Alternatif Pekerjaan Lulusan SMA Menarik yang Bisa Dicoba

Posted By smartcomputerindo | 01 March 21 | Business Insight

Lulusan SMA tak perlu menjadi alasan untuk minder dalam melamar pekerjaan. Seperti kata petinggi raksasa teknologi digital, lulusan SMA punya potensi skill yang tak kalah dari lulusan sarjana. Yuk intip deretan pekerjaan lulusan SMA yang bisa dijadikan alternatif!

Bidang Manufaktur: Operator Produksi atau Teknisi

Senivpetro/Freepik

 

Anda suka terlibat dengan mesin dan proses yang rutin? Masuklah ke industri manufaktur. Industri ini cukup potensial di Indonesia dan seringkali menyediakan pekerjaan lulusan SMA.

 

Peluang yang tersedia umumnya adalah operator produksi, operator alat-alat berat, atau teknisi. Beberapa perusahaan swasta terkemuka dan Badan Usaha Milik Negara bahkan masih membuka posisi ini, cek laman Kompas.com untuk informasi lebih lanjut.

Bidang Korporasi: Customer Service, Resepsionis, Tenaga Input Data, Technical Support

Freepik

 

Customer service dan resepsionis bisa menjadi salah satu pekerjaan lulusan SMA yang menarik. Nantinya, Anda akan memperoleh skill dalam menghadapi berbagai karakter pelanggan karena Anda akan berinteraksi langsung dalam menangani keluhan mereka. Banyak korporasi membutuhkan sumber daya manusia pada posisi ini. Sebelum melamar, Anda butuh kemampuan dasar untuk mempelajari dan mengingat pengetahuan soal produk atau layanan dari korporasi Anda.

 

Mirip-mirip dengan customer service dan resepsionis, Anda juga bisa bekerja sebagai technical support. Tujuan pekerjaan ini adalah memberi pemahaman pada produk atau jasa yang ditawarkan oleh korporasi tempat Anda bekerja. Anda akan menjawab pertanyaan pelanggan sesuai guideline yang telah ditetapkan perusahaan.

 

Bila Anda seseorang yang cermat dan teliti, Anda juga bisa menjajal pekerjaan lulusan SMA sebagai tenaga input data. Anda membutuhkan kecermatan dalam mengelola data bervolume tinggi dalam sistem yang telah disediakan. 

Pekerja Lapangan: Anak Buah Kapal

Andi Li/Unsplash

 

Anda yang punya kekuatan fisik maupun mental dan suka bepergian atau berpindah tempat, bisa mencoba pekerjaan sebagai Anak Buah Kapal. Bekerja sebagai ABK akan membentuk karakter kuat karena Anda terbiasa menangani berbagai permasalahan yang dihadapi selama berlayar. Pada saat yang sama, ada beberapa skill di bidang tertentu yang tetap perlu dipelajari sebagai modal menjadi ABK.

 

Bidang Edukasi: Pengajar Bimbel

Jerry Wang/Unsplash

 

Anda suka berinteraksi dan menjelaskan pengetahuan Anda terhadap seseorang? Coba lamar pekerjaan lulusan SMA sebagai pengajar bimbel. Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki kemampuan akademik yang cukup baik, setidaknya ada satu mata pelajaran dengan nilai di atas rata-rata.

 

Pekerja Berseragam: Pramugara, Asisten Pilot, atau Polisi

Abby Rahim/Unsplash

 

Pekerjaan lulusan SMA yang cukup bergengsi jatuh kepada pramugara, asisten pilot, atau polisi. Profesi pramugara dan asisten pilot memberi keuntungan untuk jalan-jalan gratis dan banyak menerima lulusan SMA atau SMK. Akademi Kepolisian pun bisa menjadi salah satu peluang pekerjaan lulusan SMA yang cukup menarik.

 

Ingin mencari penghasilan tambahan dengan modal kuota saja? Anda juga bisa membaca tips dan trik pekerjaan online. Anda pun bisa melirik sederet pekerjaan paling menjanjikan di masa depan

 

Sumber

https://www.cermati.com/artikel/11-pekerjaan-menarik-buat-anda-para-lulusan-sma

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4214611/meski-lulusan-sma-5-pekerjaan-ini-bisa-bikin-sukses

https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/09/140000065/berikut-6-lowongan-kerja-yang-dibuka-untuk-lulusan-sma-smk?page=all