu produk kesehatan yang bisa Anda coba adalah minuman jahe instan. Bagi Anda yang memiliki sedikit waktu karena harus bekerja dan mengurus rumah, pilihan ini cukup tepat dalam menjaga kesehatan. 

 

Minuman jahe instan pun beragam macamnya. Mulai dari kopi jahe instan hingga minuman bandrek instan. Bandrek Madina adalah salah satu bandrek yang menggunakan bahan alami dan telah mendapat sertifikasi halal.

 

Seperti produk jahe lainnya, manfaat minum bandrek jahe pun dapat mengisi kembali energi Anda setelah terkuras seharian. Apalagi, saat ini memasuki musim hujan sehingga manfaat minum bandrek jahe akan sangat optimal khasiatnya.

 

Zulkifli selaku pemilik Bandrek Madina mengaku telah banyak melakukan kunjungan dan membandingkan produknya sebelum membuat minuman jahe instan miliknya.

 

Bandrek Madina yang diproduksi di bawah UD Nasution itu pun berjasa dalam memberdayakan anak SMA dan SMK dalam produksi dan pemasaran. Para pelajar itu akhirnya bisa bekerja sambilan tanpa mengganggu sekolahnya. Usaha Bandrek Madina pun berhasil membantu kehidupan 11 Rumah Tangga dalam menopang ekonomi keluarga mereka. 

 

Manfaat minum bandrek jahe Madina tampaknya tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, selain diolah secara teliti dan higienis, bandrek satu ini dibuat dari  jahe merah, gula aren/merah, lengkuas, serai, merica, asam, cengkeh, kunyit, madu lebah, kayu manis yang bergizi tinggi.

 

Produk bandrek Madina pun telah diuji beberapa bulan dalam bentuk bubuk.

 

Smartcomputerindo.com menyediakan laman khusus yakni Karya Nusantara untuk membantu pemasaran Bandrek Madina dan ratusan UMKM lainnya. Omnibus Law UMKM yang baru disahkan membantu UMKM bertahan di tengah krisis, melalui pendirian PT yang lebih mudah, serta daya saing usaha yang meningkat lewat pendampingan dan akses permodalan. 

 

Anda dapat turut berpartisipasi dalam usaha peningkatan ekonomi nasional tersebut melalui pembelian Bandrek Madina di laman Smartcomputerindo. Harganya sangat terjangkau dan mampu melayani pengiriman ke seluruh Indonesia!

 

Sumber

https://medanbisnisdaily.com/news/read/2014/12/17/136075/zulkifli-penjual-bandrek-khas-madina-dambakan-modal/

https://cirebon.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-04797975/keuntungan-omnibus-law-cipta-kerja-bagi-umkm-dpr-mereka-lebih-mudah-buat-pt-tanpa-bayar-50-juta

https://books.google.co.id/books?id=UbDTJb9NB7cC&pg=PA27&dq=manfaat+jahe&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjCkaKt7aHsAhUIcCsKHZWEAE8Q6AEwAnoECAEQAg#v=onepage&q=manfaat%20jahe&f=false

https://books.google.co.id/books?id=JcUtHWF8-uIC&pg=PA17&dq=manfaat+jahe&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjCkaKt7aHsAhUIcCsKHZWEAE8Q6AEwA3oECAAQAg#v=onepage&q=manfaat%20jahe&f=false