5 Peluang Bisnis saat Corona

Posted By smartcomputerindo | 11 December 20 | Productivity

Virus COVID-19 membuat beberapa sektor ekonomi menurun. Sebagai pengusaha, Anda perlu mengupayakan usaha Anda tetap berjalan. Anda bahkan boleh mempertimbangkan untuk berganti strategi atau produk. Jika Anda tertarik pada opsi kedua, ini 5 peluang bisnis saat corona yang bisa Anda coba!

Bisnis Makanan dan Minuman

Miguel Andrade/Unsplash

 

Sebagai kebutuhan primer, makanan dan minuman akan selalu menjadi prioritas manusia. Menurut survei Markplus Inc yang dilansir Kontan, masyarakat yang sebelumnya rutin berbelanja kebutuhan pokok setiap satu minggu sekali, kini memilih belanja di toko ritel. Peningkatan transaksi ritel online telah meningkat sebanyak 6 kali lipat sejak pandemi. 

 

Untuk itulah, usaha makanan dan minuman dalam bentuk bahan mentah maupun siap saji dapat menjadi peluang bisnis saat corona yang menarik. Mengingat masyarakat kini memiliki ketakutan berbelanja di tempat yang ramai dan keberadaan aturan PSBB. Dalam produk masakan, Anda juga dapat bekerja sama dengan layanan pengantaran online. Hal ini untuk mengantisipasi kekhawatiran konsumen terhadap higienitas sekaligus memperluas akses produk Anda.

 

Bisnis makanan beku juga bisa menjadi alternatif. Makin banyak orang yang membutuhkan solusi makan yang bersifat instan dan praktis. Makanan beku menjadi kesukaan banyak orang saat harus di rumah aja karena sifatnya yang tahan lama dan mudah disajikan. Makanan jenis ini dapat disimpan sebagai stok hingga beberapa pekan, sehingga menekan kekhawatiran kehabisan makanan. 

Logistik

Norma Mortenson/Pexels

 

Berbagai sektor usaha mengeluhkan proses distribusi yang terhambat akibat pembatasan kontak karena COVID-19. Anda bisa memanfaatkan peluang ini sebagai agen logistik untuk melakukan pengantaran. Modal yang dibutuhkan cukup kendaraan berupa motor atau pick up. 

Meski begitu, Anda harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada untuk menjaga keselamatan konsumen dan diri Anda sendiri.

Masker dan Hand Sanitizer

Anna Shvets/Pexels

 

Dua barang ini tentu menjadi elemen penting bagi masyarakat, terutama di tengah uji coba new normal. Beberapa perkantoran mengharuskan karyawan kembali ke kantor, sehingga mereka membutuhkan peralatan yang membuat mereka tetap merasa aman selama perjalanan.

 

Masker dan hand sanitizer adalah salah satu produk yang dapat dipasarkan pada kalangan tersebut. Pembuatan hand sanitizer telah dibolehkan bagi usaha per orangan. Meski begitu, Anda tetap perlu mengikuti standar etanol 96% yang diterapkan WHO. Pilih aroma yang segar seperti buah-buahan supaya produk Anda makin disukai. Pemasaran dapat dilakukan lewat teman maupun media sosial.

 

Dropshipper

Karolina Grabowska/Pexels

 

Tak ingin mengeluarkan modal? Tak memiliki ide-ide khusus untuk menciptakan sebuah produk? Dropshipper merupakan peluang bisnis saat corona yang cukup tepat. Anda akan menjual barang dari tangan produsen sebagai tangan kedua. 

 

Menjadi dropshipper berarti mendapatkan keuntungan sambil membantu bisnis orang lain. Saat ini ada beberapa marketplace yang telah memiliki fitur khusus Dropshipper. Contohnya saja Tokopedia.

 

Menekuni Profesi Online Creative

Startup Stock Photos/Pexels

 

Anda punya kemampuan lebih dalam mendesain? Manfaatkan hal ini lewat jasa design poster atau video sebagai peluang bisnis saat corona. Profesi ini makin penting mengingat banyak bisnis yang beralih ke digital seiring dengan tingginya penetrasi internet. Akibatnya, usaha ini butuh materi-materi promosi baru yang mendukung pemasaran online mereka. 

 

Anda bisa menyediakan jasa ini sebagai freelancer yang dibayar per project atau menjadikannya sebagai profesi full-time. Apalagi, saat ini kebutuhan desain tak hanya dibutuhkan klien individual, tetapi juga cukup dibutuhkan oleh pemerintah untuk membuat himbauan seputar virus COVID-19 atau tips kesehatan. Peluang bisnis saat yang ada makin terbuka.

 

Itulah sederet peluang bisnis saat corona yang bisa Anda coba! Mulailah bergerak sekarang karena yang mampu bertahan adalah mereka yang beradaptasi!

 

Sumber

http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/download/15448/7222

https://books.google.co.id/books?id=pF7rDwAAQBAJ&pg=PT69&dq=peluang+bisnis+covid&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwja3qymhuDqAhUw8HMBHUeBDyUQ6AEwAXoECAEQAg#v=onepage&q=peluang%20bisnis%20covid&f=false

https://industri.kontan.co.id/news/survei-markplus-selama-pandemi-corona-belanja-ritel-online-naik-6-kali-lipat