Belajar Simulasi Jaringan Lewat Cisco Packet Tracer

Posted By smartcomputerindo | 07 December 20 | Business Insight

 

Webiptek.com

 

Cisco Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan dalam media pembelajaran dan pelatihan, termasuk dalam sektor penelitian simulasi jaringan komputer.

 

Program buatan Cisco Systems ini sifatnya gratis bagi fakultas, siswa, maupun alumni yang telah terdaftar dalam Cisco Networking Academy. Tujuan pembuatan packet tracer ini adalah mengedukasi siswa maupun pengajar dalam memahami prinsip jaringan komputer. Harapannya, siswa dan pengajar juga memiliki skill dalam mengoperasikan alat-alat jaringan Cisco nantinya.

 

Bila diumpamakan sebagai blueprint, Cisco Packet Tracer diibaratkan sebagai blue print bangunan secara virtual yang akan diimplementasikan. 

 

Cisco Packet Tracer memungkinkan pengguna mensimulasikan router dan switch Cisco menggunakan simulasi interface. Pengguna bisa melakukan drag and drop secara bebas untuk menambah maupun menghapus simulasi sesuai preferensi mereka.

 

Cisco Packet Tracer tersedia dalam berbagai bentuk. Ada perangkat lunak bersertifikat yang dapat digunakan pengguna untuk mempelajari simulasi jaringan secara mandiri. Pengguna yang terdaftar dalam CCNA Academy Program dapat mendownload Cisco Packet Tracer secara gratis untuk keperluan pendidikan.

 

Tak hanya itu, Packet Tracer pun juga digunakan sebagai wadah kolaborasi. Packet Tracer 5.9 mendukung multi-user system yang memungkinkan beberapa pengguna menghubungkan beberapa topologi secara bersama-sama lewat jaringan komputer. Cisco Packet Tracer juga memfasilitasi instruktur untuk membuat list kegiatan yang harus diselesaikan oleh siswa. 

 

Packet Tracer memungkinkan siswa untuk mempelajari desain jaringan yang kompleks dan besar. Packet Tracer dapat berguna untuk pemahaman abstrak konsep jaringan, seperti Enhanced Interior Gateway Routing Protocol dengan menghidupkan unsur-unsur ini dalam bentuk visual. Packet Tracer ini juga berguna di bidang pendidikan dengan menyediakan komponen tambahan, termasuk sistem authoring, protokol jaringan simulasi dan sistem penilaian.

 

Pinterest

 

Siswa dapat membuat, mengonfigurasi, dan memecahkan masalah jaringan menggunakan peralatan virtual dan koneksi simulasi secara mandiri atau bersama siswa lain melalui adanya Cisco Packet Tracer. 

Simulasi jaringan sejatinya bisa dilakukan melalui aplikasi lainnya, namun Cisco Packet Tracer dinilai paling mudah digunakan dan dapat diinstall melalui PC/laptop dengan spesifikasi yang minim.

Software Packet Tracer tersedia untuk Windows, Linux dan juga MacOS. Anda bisa mendownload Cisco Packet Tracer versi 7.2.1 melalui situs resmi Cisco di link berikut.

 

Pastikan Anda sudah terdaftar sebagai bagian dari NETAcad, kalau belum maka mendaftarlah terlebih dahulu.

 

Sumber

https://www.webiptek.com/2019/08/belajar-cisco-packet-tracer-7-2-1.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Cisco_Packet_Tracer

https://www.netacad.com/courses/packet-tracer

https://www.monitorteknologi.com/apa-itu-cisco-packet-tracer/

http://journals.usm.ac.id/index.php/transformatika/article/view/59

https://www.cisco.com/c/dam/en_us/training-events/netacad/course_catalog/docs/Cisco_PacketTracer_DS.pdf?dtid=osscdc000283