Asinan, Makanan Musim Panas yang Dibuat dengan Bantuan Bakteri

Posted By smartcomputerindo | 03 December 20 | Merchant Highlight

Hidangan asinan tentu tak asing lagi di telinga kita. Memiliki kuah yang banyak dan encer serta berwarna kemerahan yang berasal dari cabai, asinan memiliki taste yang kaya, campuran antara rasa manis, asin, asam berkumpul menjadi satu ditambah kesegaran alami dari buah dan sayuran. Sudah tahu belum sejarah dan cara pembuatannya yang unik?

Cara Membuat Asinan

Instagram Asinan Mamak May

 

Asinan adalah salah satu kuliner khas Indonesia. Sesuai namanya, asinan adalah makanan yang dibuat dengan melakukan pengasinan dengan garam maupun pengasaman dengan cuka. Istilah asin mengacu pada proses fermentasi dengan merendam sayur atau buah ke dalam larutan campuran garam dan air.

 

Asinan sangat mirip dengan rujak. Perbedaan utamanya terletak pada penyajian. Jika rujak disajikan segar, bahan asinan dihidangkan dalam keadaan telah diasinkan. Asinan biasa dinikmati saat udara di luar sedang panas. 

 

Buku Makanan Indonesia Tradisional menjelaskan pengolahan asinan secara rinci. Pada dasarnya, pengolahan asinan acar tradisional meliputi proses dua tahapan yaitu pengasinan dan fermentasi untuk menghasilkan stok garam. Selanjutnya, stok garam tersebut yang akan dimanfaatkan hingga diperoleh produk asinan.

 

Pertama, buah yang sudah disiapkan akan direndam dalam larutan garam dengan kadar 3-10% dalam kondisi anaerobik alias kedap udara. Seperti fermentasi pada umumnya, tahapan awal fermentasi asinan dibantu oleh bakteri yakni lactobacillus mesenteroides dan lactobacillus confusus, kemudian diakhiri dengan dominasi bateri lactobacillus plantarum dan pedicoccus pentaceous

 

Mikroorganisme tersebut lah yang mengubah zat gula dalam sayuran menjadi asam laktat. Asam laktat ini adalah zat yang bertugas membuat asinan jadi tahan lama dengan cara menghambat pertumbuhan mikroorganisme lainnya. Rasa khas pada sayuran dan buah yang difermentasi juga diperoleh dari zat ini.

 

Asinan Bogor vs Asinan Betawi

Terdapat banyak jenis asinan khas Indonesia tapi yang paling terkenal adalah asinan bogor dan asinan betawi. Asinan bogor berisi jenis buah tropis seperti mangga muda, jambu air, pepaya, kedondong, bengkoang, pala, dan nanas yang diasinkan dan disajikan dalam kuah cuka dengan rasa asam, manis, dan pedas. Asinan bogor biasanya diberi taburan kacang goreng.

 

Sementara, asinan Betawi adalah asinan sayuran segar seperti irisan kol, daun selada, mentimun, tauge, dan irisan tahu putih yang disahikan dengan kuah cuka pedas, encer, dan bening. Beberapa pedagang asinan Betawi menambahkan bumbu kacang yang dicampur gula kelapa dan cabai sebagai kuah. Dalam penyajiannya, asinan betawi akan dilengkapi dengan kerupuk mie dan kerupuk pemanis warna-warni.

 

Tak bisa menahan lapar untuk menjajal sepiring asinan? Anda tak perlu berkunjung ke Bogor atau Jakarta untuk bisa mendapatkannya.

 

Instagram Asinan Mamak May

 

Asinan Mamakmay seperti asinan mangga dan asinan salak bisa dipesan secara online lewat laman Smartcomputerindo sambil berbaring sekalipun. Klik di sini sekarang untuk memperolehnya, asinan Anda siap diantarkan ke seluruh wilayah nusantara!

 

Sumber

https://books.google.co.id/books?id=8w6S3K9Z1x4C&pg=PA3&dq=asinan&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiIvLy77bDtAhUQVH0KHYvOD5wQ6AEwAHoECAMQAg#v=onepage&q=asinan&f=false

https://books.google.co.id/books?id=YrWiDwAAQBAJ&pg=PA254&dq=asinan+buah&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjdm8CO7rDtAhUSU30KHR63AxkQ6AEwBHoECAMQAg#v=snippet&q=asinan&f=false