Sederet Kegunaan Struk untuk Bisnis dan Usaha Anda!

Posted By smartcomputerindo | 02 December 20 | Merchant Highlight

Nota atau struk termasuk bukti transaksi yang penting bagi penjual dan pembeli. Bagi pengusaha, ternyata sangat penting untuk menyimpan seluruh struk dalam sebuah arsip sekaligus memperhatikan proses mencetak struk. Apa alasannya?

Definisi Struk 

Andrew Wilus/Pexels

 

Struk atau resi adalah bukti atas pembelian barang yang dilakukan secara tunai. Biasanya, struk terdiri dari 2 rangkap: satu lembar akan diberikan pada pembeli; sementara lembar lainnya disimpan pada pengusaha.

 

Mengapa pengusaha perlu menyimpan struk dari setiap transaksi? Struk sangat penting untuk keperluan pembukuan. Struk adalah bentuk dokumentasi bahwa sejumlah transaksi telah dilaksanakan.

 

Apa saja elemen yang ada dalam struk? Selembar struk biasanya menunjukkan beberapa detail tentang bisnis atau usaha Anda. Contohnya nama, logo, dan nomor telepon toko. Anda juga bisa menyertakan website maupun media sosial untuk mempermudah pelanggan mengenal dan mengakses informasi tentang usaha Anda.

 

Fungsi utama struk adalah memuat rincian daftar jenis barang/layanan beserta jumlah dan total nominal pembelian, termasuk pajak atau diskon. Elemen lain yang tak kalah penting untuk dicantumkan dalam struk adalah tanggal, jam, dan nomor transaksi. 

 

Anda juga dapat melampirkan nama pegawai yang bertanggung jawab melayani transaksi bersangkutan, untuk mempermudah penanganan bila terjadi komplain.

 

Informasi opsional yang bisa ditambahkan dalam selembar struk adalah ucapan terima kasih, slogan, atau akses password Wi-Fi publik bila Anda menyediakannya untuk konsumen.

Manfaat Struk bagi Usaha

Bukti Pembayaran & Acuan Mengelola Laporan Keuangan

Pixabay

 

Seperti yang dijabarkan di atas, fungsi utama struk adalah memantau dan melakukan update terhadap jumlah transaksi yang telah dilakukan. 

 

Dalam sebuah struk terdapat banyak informasi yang berguna bagi pembeli maupun pengusaha. Dari sisi pengusaha, Anda akan memperoleh gambaran mengenai jenis barang atau jasa apa yang dibeli oleh pelanggan. 

 

Nantinya, Anda dapat mengkategorikan barang atau layanan yang menjadi favorit pelanggan dan menyesuaikan stok pada periode berikutnya sesuai data ini. Hal ini tentu akan berpengaruh banyak terhadap laporan keuangan saat Anda memutuskan untuk menambah atau mengurangi stok barang tertentu. Imbasnya, pengeluaran usaha dapat menjadi lebih efisien dan tepat sasaran.

Struk Menjadi Bukti Transaksi

Karolina Grabowski/Pexels

 

Struk dapat menjadi bukti saat suatu tindakan koreksi diperlukan dalam penerimaan atau pembelian barang antara konsumen. Struk dapat menjadi penyelamat untuk menghindari kejadian-kejadian yang tak diinginkan karena secara transparan menunjukkan detail informasi seputar transaksi.

 

Anda pun dapat menggunakan struk dalam kasus-kasus tertentu, misalnya menjadikannya sebagai acuan untuk laporan keuangan. Anda bisa mencocokkan angka-angka di struk dengan data yang tertera di laporan keuangan untuk memastikan tak ada kesalahan dalam mengelola cashflow. Anda pun dapat mendeteksi adanya rekayasa laporan keuangan bila transaksi tersebut tak didampingi oleh struk. 

Struk sebagai Referensi Bagi Partner Bisnis

Karolina Grabowska/Pexels

 

Fungsi struk lainnya adalah menjadi referensi bagi pihak lain berkaitan dengan barang atau jasa yang telah dipakai oleh konsumen. Hal ini tentu sangat penting dalam pengembangan rencana kerja sama bisnis maupun kolaborasi di masa depan.

Struk Berpengaruh terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Kredibilitas Anda

Michael Walter/Pexels

 

Manfaat struk yang satu ini mungkin sering terlewat, namun bila diperhatikan lagi ternyata struk tak hanya berfungsi sebagai bukti transaksi, namun elemen tersirat untuk menunjukkan profesionalitas Anda.

 

Menyediakan struk berarti memenuhi elemen dasar bisnis yakni transparansi. Pelanggan dapat melihat rincian pembelanjaan mereka termasuk diskon dan pajak sehingga cenderung lebih percaya untuk belanja di tempat yang sama di kemudian hari.

 

Beberapa struk menyediakan informasi tambahan seperti slogan, ucapan terima kasih, hingga rangkaian promo atau diskon. Secara tak langsung, struk berfungsi sebagai “alat marketing” yang membangun brand image perusahaan Anda di mata konsumen.

 

Inilah mengapa perusahaan sebaiknya memperhatikan kualitas kertas struk yang diberikan pada pembeli. Pasalnya, kualitas struk juga menunjukkan “kualitas” bisnis dan komitmen mereka dalam melayani pelanggan. Pembeli cenderung kesulitan mengasosiasikan produk dan layanan berkualitas tinggi dari suatu usaha bila kertas struk yang diberikan lemas atau tercetak secara tak jelas. 

 

Blueprint Indonesia memahami kekhawatiran para pengusaha ini dengan menyediakan kertas thermal tahan minyak pertama di Indonesia. Kertas thermal satu ini sangat cocok untuk perusahaan yang ingin mencetak struk berkualitas nan profesional yang meningkatkan image bisnis di mata pelanggan.

 

Blueprint-indonesia.com

 

Kertas thermal ini membuat cetakan printer di atas struk tak luntur meski tersentuh minyak sekalipun. Hasil cetakannya yang tegas dan hitam sangat cocok untuk bisnis kelas menengah ke atas seperti restoran, kafe, maupun mini market. Struk mewah satu ini sangat pas untuk menaikkan persepsi pelanggan tentang nilai produk yang Anda jual.

 

Anda dapat membeli kertas thermal Blueprint di Smartcomputerindo. Tersedia kertas thermal dengan berbagai ukuran dan ketebalan, mulai dari 57 x 30 mm, 57 x 38 mm, 57mm x 47mm, hingga 80 mm x47 mm dan 80 x 88 mm. Hal ini tentu membuat Anda memiliki fleksibilitas untuk menentukan kebutuhan struk sesuai jenis dan skala bisnis Anda.

 

Beli kertas thermal untuk struk Anda di sini!

 

Sumber

http://www.blueprint-indonesia.com/Shopping/Kertas-Thermal.htm

https://www.liputan6.com/tekno/read/3976506/pertama-di-indonesia-kertas-thermal-anti-minyak-blueprint

https://biz.kompas.com/read/2019/05/27/084408328/pertama-di-indonesia-kertas-thermal-anti-minyak-blueprint

https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/manfaat-nota-toko/

https://blog.mokapos.com/struk-belanja#:~:text=Dengan%20memberikan%20struk%20belanja%2C%20Anda,kesalahan%20penghitungan%20atau%20kerusakan%20barang.