Gelang Kopi, Sisi Lain Bisnis Kopi Kekinian

Posted By smartcomputerindo | 02 December 20 | Merchant Highlight

Banyak pecinta kopi yang menyukai aroma minuman tersebut namun tidak kuat dengan rasanya. Ada juga sebagian yang tak mampu mengonsumsinya karena alasan kesehatan. Di samping itu, beberapa penjual kopi keliling terdampak penjualannya karena aturan pembatasan akibat COVID-19. Hal inilah yang membuat pelaku usaha terus memutar otak untuk memaksimalkan olahan kopi, salah satunya melirik sisi lain bisnis kopi kekinian, yakni pembuatan gelang kopi. 

 

Selain bisnis kopi literan, ada usaha rumahan lainnya yang bisa ditilik. Bisnis kopi online ini memanfaatkan keterampilan tangan. Kopi tak sekedar dijual dalam bentuk bubuk, sachet atau minuman siap saji. Nilai tambah kopi dimaksimalkan melalui pembuatan souvenir seperti gelang kopi.

 

Etty Fidele/Unsplash

 

Anda dapat melihatnya di Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara. Desa ini lebih dahulu dikenal karena Kopi Tempur mereka. Kini, mereka menambah produksi pada sektor kerajinan tangan. Berkat perluasan produk ini, Kopi Tempur berhasil menjangkau wilayah luar negeri seperti Hongkong.

 

Banyak warga Hongkong yang tak tertarik dengan olahan kopi biasa, namun memiliki minat tinggi terhadap gelang kopi mereka. Salah seorang warga Desa Tempur menjelaskan pembuatan aksesoris ini. Gelang Kopi Tempur Village dibuat dengan kopi asli yang telah diroasting selama kurang lebih dua hari. Selain gelang kopi, ada juga kalung dan tasbih yang dibuat dari kopi lanang berbentuk bulat.

 

Penjualan gelang kopi Tempur Village bisa dikatakan sebagai bisnis kopi online. Pasalnya, mereka banyak memanfaatkan kehadiran marketplace dan media sosial. Meski begitu, mereka juga menjual gelang ini di toko offline mereka sendiri dan toko oleh-oleh di sekitar Jepara. Warga Tempur pun bekerjasama dengan reseller di berbagai daerah. Mulai dari Jawa Tengah (Jepara, Kudus, Pati, wilayah wisata Karimun Jawa, Jawa Timur hingga Hongkong.

 

Smartcomputerindo.com

 

Produksi gelang kopi mulai dilakukan sejak 2019. Di Hongkong sendiri, peminat tasbih perlahan juga berdatangan. Selain kopi murni dan buah tangan dari kopi, warga Desa Tempur pun memproduksi parfum kopi sebagai olahan lainnya. Souvenir buatan Desa Tempur ini telah meraup penjualan sebanyak 500 pcs selama setengah tahun belakangan.

 

Salah satu kendala yang masih dihadapi warga Desa Tempur dalam penjualan gelang kopi ini adalah proses pengenalan kopi dan souvenir ke luar kota atau daerah lain.

 

Smartcomputerindo berkomitmen untuk membantu Tempur Village dan UMKM lain di Indonesia dalam hal pemasaran. Smartcomputerindo mewujudkan hal ini melalui laman khusus UMKM, Karya Noesantara, di mana Anda dapat membeli produk-produk UMKM dalam rangka berpartisipasi menggerakkan ekonomi nasional.

 

Ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan berbelanja produk UMKM di Smartcomputerindo. Selain membantu mengatasi kendala Desa Tempur dalam mempopulerkan produk mereka, Anda juga berpotensi mendapatkan ongkir gratis ke seluruh nusantara dalam program khusus Smart seperti program 9.9 bulan lalu. Langsung kunjungi laman Tempur Village untuk berbelanja produk mereka!

 

Sumber

https://majalah.ottencoffee.co.id/gelang-kopi-peluang-bisnis-baru/

https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/10/08/159755/berkat-media-sosial-suvenir-kopi-tempur-tembus-hongkong

https://www.ayosemarang.com/read/2020/02/10/51955/kreatif-pemuda-tempur-jepara-sulap-kopi-jadi-suvenir-layak-jual