Bacil Cianjur, Cemilan untuk Pecinta Pedas

Posted By smartcomputerindo | 01 December 20 | Merchant Highlight

Bacil atau baso cilok adalah cemilan asal cianjur yang digemari anak-anak muda kekinian. Sebenarnya apa yang membuat bacil istimewa?

 

 

Bacil atau Bakso Cilok adalah jajanan rakyat khas Jawa Barat. Sebetulnya makanan ini tak murni dibuat dari bakso. Bacil dibuat dari tepung kanji yang disebut aci dalam bahasa sunda. Aci tersebut dibuat adonan dan disajikan bersama bahan pelengkap seperti saus kacang. Bentuknya yang bulat lah yang membuatnya disebut bakso cilok. 

 

Bacil sering diisi dengan telur atau daging cincang. Rasanya yang kenyal sangat nikmat disajikan hangat bersama dengan sambal atau saus kacang.

 

Menurut buku Jurus Jitu Jajan Sehat di Luar Rumah, satu porsi bacil punya energi 265 Kkal, protein sebesar 7,1 gram, dan lemak sebanyak 50,8 gram. Dengan catatan, bacil dibuat dari daging sapi sebesar 25 gram, 5 gram telur, dan 50 gram tepung tapioka.

 

Blog Dimanaja.com

 

Saat ini, bacil pun dijual dengan variasi yang beragam, misalnya bacil kuah. Bacil juga kerap dicampur dengan daging ikan, batagor, maupun cuanki. Bacil kuah menjadi sajian sedap yang dicintai menyukai pedas karena sambalnya yang menyengat sekaligus menghangatkan badan.

 

Penasaran mencoba berbagai variasi bakso cilok sebagai cemilan di tengah musim hujan? Saatnya mencoba Bacil Butut yang menyediakan bacil dalam berbagai ukuran dan rasa. Sebut saja Baso Cilok varian jumbo, varian renyek, varian biasa, varian lava, dan varian seafood.

 

Menikmati semangkuk bacil cianjur dan secangkir teh hangat bisa menjadi cemilan sore yang nikmat dalam cuaca gerimis seperti saat ini. Beli dan masak sendiri bacil khas cianjur Anda di sini.

 

Sumber

 

https://books.google.co.id/books?id=sx1QDwAAQBAJ&pg=PA87&dq=bakso+cilok&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjPv6mt_avtAhXDheYKHb8WBx0Q6AEwA3oECAQQAg#v=onepage&q=bakso%20cilok&f=false